parboaboa

12 Obat Disengat Tawon dengan Bahan Alami dan Medis yang Terbukti Manjur

Jesika | Kesehatan | 18-08-2023

Ilustrasi disengot tawon (Foto: iStock)

PARBOABOA – Sengatan tawon merupakan respons pertahanan alami yang dilakukan oleh tawon sebagai mekanisme perlindungan diri dari potensi ancaman.

Ketika tawon merasa terancam atau sarangnya diganggu, tawon akan menggunakan sengatnya untuk menyuntikkan racun ke dalam tubuh makhluk yang dianggap sebagai ancaman tersebut.

Racun yang terdapat dalam sengatan tawon mengandung berbagai zat kimia yang bertujuan untuk menghambat atau melumpuhkan mangsa atau musuhnya.

Namun, efek sengatan tawon pada manusia berbeda tergantung pada faktor-faktor seperti jenis tawon, lokasi sengatan, reaksi individu terhadap racun, dan apakah ada riwayat alergi sebelumnya.

Untungnya, ada berbagai opsi obat yang dapat membantu meredakan gejala akibat sengatan tawon, baik dengan bahan-bahan alami maupun solusi medis yang teruji. Lantas apa obat disengat tawon agar tidak bengkak?

Simak 12 pilihan obat disengat tawon berbahan alami dan medis berikut ini.

Obat Disengat Tawon Alami

Sengatan tawon dapat menyebabkan rasa sakit dan pembengkakan yang mengganggu. Namun, sebelum bergegas mencari obat-obat disengat tawon di apotek, ada beberapa obat yang dapat membantu meredakan ketidaknyamanan.

Dirangkum dari jurnal Wasp Stings: Reaction Symptoms and Treatment, oleh Berg, M. Emedicinehealth (2019), berikut adalah beberapa pilihan solusi alami yang dapat kamu pertimbangkan:

1. Minyak Esensial

Minyak esensial sebagai obat alami untuk disengat tawon (Foto: iStock)

Minyak Esensial memiliki sifat antiseptik, antibakteri dan antiinflamasi yang bermanfaat untuk meredakan rasa sakit dan bengkak akibat sengatan dari tawon.  Minyak Esensial juga cukup manjur jika dibuat menjadi obat disengat tawon di kepala.

Adapun minyak yang dapat digunakan adalah minyak pohon teh dan minyak lavender. Jika ingin memperoleh manfaat dari minyak ini, kamu bisa mencampurkan 1 tetes minyak esensial dengan 4-5 tetes minyak zaitun.

Campuran minyak ini akan mengurangi reaksi alergi pada kulit. Setelah itu, oleskan pada kulit yang tersengat tawon sebanyak 2-3 kali sehari.

2. Es Batu

Es dapat mengurangi nyeri dan pembengkakan karena sengatan tawon. Cuci area yang digigit tawon segera kemudian gunakan es sebagai kompres dingin untuk meredakan area kulit yang membengkak. 

Kamu bisa membungkus es dengan kain bersih, lalu tempelkan kompres es tersebut pada area sengatan selama 5-10 menit. Cara tersebut bisa kamu ulangi beberapa kali dalam sehari sesuai dengan kebutuhan.

3. Madu

Madu sebagai obat alami untuk disengat tawon (Foto: iStock)

Madu merupakan salah satu obat disengat tawon di bibir yang cukup ampuh. Di dalamnya terkandung senyawa yang bisa melawan peradangan, sehingga membantu mengurangi pembengkakan pada kulit akibat gigitan tawon. 

Selain itu, madu juga memiliki sifat antibakteri alami yang membantu mencegah infeksi dan mempercepat proses penyembuhan dari gigitan tawon yang menyebabkan bengkak.

Caranya pun cukup mudah, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit madu pada bagian kulit yang tersengat. Lakukan ini sebanyak 2-3 kali sehari atau sesuai kebutuhan. Dengan menggunakan madu sebagai obat alami, kamu bisa meredakan rasa nyeri dan pembengkakannya dengan cara yang alami dengan aman.

4. Cuka Apel

Fermentasi sari apel segar atau Cuka apel memang diklaim dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat sengatan tawon. Hal ini karena kandungan antiinflamasi dan antibakteri di dalamnya dapat membantu mengatasi peradangan pada kulit yang bermasalah.

Bahan ini juga cukup ampuh menjadi  obat disengat tawon madu. Caranya cukup sederhana, kamu hanya perlu mengoleskan sedikit cuka apel pada area kulit yang disengat  dan biarkan selama 15-20 menit. Setelah itu, bilas kulit dengan air hangat. Kamu dapat mengulanginya dua kali sehari.

