Ilustrasi

Mirip Spotify, YouTube Music Kini Punya Fitur Wrapped

Wanovy | Teknologi | 04-12-2021

Spotify merupakan salah satu platform streaming musik populer yang memiliki berbagai fitur menarik.

Salah satu fitur Spotify yang cukup digemari adalah Spotify Wrapped. Fitur tersebut memungkinkan pengguna melihat rekap atau kilas balik selama setahun dalam menggunakan layanan

Jika Spotify punya "Spotify Wrapped 2021", maka YouTube punya "Year in Music: 2021 Recap". Keduanya punya fungsi yang sama yakni merangkum aktivitas pendengar selama satu tahun ke belakang.

YouTube sendiri telah mengkonfirmasi dalam cuitan Twitternya @TeamYouTube, bahwa saat ini pihaknya telah mengerjakan fitur baru bernama YouTube Music's 2021 Recap.

Pihaknya menyebutkan bahwa saat ini YouTube Music's 2021 sedang dalam tahap perilisan secara bertahap.

Meski belum diluncurkan secara menyeluruh, telah beredar beberapa tangkapan layar dari fitur YouTube Music's 2021 Recap.

Keberadaan fitur rekap tahunan milik YouTube Music ini pertama kali terungkap oleh seorang pengguna forum Reddit.

Dalam sebuah unggahan, pengguna Reddit tersebut memperlihatkan tampilan fitur Year in Music: 2021 Recap.

Menurut video tersebut, fitur 2021 Recap mirip Spotify Wrapped 2021 ini dapat diakses pengguna melalui ikon akun profil yang terletak di sudut kanan atas layar.

Untuk bisa melihat 2021 Recap, setidaknya pengguna harus mendengarkan lagu dari YouTube atau YouTube Music dari tanggal 1 Januari 2021 hingga 15 November 2021 selama 10 jam. Selain itu, pengguna juga harus memiliki versi terbaru untuk bisa mengaksesnya.

YouTube menyebutkan bahwa fitur ini disebut tersedia untuk seluruh pengguna aplikasi YouTube Music, baik yang berlangganan atau gratisan.

Nantinya jika fitur telah dirilis secara menyeluruh akan muncul opsi '2021 Recap'. Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu meng-klik menu tersebut dan akan dibawa ke tampilan fiturnya.

Di menu tersebut, nantinya pengguna bisa melihat deretan lagu yang paling sering diputar selama satu tahun terakhir. Kemudian terdapat pula penjelasan detail dari tiap lagu yang didengarkan pengguna.

Namun, saat ini YouTube Music versi 4.55.55 versi Android, fitur 2021Recap ini belum muncul di aplikasi. Agaknya, fitur ini baru dirilis untu sebagian kecil pengguna YouTube Music saja.

Tag : #youtube    #youtube music    #wrapped    #2021 recap    #spotify   

Baca Juga