Manfaat Toner (foto: istockphoto)

Ingin Kulit Wajah Sehat? Kenali Jenis Toner Serta Manfaat Yang Dihasilkan

Regina | Kesehatan | 13-09-2022

PARBOABOA - Pastinya setiap orang ingin memiliki kulit yang bersih dan terawat. Pasalnya, kulit sehat akan memberikan kesan yang ringan pada wajah, dan pastinya terhindar dari berbagai jenis masalah yang sering muncul.

Banyak jenis gangguan yang timbul pada wajah, penyebabnya pun cukup beragam. Lalu, apa yang dapat membantu seseorang dapat merawat wajah untuk terlihat sehat? Skincare solusinya.

Varian produk skincare cukup beraneka ragam dan ada baiknya kamu harus teliti terlebih dahulu saat ingin menggunakannya. Salah satu produk yang sering sekali di-skip adalah toner. Banyak yang melakukan hal tersebut karena toner bukanlah basic skincare.

Padahal, pemakaian dari produk yang satu ini dapat memberikan efek yang positif pada wajah. Jenis toner juga beragam, serta memiliki manfaat yang berbeda-beda. Selain harus mengenali jenis toner, ada baiknya kamu juga mengetahui tipe kulit beserta masalah yang sering muncul.

Penasaran dengan apa manfaat toner beserta jenis yang sesuai dengan tipe kulit? Simak penjelasan yang sudah parboaboa rangkum dari berbagai sumber di bawah ini yuk.

Exfoliating Toner

Sering dikenal dengan toner eksfoliasi, produk yang satu ini cocok diaplikasikan pada kulit normal to oily. Yang artinya, kamu yang memiliki tipe kulit normal dan berminyak sangat direkomendasikan untuk menggunakan jenis toner yang satu ini.

Manfaat toner eksfoliasi berguna untuk mengangkat sel-sel kulit mati. Jika tidak dibersihkan, maka akan menyebabkan banyak permasalahan baru pada kulit wajah, seperti kulit kering, kusam, berjerawat, pori-pori kotor dan lainnya.

Maka dari itu, penggunaan toner eksfoliasi membantu untuk membersihkan dan membuat tampilan kulit lebih sehat dan terhindar dari berbagai masalah. Namun, tetap ada efek samping yang didapat dari toner eksfoliasi.

Walau cocok digunakan untuk kulit berminyak dan normal, jenis toner ini mampu membuat kulit lebih sensitif apalagi dengan kandungan AHA di dalamnya. Gejala yang dialami seperti kulit bengkak dan terasa gatal saat terkena sinar matahari. Dalam pengaplikasiannya, ada baiknya menggunakan exfoliating toner sebanyak 2 kali dalam seminggu.

Hydrating Toner

Toner yang satu ini yang paling sering digunakan oleh banyak orang. Berbeda dengan exfoliating toner, jenis yang satu ini biasanya digunakan setiap hari. Adapun manfaat toner yang satu ini yaitu untuk menjaga kelembapan kulit, sehingga akan terhindar dari kulit yang kering.

Pasalnya, jikalau kulit menjadi kering akan menimbulkan kerutan yang membuat wajah mengalami penuaan dini. Maka dari itu, toner yang satu ini sangat cocok digunakan untuk kulit kering. Khasiat yang dihasilkan akan membantu para pemilik kulit kering saat kurang kelembapan.

Tidak hanya bagi para pemilik kulit kering, produk jenis ini juga bisa digunakan sebagai toner untuk kulit berminyak. Meski kulit sudah merasa lembab, bukan menjadi alasan untuk tidak menggunakan toner ini ya.

Hal itu dikarenakan kulit berminyak akan menjadi kering setelah wajah dibersihkan, maka hydrating toner bermanfaat untuk mengembalikan pH kulit. Kandungan aktif yang ada di dalamnya berupa hyaluronic acid, niacinamide, dan gliserin.

Adapun cara menggunakan toner ini adalah sebagai berikut:

  • Pastikan sudah membersihkan wajah dan tangan terlebih dahulu
  • Tuang cairan toner ke kepas, kemudian aplikasikan ke wajah
  • Tepuk wajah yang sudah olesi toner dengan kapas
  • Gunakan pelembab

Acid Free Toner

Jikalau 2 jenis toner di atas berguna untuk kulit kering, normal hingga berminyak, maka tipe produk yang satu ini berguna untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Permasalahan yang sering dialami oleh pemilik kulit ini adalah rentannya iritasi pada wajah.

Maka dari itu, dalam memilih toner ada baiknya untuk menghindari kandungan aktif seperti acid, alkohol, dan pewangi. Bukannya membuat kulit tampak sehat dan terawat, malah hanya akan membuat kesensitifan kulit semakin parah.

Pilih toner yang bebas kandungan acid di dalamnya, dengan berbahan dasar naturan dan air yang ringan dan aman untuk wajah.

Nah, itu dia beberapa toner yang sesuai diaplikasikan ke beberapa jenis kulit wajah, beserta manfaat yang didapat. Sebelum memilih dan menggunakan toner ada baiknya untuk memastikan jenis dan permasalahan pada wajah, semoga artikel ini membantu.

Tag : #toner    #kecantikan    #kesehatan    #kulit    #wajah   

Baca Juga