5. Soda Kue

Soda kue sebagai obat alami untuk disengat tawon (Foto: iStock)

Soda kue merupakan pasta yang terbuat dari soda kue dan air. Bahan kue ini dipercaya sebagai obat alami disengat tawon bengkak. Soda kue diklaim dapat menetralkan racun tawon serta mengurangi rasa gatal dan pembengkakan.

Kamu dapat membuat campuran pasta soda kue dan air untuk meredakan sengatan tawon yang menyebabkan pembengkakan. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  • Ambil satu sendok teh soda kue dan letakkan di wadah bersih.
  • Tambahkan beberapa tetes air ke soda kue, secara perlahan, hingga membentuk pasta kental.
  • Oleskan pasta soda kue tersebut pada daerah kulit yang terkena sengatan tawon.
  • Biarkan pasta soda kue meresap selama beberapa menit untuk memberikan efek menenangkan dan mengurangi pembengkakan.
  • Setelah beberapa waktu, bilas area kulit yang terkena dengan air hangat dan keringkan dengan lembut.
  • Penting untuk diingat bahwa penggunaan soda kue sebagai obat alami untuk sengatan tawon memang umum, namun belum ada bukti ilmiah yang cukup untuk mendukung klaim tersebut.

6. Pasta Gigi

Pasta atau odol gigi sebagai obat alami untuk disengat tawon (Foto: Wikipedia)

Pasta Gigi merupakan salah satu obat disengat tawon Vespa atau jenis tawon lain yang cukup ampuh. Untuk mencobanya, oleskan sedikit pasta gigi ke bagian yang tersengat, namun lanjutkan dengan hati-hati.

Kulit dapat bereaksi terhadap pasta gigi, terutama jika dibiarkan lebih lama. Apabila ada tanda-tanda reaksi, segera bilas pasta gigi.

Penting untuk diketahui, tidak ada penelitian klinis yang mendukung penggunaan pasta gigi ini. adalah pasta gigi. Untuk mencobanya, oleskan sedikit pasta gigi ke bagian yang tersengat, namun lanjutkan dengan hati-hati.

Kulit dapat bereaksi terhadap pasta gigi, terutama jika dibiarkan lebih lama. Apabila ada tanda-tanda reaksi, segera bilas pasta gigi.

Penting untuk diketahui, tidak ada penelitian klinis yang mendukung penggunaan pasta gigi ini.

7. Daun Pisang

Obat alami disengat tawon alami berikut adalah Daun pisang. Daun ini memiliki getah yang dapat membantu meredakan pembengkakan dan mempercepat penyembuhan luka akibat sengatan lebah.

Cara menggunakannya sangat sederhana. Ambil sedikit daun pisang, kemudian remas-remas hingga mengeluarkan getahnya. Setelah itu, taburkan getah daun pisang tersebut pada bagian kulit yang terkena sengatan lebah.

8. Gel Lidah Buaya

Obat disengat tawon tradisional atau alami yang terakhir adalah lidah buaya. Gel lidah buaya diketahui mengandung senyawa antiinflamasi dan antibakteri yang dapat membantu mengurangi pembengkakan akibat sengatan tawon, seperti yang dikutip dari American Academy of Dermatology.

Caranya sangat mudah, Kamu hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya pada daerah yang tersengat tawon. Dengan begitu, gel ini dapat membantu mengurangi pembengkakan dan mencegah infeksi lebih lanjut pada kulit yang terkena.

Obat Disengat Tawon di Apotik

Di apotik, kamu dapat menemukan beberapa jenis obat yang dapat membantu meredakan gejala yang disebabkan oleh sengatan tawon. Berikut adalah beberapa jenis obat yang umumnya tersedia di apotik:

1. Ibuprofen

Ibuprofen adalah salah satu obat medis untuk disengat tawon (Foto: Pixabay)

Sengatan tawon seringkali meninggalkan rasa sakit pada bagian yang tersengat. Untuk membantu meredakan ketidaknyamanan ini, kamu bisa mempertimbangkan mengonsumsi obat disengat tawon baluh atau jenis tawon lain yang dapat ditemukan di apotek, salah satunya adalah ibuprofen.

Dalam jurnal An Overview of Clinical Pharmacology of Ibuprofen, yang ditulis oleh Rabia Bushra dan rekannya, dijelaskan bahwa ibuprofen merupakan obat yang digunakan untuk mengatasi rasa sakit pada tingkat ringan hingga sedang. Jenis obat ini termasuk dalam kategori non-steroid anti-inflammatory drugs (NSAID).

