Absen dari MotoGP Algarve 2021, Marc Marquez Alami Kelumpuhan Saraf

Absen dari MotoGP Algarve 2021, Marc Marquez Alami Kelumpuhan Saraf

Sondang | Olahraga | 09-11-2021

PARBOABOA, Siantar - Pebalap Repsol Honda Marc Marquez harus absen dari MotoGP Valencia 2021 akibat mengalami kelumpuhan saraf mata kanan. Kebenaran tersebut diungkap oleh ophthalmologist dr. Sanchez Dalmau yang memeriksa Marquez.

Sebelumnya, Marc Marquez mengalami gegar otak usai terjatuh saat berlatih motocross pada Sabtu, 30 Oktober 2021. Akibatnya, The Baby Alien terpaksa absen dari MotoGP Algarve yang berlangsung akhir pekan lalu.

Dalam 24 jam terakhir, muncul rumor bahwa Marquez mengalami cedera yang lebih buruk dari gegar otak ringan. Bahkan ada rumor yang menyebut Marquez bisa pensiun dari MotoGP karena cedera yang buruk.

Lewat satu pekan, Marquez ternyata belum membaik. Dalmau yang memeriksa Marquez di Hospital Clinic de Barcelona, menyatakan pembalap Repsol Honda itu mengalami masalah penglihatan mata karena penyakit diplopia. Dalmau juga mengatakan saraf keempat mata kanan Marquez mengalami kelumpuhan.

"Pemeriksaan yang dilakukan terhadap Marc Marquez hari ini setelah kecelakaan yang terjadi, telah mengkonfirmasi bahwa sang pembalap mengalami diplopia dan mengalami kelumpuhan saraf kanan keempat dengan keterlibatan otot oblique superior kanan," ucap Dalmau pada Senin (8/11).

"Perawatan konservatif dengan pembaruan berkala telah dipilih untuk mengikuti evolusi klinis. Saraf kanan keempat ini adalah saraf yang sudah terluka pada 2011," sambung Dalmau.

Repsol Honda pun mengonfirmasi bahwa Marc Marquez tidak akan mengikuti rangkaian MotoGP Valencia 2021 di Sirkuit Ricardo Tormo pada 12-14 November mendatang.

Tidak hanya absen di MotoGP Valencia 2021, Marquez juga dipastikan harus absen pada tes usai MotoGP 2021 di Sirkuit Jerez, 18-19 November mendatang.

Akibat kejadian ini, maka musim Marc Marquez berakhir lebih awal. Saat ini ia menempati posisi keenam klasemen sementara MotoGP 2021 dengan poin 142. Posisinya bisa semakin menurun, karena punya angka yang sama dengan Brad Binder.

Kondisi itu membuat Marc Marquez juga diragukan bisa tampil pada uji coba pramusim selanjutnya, di Sirkuit Jerez. Akan tetapi, ia diperkirakan dapat tampil di uji coba pramusim di Sirkuit Mandalika.

Sebelumnya, Marc Marquez mengaku memilih pensiun dari ajang MotoGP jika tak lagi tampil kompetitif. Tampil kompetitif yang dimaksud di sini adalah bersaing di jalur juara.

“Ketika saya tidak merasa lagi mampu memenangkan balapan, bagi saya lebih baik di rumah saja. Karena saya di sini bertarung untuk mereka semua,” kata Marc Marquez, mengutip dari The Race medio Juni 2021.

Tag : #marc marquez    #motogp 2021    #motogp valencia 2021    #marc marquez pensiun   

Baca Juga