Gambar Gusi Bengkak (Dok:Popmama.com)

Obat Gusi Bengkak di Apotik

Mei | Kesehatan | 15-04-2022

PARBOABOA - Gusi bengkak merupakan salah satu hal yang sangat menggangu bagi kebanyakan orang karena penyakit yang satu ini membuat mulut terasa perih, terutama saat mengunyah makanan.

Selain itu, penderita gusi bengkak juga kerap mengalami kesulitan dalam berbicara akibat dari rasa nyeri yang disebabkan oleh gusi bengkak yang bergesekan dengan pipi bagian dalam ketika berbicara.

Bengkak pada gusi kemungkinan besar diakibatkan oleh infeksi yang terjadi pada jaringan gusi, dimana infeksi tersebut berawal dari luka karena menyikat gigi terlalu keras atau dapat juga disebabkan oleh penyakit gigi dan mulut tertentu, seperti periodontitis.

Pengobatan pada gusi bengkak pada umumnya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu menggunakan obat alami atau dengan mengkonsumsi obat dari Apotik.

Namun, untuk mendapatkan hasil yang lebih cepat dalam meredakan rasa nyeri akibat pembengkakan pada gusi, biasanya orang akan lebih memilih obat dari Apotik.

Lantas, apa saja obat gusi bengkak yang tersedia di Apotik? Berikut penjelasannya.

Obat Gusi Bengkak di Apotik

1. Hidrogen Peroksida

Salah satu obat gusi bengkak di Apotik adalah Hidrogen Peroksida.

Hidrogen peroksida merupakan antiseptik cair yang dapat melawan bakteri penyebab masalah gigi dan gusi, seperti radang gusi dan sariawan. 

Hidrogen peroksida bekerja dengan cara mengangkat sel-sel kulit mati dan membersihkan area kulit yang terluka.

Pengobatan dengan obat yang satu ini dapat dilakukan dengan berkumur menggunakan air larutan hidrogen peroksida. 

Larutan antiseptic yang satu ini banyak tersedia di apotek atau toko obat terdekat dan bisa dibeli tanpa resep dokter.

Namun perlu kalian ketahui bahwa bentuk murni cairan ini dapat melukai gusi dan mulut, penggunaan antiseptik yang satu ini dilakukan dengan menambah sedikit air sebelum dipakai untuk berkumur.

2. Paracetamol

Obat gusi bengkat di Apotek berikutnya yaitu Paracetamol.

Obat antiseptik yang satu ini dikenal sebagai obat yang manjur untuk meredakan rasa nyeri disekujur tubuh, termasuk mulut.

Paracetamol tergolong obat yang sangat mudah untuk ditemui, baik itu di warung hingga di Apotek. 

Obat yang satu ini juga aman digunakan pada semua kalangan, mulai dari bayi di atas 2 bulan, ibu hamil dan menyusui, hingga lansia.

Namun, perlu kalian ketahui bahwa dosis dari penggunaan obat yang satu ini berbeda bagi setiap orang. 

Pada orang dewasa, dosis aman paracetamol berkisar dari 500 mg (miligram) hingga 1 gram. Sementara untuk bayi usia 2 bulan hingga 2 tahun, dosis aman paracetamol berkisar dari 60-120 mg.

Minum paracetamol harus sesuai anjuran yang tertera pada label kemasan ya. Bila Anda ragu tentang dosis paracetamol yang aman, konsultasikan langsung dengan dokter. Obat ini dapat dikonsumsi setiap 4-6 jam sekali sehari.

Kalian juga harus tau bahwa orang dengan riwayat penyakit hati dan ginjal serta alergi terhadap paracetamol tidak dianjurkan untuk mengonsumsi obat ini.

3. Ibuprofen

Obat gusi bengkak di Apotik yang tersedia yaitu Ibuprofen.

Pada dasar nya Ibuprofen sama fungsinya seperti paracetamol, yakni dapat digunakan sebagai obat nyeri ketika gusi bengkak, yang membedakan adalah Ibuprofen sekaligus meredakan radang penyebab bengkak dan demam yang menyertainya.

Obat yang satu ini merupakan obat yang lebih keras daripada obat sejenis Paracetamol, sehingga dianjurkan sebelum mengkonsumsi obat yang satu ini terlebih dahulu meminta saran dari dokter.

Dosis aman ibuprofen pada orang dewasa berkisar dari 200-400 miligram (mg) diminum setiap 4-6 jam sekali sesuai kebutuhan. 

Pada anak-anak dosis ibuprofen berkisar dari 4-10 miligram (miligram). Dosis tersebut umumnya aman untuk anak usia 6 bulan hingga 12 tahun dan dapat diminum setiap 6-8 jam sekali.

Obat ini dapat dikonsumsi setelah makan terlebih dahulu serta harus sesuai  dengan anjuran dosis yang ditentukan. Jika dikonsumsi saat perut kosong, ibuprofen dapat memperparah peradangan dan meningkatkan risiko perdarahan di perut.

Segera hentikan pengobatan dan hubungi dokter jika kalian mengalami efek samping ibuprofen seperti nyeri dada, sesak napas, sakit kepala parah, hingga feses yang berwarna hitam.

4. Chlorhexidine

Obat gusi bengkak di Apotik berikut nya adalah Chlorhexidine.

Chlorhexidine dikenal sebagai salah satu obat antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri penyebab peradangan dan gusi bengkak. Obat ini harus ditebus dengan resep dokter.

Obat ini memiliki beberapa jenis varian, mulai seperti, larutan, dan obat kumur. Namun untuk obat gusi bengkak, kalian dapat menggunakan varian obat kumur.

Cara menggunakan obat yang satu ini adalah dengan berkumur-kumur menggunakan Chlorhexidine setelah menyikat gigi. Hindari makan dan minum setelah berkumur agar obat dapat bekerja secara optimal.

Nah, itulah beberapa obat gusi bengkak yang tersedia di Apotik. Semoga pembahasan kali ini dapat bermanfaat serta menambah wawasan kalian ya.

Tag : #Kesehatan    #Antiseptik    #Obat Gusi Bengkak di Apotek   

Baca Juga