Minyak kemiri (eraorganics)

Mengulik Manfaat Minyak Kemiri untuk Rambut

Sarah | Kesehatan | 20-07-2022

PARBOABOA - Sudah bukan rahasia lagi jika minyak kemiri memiliki berbagai macam manfaat untuk kesehatan rambut.

Minyak kemiri memiliki 60-66% minyak alami yang mengandung asam oleostrearat yang sangat baik untuk kesehatan rambut dan kulit.

Maka dari itu, tak jarang jika wanita menambahkan minyak kemiri ke shampoo untuk perawatan rambutnya.

Namun sebenarnya, minyak kemiri lebih bagus digunakan begitu saja tanpa ada campuran apapun agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Lantas, apa manfaat minyak kemiri untuk rambut? Penasaran yah? Berikut seputar manfaatnya!

1. Mengatasi Rambut Rontok

Jika kamu mengalami masalah rambut rontok, kamu dapat menggunakan minyak kemiri untuk mengatasinya.

Minyak kemiri memiliki kandungan protein dan mineral yang mampu menguatkan rambut dari akar hingga ujung rambut.

Penggunaan minyak kemiri secara teratur dapat mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut lebih sehat dari sebelumnya. Itulah manfaat minyak kemiri untuk rambut rontok.

2. Membuat Rambut Hitam Berkilau

Apabila kamu menginginkan rambut yang hitam dan berkilau, minyak kemiri adalah solusinya. Minyak kemiri mengandung asam gamma-linolenic yang berfungsi sebagai conditioner alami untuk rambut.

Fungsi minyak kemiri untuk rambut dari kandungan tersebut dipercaya mampu mengembalikan kelembapan rambut sehingga rambut kamu akan tampak berkilau hitam alami.

3. Menguatkan rambut

Selain membuat rambut berkilau, minyak kemiri juga dapat menguatkan rambut loh.

Fungsi minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam linoleat dan linolenat yang dapat menutrisi, dan melembapkan rambut, bahkan memperbaiki masalah rambut bercabang. 

Kamu dapat memperoleh khasiat minyak kemiri ini dengan cara mengoleskan masker rambut dari minyak kemiri secara rutin.

4. Melembabkan kulit kepala

Manfaat minyak kemiri selanjutnya untuk melembabkan kulit kepala. Hal ini karena minyak kemiri mengandung tanin yang dapat membuat kulit kepala menjadi lebih sehat, bersih, dan bebas dari bakteri.

5. Mengatasi ketombe

Manfaat minyak kemiri untuk rambut ternyata tidak hanya menyehatkan kulit kepala, tetapi juga untuk mengatasi ketombe membandel. Khasiat ini didapat dari kandungan asam linoleat yang berfungsi sebagai antiradang.

Tak hanya bersifat sebagai antiradang, kandungan tersebut juga mampu mengurangi peradangan pada kulit kepala yang disebabkan oleh ketombe.

6. Mencegah rambut kering

Salah satu manfaat minyak kemiri untuk rambut adalah mencegah rambut kering dan kusut.

Khasiat minyak kemiri untuk rambut ini berasal dari kandungan asam amino dan asam lemak esensial yang dapat menembus kamu terlihat lebih sehat dan terasa lebih lembap.

7. Melindungi rambut dari kerusakan akibat sinar matahari

Melindungi rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari juga menjadi salah satu manfaat minyak kemiri untuk rambut loh.

Khasiat yang satu ini berasal dari kandungan vitamin E di dalam minyak kemiri. Vitamin E dikenal dapat menjaga kerusakan kulit kepala akibat paparan sinar matahari yang terlalu lama.

8. Mengatasi gejala psoriasis

Tahukah kamu kalau manfaat minyak kemiri dapat mengatasi gejala psoriasis pada kulit kepala? Jika kulit kepala kering, maka berbagai masalah kulit pun akan terjadi.

Salah satunya adalah psoriasis yang ditandai dengan munculnya kulit bersisik, gatal, hingga kerontokan pada rambut.

Untuk mengatasinya, kamu membutuhkan pelembap khusus kulit kepala yang berfungsi untuk meringankan peradangan dan gatal.

Minyak kemiri mungkin dapat melakukan tugas tersebut. Namun, sebuah penelitian mengungkapkan bahwa khasiat minyak kemiri ini hanya dapat mengurangi gejala psoriasis dalam skala kecil tidak untuk skala besar.

Nah, itulah seputar manfaat minyak kemiri untuk rambut yang perlu kamu ketahui. Dari beberapa manfaat minyak kemiri diatas kamu udah pernah coba yang mana nih?

Tag : #minyak kemiri    #rambut    #kesehatan    #vitamin e    #sinar matahari   

Baca Juga