Ilustrasi penderita nyeri sendi (Foto: HonestDocs)

Kenali Obat Alami Mengatasi Nyeri Sendi, Dijamin Ampuh!

Dimas | Kesehatan | 01-10-2022

PARBOABOA – Nyeri sendi merupakan salah satu masalah fisik yang cukup umum dan bisa dialami oleh siapa saja. Masalah yang satu ini, bisa dipicu oleh berbagai macam faktor, khususnya radang sendi (arthritis).

Selain itu, nyeri sendi juga cenderung dialami oleh sebagian besar orang dengan kondisi, seperti:

  • Pernah mengalami cedera sendi sebelumnya
  • Menggunakan otot secara berlebihan
  • Menderita radang sendi atau kondisi medis kronis lainnya
  • Menderita depresi, kecemasan, dan/atau stres
  • Kelebihan berat badan
  • Menderita kesehatan yang buruk

Lantas, bagaimana cara mengatasi masalah nyeri sendi? Selain menggunakan obat medis, nyeri sendi juga bisa diatasi dengan obat tradisional.

Obat Alami Mengatasi Nyeri Sendi

Obat alami atau tradisional meupakan salah satu obat alternatif yang bisa dilakukan untuk mengatasi berbagai macam penyakit, termasuk nyeri sendi. Namun, mengobati nyeri sendi dengan menggunakan obat alami juga tidak bisa dilakukan dengan sembarangan.

Pasalnya, penggunaan obat alami secara berlebihan terkadang dapat menimbulkan efek samping atau dampak bagi kesehatan tubuh. Oleh karena itu, sebaiknya Kamu berkonsultasi dulu ke dokter sebelum memutuskan menggunakan obat-obat alami apapun.

Berikut ini adalah obat atau bahan-bahan alami yang bisa Kamu gunakan untuk mengatasi masalah nyeri sendi, di antaranya:

1. Jahe

Jahe adalah rempah bumbu masak yang bisa Kamu jadikan sebagai salah satu obat tradisional herbal atau untuk nyeri sendi akibat radang yang terjadi. Bahan alami ini telah terbukti memiliki sifat antiinflamasi yang mirip dengan obat rematik atau rheumatoid arthritis, yaitu ibuprofen dan COX-2 inhibitor (celecoxib).

Tak hanya membantu mengatasi rheumatoid arthritis, dilansir dari Arthritis Foundation, jahe dengan dosis harian 500-1.000 mg juga dapat mengurangi rasa nyeri pada osteoarthritis di pinggul dan lutut. Selain itu, bahan alami ini pun diyakini bisa membantu mengurangi nyeri sendi akibat asam urat.

Meski demikian, jahe sebagai obat alami nyeri sendi tidak boleh digunakan pada penderita batu empedu. Rempah ini disebut dapat mengganggu obat pengencer darah yang sedang Kamu konsumsi. Oleh karena itu, konsultasikan dengan dokter sebelum mengonsumsi obat herbal dari bahan alami ini.

2. Lidah Buaya

Melansir dari Healthline, lidah buaya merupakan salah satu bahan alami yang umum digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi nyeri sendi. Manfaat dari bahan yang satu ini didapat dari sifat antiinflamasi.

Di samping itu, lidah buaya tidak memiliki efek gastrointestinal negatif dari obat antiinflamasi nonsteroid (NSAID), yang biasa digunakan untuk nyeri sendi. Lidah buaya dapat digunakan untuk nyeri sendi dalam berbagai bentuk, mulai dari daging buahnya, gel, bubuk, dan pil.

Kamu dapat mengoleskan gel lidah buaya langsung ke kulit. Beberapa peneliti telah menyarankan untuk mengkonsumsi lidah buaya sebagai obat oral yang akan membantu meringankan nyeri sendi dari osteoarthritis.

NCCIH mencatat bahwa penggunaan lidah buaya cenderung aman, tetapi beberapa orang mengalami efek samping ketika mereka meminumnya. Ini dapat menurunkan kadar glukosa dan berinteraksi dengan beberapa obat diabetes.

3. Kayu Putih

Dikutip dari Healthline, kayu putih (Eucalyptus) telah dianggap sebagai tanaman obat. Ekstrak daun eucalyptus ditampilkan dalam pengobatan topikal untuk mengobati nyeri sendi akibat peradangan. Daun tanaman ini mengandung tanin, yang dapat menjadi obat alami untuk membantu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri yang berhubungan dengan radang sendi.

Beberapa orang menindaklanjuti dengan menggunakan bantalan panas untuk memaksimalkan efek penyembuh dari kayu putih. Aromaterapi kayu putih dapat membantu meringankan nyeri sendi sebagai gejala rematik.

4. Ekstrak Nanas

Buah nanas bisa menjadi obat tradisional pereda nyeri akibat radang sendi. Pasalnya, nanas mempunyai kandungan bromelain yang bermanfaat untuk mengurangi nyeri dan pembengkakan akibat radang sendi, terutama osteoarthritis dan rheumatoid arthritis.

Kamu bisa mengonsumsi bromelain dari ekstrak nanas dalam bentuk suplemen (tablet/kapsul) dengan dosis 500-2.000 mg, tiga kali sehari, atau mengonsumsi nanas secara langsung. Meski demikian, bromelain juga dapat menimbulkan efek samping berupa sakit perut atau diare, serta harus dihindari bagi yang alergi dengan nanas.

Selain yang disebutkan di atas, beberapa bahan alami juga disebut dapat menjadi obat herbal untuk nyeri akibat radang sendi, seperti tanaman jelatang, brotowali, minyak ikan, boswellia, dan lainnya, tergantung dari jenis radang sendi yang dimiliki.

5. Teh Hijau

Teh hijau adalah salah satu minuman paling populer di dunia. Namun, tak hanya itu, ada juga bukti bahwa teh hijau dapat digunakan sebagai obat herbal atau alami untuk meredakan nyeri pada persendian akibat radang sendi, terutama rheumatoid arthritis.

Green tea atau teh hijau kaya akan polifenol bernama epigallocatechin 3-gallate (EGCG), yang bersifat antioksidan dan antiradang. Tidak hanya meredakan peradangan, kandungan ini juga bermanfaat untuk melindungi sendi, tulang rawan, dan tulang dari kerusakan.

Meski demikian, sebagian besar bukti tersebut baru ditunjukkan melalui penelitian pada hewan. Dibutuhkan uji coba lebih luas terhadap pengaruhnya pada manusia dengan kondisi radang sendi.

Nah, itulah beberapa bahan atau obat alami yang Bisa Kamu gunakan untuk mengatasi maslah nyeri sendi pada tubuh. Jika Kamu ingin mencoba obat-obat di atas, sebaiknya konsultasikan ke dokter terlebih dahulu untuk mencegah efek samping atau hal-hal yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!

Tag : #sendi    #nyeri sendi    #kesehatan    #obat alami    #obat herbal   

Baca Juga