Gejala cacingan (dok klikdokter)

Mengetahui Penyebab Cacingan Pada Anak dan Cara Pencegahannya

Rini | Kesehatan | 24-02-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Cacingan adalah penyakit yang timbul akibat berkembang biaknya parasit cacing di dalam usus manusia, cacing-cacing ini akan bertahan bertahan hidup dengan menyerap nutrisi di dalam usus . Cacingan memang lebih umum terjadi pada anak-anak, namun penyakit ini dapat juga dialami orang dewasa.

Kali ini akan kita bahas secara lengkap mengenai gejala, penyebab, hingga cara mencegah cacingan khususnya untuk anak-anak.

Penyebab Cacingan

Cacingan ini mucul akibat berkembang biaknya cacing di dalam usus. Mungkin ada yang bertanya-tanya mengenai bagaimana cara masuknya cacing kedalam perut manusia, karena cacing dewasa tidak akan bisa tiba-tiba masuk ke dalam tubuh.

Jadi infeksi cacingan pada anak-anak biasanya terjadi ketika anak bermain di tanah, apabila anak tersebut dengan tidak sengaja menyentuh permukaan tanah yang terdapat telur cacing, maka telur akan menempel di tangan. Kemudian jika anak tersebut memasukkan tangannya ke dalam mulut, maka telur cacing akan tertelan dan masuk ke dalam usus, kemudian telur cacing tersebut akan menetas dan berkembang biak di dalam tubuh.

Kemudian telur cacing juga bisa masuk ke dalam tubuh melalui sayuran dan dari makanan kurang matang yang mengandung telur cacing.

Ada beberapa jenis cacing yang dapat menginfeksi tubuh yaitu: cacing kremi, cacing tambang, cacing pipih, cacing gelang, bahkan cacing pita.

Gejala Cacingan

Saat baru menginfeksi tubuh, cacingan ini biasanya tidak menunjukkan gejala. Gejala baru akan  muncul setelah cacing semakin berkembang.

Dilansir dari laman klikdokter, ada beberapa gejala yang muncul akibat cacingan yaitu:

1. Gatal pada bagian anus, terutama pada malam hari

2. Gelisah atau tidak nyaman saat tidur karena sering menggaruk di sekitar anus

3. Merasa lelah dan kurang tenaga

4. Kemerahan atau iritasi kulit di sekitar anus

5. Sering merasa sakit perut atau diare

6. Kurang nafsu makan, sehingga bisa menyebabkan penurunan berat badan

Cara mencegah cacingan

Berikut ini adalah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mencegah cacingan:

- Menjaga kebersihan serta membiasakan diri untuk mencuci tangan, utamanya setelah memakai kamar kecil, dan sebelum makan, atau mempersiapkan makanan. Bawalah cairan desinfektan untuk digunakan sewaktu-waktu.

- Cuci buah dan sayur hingga bersih sebelum dimasak.

- Masak makanan hingga matang. Perhatikan bahwa berbagai sumber protein perlu suhu tertentu untuk mencapai kematangan masing-masing.

- Konsumsi air putih dalam kemasan atau air putih yang matang.

- Selalu gunakan alas kaki.

- Simpan alas kaki yang digunakan untuk aktivitas luar ruangan di luar rumah.

- Potong kuku ketika sudah panjang.

- Konsumsi obat cacing sesuai anjuran yaitu setiap 6 bulan sekali.

Itu dia penyebab, gajala, hingga cara mencegah cacingan. Hidup sehat adalah kunci utama untuk mencegah infeksi cacing ini. Orang tua perlu mengingatkan agar anak tidak sembarangan memasukkan benda ke dalam mulut, agar telur cacing ini tidak sengaja tertelan ke dalam tubuh.

Tag : #gaya hidup sehat    #cacingan    #info kesehatan    #kesehatan   

Baca Juga