Ilustrasi penderita obesitas (dok:inews.id)

Waspada, Obesitas Ternyata Bisa Picu Kanker

Dimas | Kesehatan | 21-04-2022

PARBOABOA, Jakarta – Obesitas merupakan salah satu penyakit yang bisa menyerang siapa saja, mulai dari anak-anak, remaja hingga orang tua. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa obesitas juga menjadi salah satu penyebab munculnya kanker pada seseorang.

Penjelasan Mengapa Obesitas Bisa Picu Kanker

Para ahli percaya, peningkatan risiko kanker karena obesitas ditimbulkan oleh peradangan lemak visceral atau lemak yang melindungi organ vital. Jumlah lemak visceral yang berlebih akan mempengaruhi proses tubuh mengelola hormon, seperti insulin dan esterogen.

Seperti yang diketahui, peningkatan kadar insulin dan insulin growth factor-1 (IGF-1) dapat menjadi salah satu penyebab berkembangnya beberapa jenis kanker.

Begitu juga dengan hormon esterogen, penderita obesitas akan memproduksi lebih banyak esterogen dari jaringan lemak. Hal itu juga dapat mendorong dan menumbuhkan sel-sel kanker pada tubuh.

Jenis-Jenis Kanker Akibat dari Obesitas

Melansir dari health.kompas.com, biasanya kanker yang disebabkan oleh obesitas cenderung menyerang organ-organ yang berada di area perut. Sebab, penumpukan lemak pada tubuh penderita obesitas berada di area perut.

Berikut jenis kanker yang bisa muncul akibat obesitas:

1. Kanker endometrium

Kanker endometrium atau kanker yang menyerang rahim biasanya dipivu oleh adanya obesitas sentral dan gula darah yang tidak terkontrol

2. Kanker payudara

Kanker payudara merupakan salah satu penyebab kematian terbesar kedua akibat kanker di Indonesia. kanker payudara bisa muncul akibat sel lemak berlebih dalam tubuh yang dapat memicu produksi hormon esterogen yang tinggi. Sehingga mengakibatkan tumbuhnya sel kanker.

3. Kanker ginjal

Penderita obesitas diketahui memiliki risiko dua kali lipat lebih rentan terkena kanker ginjal. Kanker ginjal dapat dipicu oleh produksi insulin berlebih dalam darah.

4. Kanker esofagus

Perkembangan kanker di kerongkongan ini dapat dipicu oleh kondisi refluks pada esofagus dan menyebabkan perkembangan salah satu bentuk sel kanker adenokarsinoma. Kondisi refluks lebih banyak dialami oleh individu obesitas dan menyebabkan inflamasi yang lebih parah.

5. Kanker kolorektal

Kanker kolorektal lebih banyak ditemukan pada pria obesitas dengan indek massa tubuh lebih dari 27 kg/m persegi. Sedangkan pada perempuan, kanker kolorektal lebih banyak disebabkan obesitas sentral atau penumpukan lemak perut.

Hal ini terjadi karena produksi hormon insulin abnormal pada individu obesitas memicu terjadinya kanker kolorektal.

Nah, itulah seputar informasi terkait munculnya kanker yang disebabkan oleh obesitas. Semoga bermanfaat!

Tag : #kanker    #obesitas    #kesehatan    #jenis kanker    #risiko kanker   

Baca Juga