Namun, penting untuk diingat bahwa Ibuprofen dapat menyebabkan beberapa efek samping seperti sakit kepala, pusing, mual, dan muntah. Pastikan mengikuti dosis yang tertera pada kemasan obat untuk penggunaan yang aman dan efektif.

2. Losion Calamine

Losion Calamine cukup ampuh dijadikan sebagai obat disengat tawon pada anak dan orang dewasa. Obat ini dapat mereda gatal, nyeri dan tidak nyaman pada kulit yang disebabkan karena reaksi alergi dari sengatan tawon.

Caranya oleskan ke kulit yang terkena sengatan sebanyak 2-4 kali sehari, terutama setelah mandi pagi dan sore hari

3. Chlorpheniramine Maleate 

Jika Kamu mengalami reaksi alergi setelah disengat gunakan antihistamin, seperti Chlorpheniramine Maleate.

Chlorpheniramine Maleate adalah jenis obat yang termasuk dalam kelompok antihistamin. Fungsinya adalah meredakan gejala alergi, seperti gatal-gatal, hidung berair, bersin, dan mata berair yang mungkin muncul akibat reaksi alergi, termasuk yang disebabkan oleh sengatan tawon.

Namun, perlu diingat bahwa obat ini juga dapat menyebabkan efek samping, seperti kantuk atau rasa mengantuk, terutama pada beberapa orang.

Oleh karena itu, sebaiknya hindari mengemudi atau melakukan aktivitas berbahaya jika kamu merasakan efek samping ini setelah mengkonsumsi obat.

4. Krim Hidrokortison

Hidrokortison adalah salep obat disengat tawon di apotik yang digunakan untuk mengatasi reaksi alergi pada kulit, seperti gatal-gatal dan ruam kemerahan. 

Sebagai rujukan, dalam jurnal Topical Corticosteroids, yang ditulis oleh Sarah Gabros dan koleganya, dijelaskan bahwa obat ini berfungsi dengan cara meredakan reaksi alergi dan peradangan pada kulit serta menghambat aktivitas sistem imun yang berlebihan.

Krim Hidrokortison memiliki efek antiinflamasi dan antialergi pada kulit. Selain itu, obat ini juga membantu mengurangi sensasi gatal. Kamu dapat menggunakan krim ini sebagai obat disengat tawon di kepala. 

Caranya adalah dengan mengoleskannya secara tipis di area yang terkena sengatan, biasanya sekitar 2-3 kali sehari. Sebaiknya, krim ini tidak digunakan lebih dari 1 minggu.

Apa Langkah Pertama Disengat Tawon?

Setelah mengalami sengatan, ada beberapa langkah-langkah pertama  yang dapat diambil sebelum menggunakan obat disengat tawon rumahan atau dari apotik. Sesuai dengan saran dari National Health Service (NHS), berikut ini adalah tindakan pertolongan pertama yang dapat dilakukan setelah terkena sengatan tawon:

  1. Lakukan evaluasi terhadap area yang disengat. Jika masih ada duri sengat yang menempel di kulit, segera keluarkan dengan menggunakan benda datar seperti kartu ATM. Tekan ujung duri secara perlahan dan dorong keluar dari kulit.
  2. Setelah mengeluarkan duri sengat, bersihkan area yang terkena dengan menggunakan sabun dan air mengalir. Ini akan membantu membersihkan racun yang mungkin tersisa.
  3. Terapkan kompres dingin pada area yang tersengat untuk meredakan nyeri dan pembengkakan. Gunakan obat alami atau obat apotik yang telah direkomendasikan diatas
  4. Jika terjadi gatal, pembengkakan, atau iritasi pada kulit, gunakan krim hidrokortison atau lotion calamine sesuai petunjuk. Ini dapat membantu meredakan ketidaknyamanan.
  5. Pastikan area yang terkena sengatan tetap bersih untuk mencegah risiko infeksi.

Demikianlah informasi terkait obat disengat tawon baik alami maupun yang dijual diapotik. Selain penggunaan obat-obatan diatas, penting untuk menghindari menggaruk area yang tersengat.

Menggaruk hanya akan memperburuk sensasi gatal dan bengkak, serta meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada kulit.

Editor: Sari

Tag: #obat disengat tawon    #obat disengat tawon alami    #kesehatan    #salep obat disengat tawon di apotek    #apa obat disengat tawon   

BACA JUGA

BERITA TERBARU