Jamu Temulawak (Dok. tukangreview)

Wajib Tahu! Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Lambung

Olivia | Kesehatan | 06-05-2022

PARBOABOA – Lambung merupakan organ dalam tubuh yang sangat penting. Organ otot yang satu ini berada di sisi kiri perut bagian atas. Setiap makanan dan minuman yang dikonsumsi akan masuk ke lambung melalui katup kerongkongan bawah.

Lambung memiliki beberapa fungsi seperti berikut ini.

1. Mengolah Makanan

Fungsi utama lambung yaitu mengolah makanan yang masuk kedalamnya dengan bantuan asam dan enzim. Lambung akan bekerja memecah makanan menjadi partikel-partikel kecil. Kemudian mencampurnya dengan asam dan enzim.

2. Menyerap Zat Baik, Memilah dan Membuang Zat Berbahaya

Asam Hidroklorik yang dihasilkan lambung dapat menyingkirkan zat berbahaya yang tidak sengaja masuk kedalam tubuh. Cairan asam tersebut akan memecah, memilah, dan menyingkirkan mikroba berbahaya pada makanan.

Selain itu, lambung juga menghasilkan zat lainnya yang dapat mempermudah tubuh menyerap zat-zat baik, seperti vitamin B12.

3. Menyimpan Makanan

Makanan yang masuk kedalam lambung tidak langsung diolah semua. Organ tubuh yang satu ini akan perlahan-lahan memecahkan sebagian makanan dan sisanya akan disimpan. Oleh karena itu, kita bisa merasa kenyang lebih lama.

Sangat penting bagi kita untuk menjaga kesehatan organ tubuh ini dari masalah pencernaan, seperti sakit perut dan sembelit, bahkan penyakit lambung kronis lainnya. cara menjaga lambung sebenarnya tidak begitu sulit.

Kita hanya harus memperhatikan pola makan dan makanan atau minuman yang dikonsumsi. Kamu juga dapat meminum jamu yang baik untuk kesehatan lambung, salah satunya yaitu jamu temulawak.

Temulawak

Temulawak adalah jenis tanaman akar dan rimpang (batang bawah tanah) yang banyak ditemukan di hutan Indonesia dan semenanjung Malaysia. Secara turun temurun, tanaman ini sering digunakan sebagai bahan obat tradisional.

Tanaman dengan nama ilmiah Curcuma xanthorrhiza Roxb ini sering juga disebut sebagai kunyit jawa dan masih berkerabat dengan kunyit dan jahe.

Zat antioksidan alami pada temulawak dianggap baik, sehingga diyakini mampu mengatasi masalah yang ada pada lambung, mencegah kanker, anti-inflamasi dan lainnya.

Kali ini kita akan membahas apa saja manfaat temulawak untuk lambung, jadi silahkan disimak baik-baik.

Manfaat Temulawak untuk Kesehatan Lambung

Berikut beberapa manfaat temulawak untuk kesehatan lambung yang wajib kamu ketahui agar terhindar dari penyakit-penyakit yang muncul karena masalah lambung.

1. Mengatasi Gangguan Pencernaan

Karena lambung termasuk organ saluran pencernaan, maka harus dijaga. Salah satu penyakit yang sering muncul di lambung yaitu gangguan pencernaan. Sistem pencernaan yang bermasalah akan mengganggu aktivitas.

Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba mengonsumsi bahan alami seperti temulawak. Jamu temulawak dapat dikonsumsi jika dirasa memberikan efek baik ke tubuh untuk mengatasi gangguan pencernaan.

2. Mengatasi Maag

Masalah yang ada pada lambung tidak hanya gangguan pencernaan, maag juga termasuk masalah lambung yang tidak bisa dibiarkan begitu saja. Faktor seseorang menderita penyakit maag yakni dari jenis makanan yang di konsumsi.

Peradangan lambung yang diakibatkan penyakit maag dapat menimbulkan gejala mual, nyeri perut, nafsu makan berkurang, perut kembung dan lainnya. Kamu bisa mencoba memanfaatkan temulawak sebagai obat maag.

3. Mengatasi Peradangan Lambung

Manfaat temulawak berikutnya adalah mengatasi peradangan pada lambung karena mengandung antioksidan yang dapat melindungi mukosa lambung. Biasanya peradangan yang terjadi di organ tubuh yang satu ini disebabkan oleh lapisan lambung atau mukosa yang bengkak atau meradang.

4. Mengatasi Perut Kembung

Perut kembung bisa dialami siapapun, baik anak-anak maupun orang dewasa. Penyebab perut yang kembung adalah karena adanya gas berlebih pada lambung sehingga dapat mengganggu aktivitas.

Dengan mengonsumsi jamu temulawak atau olahan lainnya, dapat mengatasi perut kembung.

5. Meningkatkan Nafsu Makan

Manfaat temulawak untuk lambung selanjutnya ialah meningkatkan nafsu makan. Biasa jamu temulawak diberikan kepada anak-anak karena memiliki nafsu makan buruk. Sehingga anak tidak mengalami kekurangan gizi dalam masa tumbuh kembangnya.

Dalam meningkatkan nafsu makan, temulawak bekerja mempercepat proses pengosongan perut atau pencernaan secara alami. Sehingga nafsu makan meningkat karena perut terasa lapar.

Resep Jamu Temulawak

Bahan:
•    100gr temulawak, iris tipis
•    5 batang sereh, iris tipis
•    100 gr jahe, iris tipis
•    4 lembar daun pandan, cuci bersih dan sobek-sobek
•    200 gr gula aren
•    Jeruk nipis (sesuai selera)
•    1500 ml air bersih
•    1 sdt garam

Cara membuat:
•    Masak air hingga mendidih, kemudian masukkan irisan temulawak, jahe, sereh, dan daun pandan.
•    Selanjutnya tambahkan gula aren dan garam sesuai selera.
•    Koreksi rasa. Jika sudah pas, matikan api kompor.
•    Tuang dan saring air rebusan tadi ke dalam gelas. Jika suka dapat ditambahkan perasan jeruk nipis. Jamu temulawak siap untuk diminum.

Silahkan langsung dipraktikkan resep jamu tersebut, agar lambung terhindar dari segala jenis penyakit dan tubuh tetap sehat.

Itulah sekilas informasi seputar manfaat temulawak untuk kesehatan lambung. Semoga dapat menambah wawasan kamu. Kamu juga bisa menemukan informasi lainnya tentang kesehatan di Parboaboa.

Tag : #Temulawak    #jamu    #kesehatan    #lambung    #maag    #jamu temulawak    #resep   

Baca Juga