10 Daftar Oleh-oleh Khas Sumbawa yang Recommended Dibawa Pulang

Wanovy | Travel | 24-01-2023

Oleh oleh khas Sumbawa, foto: kompasiana.com

PARBOABOA, Sumbawa - Sumbawa berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat. Pulau ini memiliki banyak destinasi wisata yang menarik, seperti Pulau Kenawa, Bukit Mandar, Pantai Maluk ataupun Pulau Bedil.

Selain itu, Sumbawa juga terkenal dengan kuda dan produknya susu kuda liar. Ada juga minyak khas Sumbawa yang sudah terkenal khasiatnya.

Hasil alam menjadikan Sumbawa menghasilkan produk yang terasa unik dan spesial. Apa sajakah oleh-oleh khas Sumbawa? Berikut daftarnya.

1. Madu Sumbawa

Oleh-oleh khas Sumbawa yang bisa kamu bawang selanjutnya adalah Madu Sumbawa. Madu khas Sumbawa ini memang spesial karena berasal dari hutan Sumbawa.

Jadi bukan madu ternakan.  Madu berasal dari jenis lebah Apis Dorsata dimana sumber makanan lebah ini berasal dari nektar pohon kopi dan bidara. Lebah-lebah  ini memang banyak menghuni hutan-hutan di Sumbawa.

Karena bukan madu ternakan, untuk mendapatkan madu Sumbawa ini lumayan langka. Apalagi kadar air dalam madu Sumbawa ini lebih rendah dibandingkan madu dari daerah lain. Nggak salah jika harganya juga lumayan mahal.

2. Susu Kuda Liar

Oleh-oleh khas Sumbawa yang satu ini wajib banget kamu bawa pulang. Susu kuda tidak banyak dijumpai di daerah lain.

Produk susu kuda liar sangat terkenal, tak hanya di Indonesia tapi juga terkenal hingga mancanegara.

Susu kuda liar memang diambil dari perasan susu kuda yang tinggal di alam bebas. Memiliki rasa yang sangat gurih dan kandungan gulanya lumayan lebih tinggi, jadi lebih manis terasa. Meski demikin susu kuda liar sangat menyehatkan.

Susu kuda liar ini memiliki segudang manfaat. Baik untuk menyembuhkan berbagai penyakit, juga bagus untuk kesehatan kulit. Dan paling terkenal adalah manfaatnya untuk membuat stamina pria lebih kuat dan tahan lama ketika berhubungan intim. Tertarik untuk mengkonsumsi?

3. Permen Susu Kuda Liar

Jika kamu tidak menyukai meminum langsung susu kuda liar, maka kamu bisa mencobanya dalam bentuk permen. Yap, susu kuda liar tersedia pula dalam bentuk permen, jadi lebih tahan lama.

Rasa permen kuda liar ini rasanya tidak terlalu kuat seperti meminum susunya secara langsung. Rasanya lebih manis dan cocok di lidah kita. Permen susu kuda liar banyak dijumpai di toko oleh oleh di Sumbawa.

4. Dodol Rumput Laut

Hal lain yang bisa menjadi oleh-oleh khas Sumbawa untuk wisatawan, ialah dodol rumput laut khas Sumbawa.

Dodol ini berbeda pada umumnya. Dodol rumput laut ini, memiliki tekstur kenyal dan lembut seperti Jelly.

Warna dodol rumput laut, bermacam-macam, ada warna merah, kuning, hijau, ungu, dan warna warni lainnya.

5. Putri Mandi

Putri Mandi merupakan Penganan yang biasanya dinikmati sepulang jumatan ataupun di bulan ramadhan.

Bahan dasarnya tepung ketan dibentuk bulat gepeng lalu direbus hingga mengambang, tiriskan. Gula merah direbus diberi sedikit air dan parutan kelapa setengah tua setelah gula hancur masukkan rebusan ketan. Siap disajikan. Putri mandi disuguhkan dengan teh hangat ataupun air jahe hangat

6. Janda Berenang

Janda Berenang adalah salah satu oleh-oleh khas Sumbawa yang dikenal sejak tahun 70-an. Namanya yang menantang dan rasanya yang nikmat menyebabkan janda berenang cepat sekali populer.

Terbuat dari tepung mizena, kacang hijau dihaluskan dan dicampur gula merah lalu dibungkus daun pisang. Nama janda berenang diberikan oleh sesepuh Sumbawa H.Z.Tambahan,SH.

7. Minyak Sumbawa

Pernah mendengar minyak dari Sumbawa? Banyak orang yang membawa minyak ini sebagai oleh-oleh ketika berkunjung ke Sumbawa.

Selain terkenal sebagai penghasil madu juga susu kuda liar, Sumbawa juga merupakan penghasil minyak yang sudah ternama.

Minyak dari Sumbawa sudah populer di hampir semua kalangan karena minyak ini dikenal bisa menyembuhkan beragam penyakit.

Kalau ingin membawa oleh-oleh yang lain selain makanan, kamu bisa membawa minyak sebagai oleh-oleh khas Sumbawa.

8. Manjareal

Satu lagi makanan tradisional dari Sumbawa yang bisa jadi oleh-oleh, yaitu manjareal. Makanan ini berupa permen kacang bertekstur keras dengan tekstur yang renyah.

Permen kacang ini memiliki rasa yang sangat unik di mulut. Ada sensasi manis serta rasa kacang yang kuat.

Tampilan manjareal sangat unik dan cantik dengan warnanya yang putih serta dibungkus dengan apik menggunakan daun lontar.

Cetakan atau bungkus majareal terlihat seperti bunga dan isinya bisa terlihat jelas. Manjareal bisa dibeli di toko oleh-oleh khas Sumbawa dengan harga sekitar Rp10.000.

9. Baso Siong (Jagung Sangrai)

Satu lagi camilan yang masuk dalam daftar oleh-oleh khas Sumbawa yang tak boleh ketinggalan untuk kamu beli ketika berkunjung ke tempat ini.

Baso siang adalah olahan jagung yang diproses dengan cara disangrai. Mungkin kamu membayangkan rasa camilan ini akan pahit dan keras tapi justru sebaliknya.

Masyarakat Sumbawa ternyata berhasil membuat jagung sangrai menjadi makanan yang memiliki cita rasa yang gurih asin juga bertekstur renyah.

Tentu saja ini karena penggunaan bumbu rahasia mereka. Harganya pun bervariasi dan makanan ini bisa ditemukan di hampir banyak tempat.

10. Terasi Udang Labuhan Botong

Terasi adalah salah satu bahan yang digunakan untuk membuat sambal. Ketika berkunjung ke Sumbawa, jangan lupa untuk membawa pulang terasi udang Labuhan Botong. Produk terasi ini adalah produk unggulan yang banyak digemari masyarakat setempat.

Bahan pembuat terasi ini tentu saja dari udang segar yang merupakan hasil tangkapan langsung dari laut-laut di Sumbawa.

Terasi udang Labuhan Botong memiliki keunggulan pada rasa udangnya yang lezat yang terasa ketika digunakan untuk membuat sambal.

Biasanya penduduk setempat memakai terasi ini untuk dijadikan sambal cocol ikan bakar. Kalau kamu berminat untuk membeli oleh-oleh khas Sumbawa ini, kamu bisa mendatangi pasar tradisional ataupun modern.

Nah, itulah tadi beberapa daftar oleh-oleh khas Sumbawa yang recommended untuk dibawa pulang. Semoga bermanfaat!

Tag : #wisata sumbawa    #sumbawa    #travel    #tempat wisata    #kuliner sumbawa    #NTB    #lombok   

Baca Juga