Ilustrasi teh herbal (Dok:antaranews.com)

Catat! Ini Deretan Minuman Sehat yang Cocok Dikonsumsi Penderita Asam Lambung

Dimas | Kesehatan | 25-05-2022

PARBOABOA, Jakarta - Asam Lambung merupakan salah satu penyakit yang paling umum dikeluhkan oleh sebagian besar masyarakat di Indonesia. Dalam dunia kesehatan, penyakit asam lambung biasa disebut dengan gastroesophageal reflux disease (GERD).

GERD sendiri adalah sebuah penyakit yang memberikan efek rasa terbakar di dada (heartburn) akibat tingginya produksi asam lambung dan naik hingga ke kerongkongan. Bagi penderita GERD, biasanya gejala akan muncul minal 2 kali dalam seminggu.

Salah satu faktor yang dapat memicu munculnya penyakit asam lambung pada seseorang adalah pola hidup yang tidak sehat. Beberapa kebiasaan yang bisa menyebabkan penyakit ini terjadi adalah kebiasaan merokok, meminum minuman beralkohol, minum kopi, dan minuman bersoda.

Selain itu, kebiasaan telat makan, terlalu banyak makan, hingga diet ketat juga dinilai mampu menjadi pemicu meningkatnya produksi asam lambung pada seseorang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menghindari kebiasan-kebiasaan buruk di atas guna mencegah munculnya penyakit asam lambung

Namun, Jika Anda terlanjur mengidap penyakit asam lambung, Tentunya Anda harus melakukan langkah antisipasi untuk menghindari kambuhnya asam lambung. Salah satu cara tepat yang bisa Anda lakukan adalah mengonsumsi minuman sehat.

Minuman sehat ini bukan hanya mampu mencegah, tetapi dinilai dapat mengatasi asam lambung saat sedang kambuh. Berikut ini adalah minuman sehat yang cocok di konsumsi bagi penderita asam lambung.

1. Air Kelapa

Mengonsumsi air kelapa tanpa pemanis bisa menjadi pilihan bagus bagi penderita asam lambung. Minuman ini memiliki zat kalium sebagai sumber elektrolit yang bermanfaat baik bagi tubuh.

elektrolit ini meningkatkan keseimbangan pH dalam tubuh, yang sangat penting untuk mengendalikan relfluks asam lambung.

2. Teh Herbal

Beberapa jenis the herbal dapat membantu meningkatkan pencernaan dan meredakan banyak masalah perut, seperti gas lambung dan mual.

Mengutip dari Health Line, Anda bisa mencoba beberapa teh herbal bebas kafein, seperti the chamomile, licorice, elm, hingga marshmallow, untuk meredakan gejala asam lambung atau GERD. Teh Licorice dapat membantu meningkatkan lapisan lendir pada lapisan esofagus, yang membantu menenangkan efek asam lambung.

Saat menggunakan herbal kering tersebut sebagai ekstrak dalam teh, Anda harus memakai satu sendok herbal kering untuk satu cangkir teh. Untuk hasil terbaik, Anda bisa minum dua hingga empat cangkir per hari.

3. Air Putih

Mengonsumsi air putih adalah solusi paling sederhana yang baik dikonsumsi untuk mengatasi asam lambung. Kandungan pH dalam air putih cenderung netral atau mencapai 7,0 yang dapat membantu meningkatkan pH makanan yang bersifat asam.

4. Susu Rendah Lemak

Susu sapi sebenarnya sulit di cerna oleh sebagian orang lantaran mengandung banyak lemak. Pada umumnya, susu sapi berlemak penuh dapat mengendurkan sfinger esofagus bagian bawah, yang dapat menyebabkan atau memperburuk gejala asam lambung.

Untuk itu, jika Anda harus memilih produk susu sapi , pilihlah yang paling rendah lemak.

5. Susu Nabati

Susu nabati adalah solusi baik untuk orang yang tidak toleran terhadap laktosa atau menderita GERD. Susu nabati yang terbuat dari kacang almond dapat membantu menetralkan asam lambung dan meredakan gejala asam lambung.

Selain susu almond, Anda bisa juga mengonsumsi berbagai produk susu nabati, seperti susu kedelai, susu rami, dan susu kacang mete.

6. Smoothie

Smoothie adalah pilihan yang sangat baik bagi penderita GERD. Saat membuat smoothie, carilah buah-buahan rendah asam. Cobalah smoothie sederhana dan rendah karbohidrat, seperti mencampurkan bayam dan alpukat. Selain itu, Anda bisa memilih konsumsi smoothie teh hijau vegan dengan anggur hijau.

7. Wedang Jahe

Jahe mampu menghambat asam dan menekan bakteri Helicobacter Pylori yang memicu munculnya gejala asam lambung. Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda disarankan untuk mengonsumsinya secara rutin.

8. Jus Buah

Mengonsumsi jus buah memang dapat mengatasi asam lambung, Namun Anda disarankan untuk tidka memilih buah dengan kandungan asam yang tinggi, seperti kelompok buat citrus atau apel.

Buah yang aman dikonsumsi pengidap asam lambung, yaitu pisang, pepaya, bit, semangka, juga pir.

Nah, demikianlah seputar informasi mengenai minuman sehat yang cocok dikonsumsi penderita asam lambung.  Minuman-minuman tersebut dinilai mampu mencegah dan mengatasi asam lambung saat gejala kambuh. Semoga bermanfaat!

Tag : #asam lambung    #minuman sehat    #kesehatan    #gerd    #heartburn   

Baca Juga