Ilustrasi Penyakit Asam Urat (Dok. Pixabay)

Jenis-Jenis Obat Herbal Asam Urat

Olivia | Kesehatan | 16-07-2022

PARBOABOA, Kesehatan – Penyakit asam urat merupakan penyakit yang dapat menyerang siapa saja, baik laki-laki maupun perempuan, terkhusus yang sudah berusia diatas 30 tahun. Penyakit yang tidak pandang bulu ini akan memberikan rasa nyeri yang tak tertahankan dan disertai pembengkakan pada bagian kaki.

Untuk mengatasinya, kamu terlebih dulu mengetahui gejala dan penyebabnya munculnya penyakit tersebut. Dan untuk mengobatinya, kamu dapat mencoba mengonsumsi obat herbal asam urat jika ingin meminimalisir efek samping.

Berikut beberapa obat asam urat alami yang dianggap aman untuk dikonsumsi si penderita.

1. Kembang Sepatu

Kembang sepatu dipercaya bisa menetralkan asam urat. Biasanya tanaman ini disajikan dalam bentuk teh atau dirajik menjadi obat herbal tradisional.

2. Pisang

Buah pisang yang kaya akan kalium berfungsi membantu jaringan dan organ tubuh untuk menurunkan kadar asam urat yang sedang tinggi. Namun untuk takarannya tetap harus diperhatikan, karena kandungan gula yang terdapat pada buah tersebut justru dapat menjadi pemicu naiknya asam urat dengan cepat.

3. Jahe

Selain menjadi bumbu masakan, jahe juga terkenal sebagai tanaman herbal yang biasa ditemukan di Indonesia. Tidak  hanya dapat menghangatkan tubuh, tanaman ini juga dipercaya dapat mengobati asam urat secara alami.

Kandungan zat antiradang yang dimiliki jahe mampu mengurangi pembengkakan dan rasa nyeri akibat asam urat. Penggunaannya cukup gampang, kamu hanya perlu memarut jahe, lalu larutkan kedalam air hangat, kemudian kompres dibagian yang bengkak.

4. Kopi

Obat asam urat alami berikutnya adalah kopi. Kopi yang kaya akan mineral, polifenol dan kafein ini berfungsi meningkatkan metabolisme purin menjadi asam urat, yang kemudian meningkatkan proses pembuangan asam urat melalui urine.

Alhasil, kopi dapat mencegah pengendapan asam urat dan resiko kerusakan tulang serta sendi. Namun, bagi penderita asam urat yang juga memiliki riwayat penyakit asam lambung, tidak disarankan untuk mencoba obat herbal asam urat yang satu ini.

5. Seledri

Seledri tidak hanya dapat membantu mengatasi saluran kencing, tanaman ini juga diyakini bisa mengobati penyakit asam urat. Cobalah mengonsumsinya setiap hari, terutama batang seledri.

6. Kunyit

Sama seperti jahe, kunyit tidak hanya dijadikan sebagai bumbu masakan. Tanaman ini juga sangat bermanfaat mengatasi berbagai jenis penyakit. Kandungan curcumin pada kunyit berfungsi sebagai antiradang yang bisa mengurangi rasa nyeri sendi pada penderita asam urat.

7. Bunga Dandelion

Ekstrak bunga Dandelion yang bisa dijadikan sebagai teh diyakini menjadi ramuan obat bagi penderita asam urat. Dengan mengonsumsi obat herbal asam urat yang satu ini dapat menurunkan kadar asam urat bagi penderita yang juga memiliki resiko penyakit ginjal.

Itulah informasi tentang obat herbal asam urat. Jika obat herbal asam urat diatas dirasa tidak lagi mampu mengatasinya, silahkan segera berobat ke dokter. Jadi, siapapun kamu, bagaimana pun latar belakang kehidupanmu, tetaplah jaga kesehatan.

Tag : #asam urat    #obat herbal asam urat    #kesehatan    #penyakit    #sendi   

Baca Juga