Oleh-oleh khas Temanggung/ Ketan Gudig, foto: Java Travel

10 Oleh-oleh Khas Temanggung Paling Diburu Wisatawan

Wanovy | Travel | 16-09-2022

PARBOABOA, Temanggung - Temanggung terkenal memiliki beragam jajanan lezat yang bisa kamu jadikan buah tangan. Inilah daftar oleh-oleh khas Kota Perwira Temanggung yang paling diburu wisatawan.

Temanggung merupakan salah satu daerah di Jawa Tengah yang kian banyak dikunjungi wisatawan.

Hal ini dikarenakan, Temanggung merupakan pemilik kawasan wisata Dieng yang sedang populer di berbagai kalangan. Dan masih banyak tempat wisata menarik lainnya yang bisa kamu kunjungi disini.

Selain memiliki kekayaan dan pesona wisata, kota yang satu ini juga memiliki keragaman kuliner yang wajib dicoba.

Sebelum pulang dari Kota Temanggung, ada baiknya untuk membawa serta beragam jenis oleh-oleh khas, sebagai berikut.

1. Ketan Gudig

Kudapan manis yang terbuat dari beras ketan ini sering disajikan masyarakat Temanggung untuk jamuan pada pesta atau acara hajatan.

Namun, sekarang ketan guding menjadi salah satu oleh-oleh khas Temanggung yang wajib dibeli saat berkunjung ke Kota ini.

Ketan guding merupakan kuliner Temanggung yang memiliki tampilan khas layaknya kulit yang terkena guding yakni bentol-bentol.

Motif tersebut terbentuk karena adanya campuran kacang delandang pada adonan beras ketan.

2. Tiwul

Tiwul mungkin mudah dijumpai di pulau Jawa. Panganan berbahan dasar singkong ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Temanggung.

Tepung singkong yang sudah disiapkan akan ditambah air dan diuleni hingga bentuknya menjadi butir-butir yang lebih kecil.

Adonan tiwul dimasak dengan cara direbus hingga matang dan teksturnya kenyal. Tiwul biasanya disajikan dengan parutan kelapa.

Sedangkan untuk oleh-oleh yang bisa dibawa pulang adalah tiwul instan yang lebih praktis.

3. Ndas Borok

Jangan tertipu dengan namanya. Meskipun namanya terdengar vulgar dan menakutkan, tetapi rasanya sangat lezat.

Makanan khas Temanggung ini punya cita rasa yang nikmat. Makanan ini terbuat dari bahan dasar singkong, kelapa parut dan gula merah cair.

Makanan ini bisa mengenyangkan perutmu. Selain mudah ditemukan, Ndas Borok menjadi hal wajib untuk dijadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Temanggung.

4. Bajingan

Jangan marah ketika mendengar kata bajingan saat mencari oleh-oleh di Temanggung. Sebab ada makanan tradisional di Temanggung yang bernama Bajingan. Ini juga makanan khas Temanggung yang terbuat dari singkong.

Singkong dipotong kecil-kecil, lalu direbus. Setelah itu, potongan singkong rebus diberi cairan gula merah. Rasanya manis dan mantap.

5. Lethok

Jika dilihat sekilas, Lethok merupakan oleh-oleh khas Temanggung yang seperti perkedel. Namun tetap saja beda.

Lethok juga merupakan olahan kuliner yang berbahan dasar singkong. Lethok dapat menjadi teman hidangan kamu saat menyantap nasi.

6. Balung Kuwuk

Di rekomendasi oleh-oleh Temanggung keempat ada  Balung Luwuk. Balungn Kuwuk merupakan olahan seperti keripik yang terbuat dari singkong yang diiris-iris menjadi tipis tetapi dijemur dahulu sebelum diberi bumbu-bumbu khas lalu digoreng dan menjadi camilan yang khas.

7. Mendut

Mendut khas Temanggung merupakan makanan yang terbuat dari ketela, dan diberi gula jawa sebagai isiannya.

Biasanya, Mendut di daerah lain menggunakan tepung ketan, tetapi beda dengan makanan tradisional khas Temanggung ini.

Rasanya yang manis dan khas, membuat Mendut khas Temanggung menjadi salah satu makanan favorit di sini.

8. Lento

Lento merupakan makanan tradisional yang sering dijumpai di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Temanggung.

Makanan yang bisa kamu jadikan oleh-oleh khas Temanggung ini terbuat dari parutan singkong, kacang, kelapa, dan tepung sagu. Lento dapat dibuat dengan kacang kedelai ataupun kacang hijau sesuai dengan keinginan.

Adonan Lento dibentuk bulat-bulat dan memiliki tekstur yang kering di luar dan lembut di dalam.

Lento khas Temanggung memiliki rasa yang gurih dan cocok untuk dijadikan sebagai camilan. Lento bisa ditemukan di toko oleh-oleh di Kabupaten Temanggung jika kamu ingin membawanya sebagai buah tangan.

9. Kopi Robusta Gesing

Temanggung merupakan daerah penghasil kopi terbesar di Jawa Tengah. Salah satu penghasil kopi robusta terbesar di Temanggung adalah Desa Gesing.

Desa ini terletak 8 km dari pusat kota Temanggung. Desa Gesing memiliki perkebunan kopi robusta yang luas dengan kualitas terbaik. Kopi dari Desa Gesing pernah menyandang juara 1 Robusta tingkat Nasional.

10. Entho Cothot

Entho Cothot merupakan salah satu cemilan khas Temanggung yang terbuat dari bahan dasar singkong yang dikupas dan direbus sampai lunak, kemudian ditumbuk.

Setelah itu adonan dibentuk bulat sebesar kepalan tangan, kemudian digoreng hingga matang. Rasa yang dihasilkan dari Entho Cothot ini manis dan gurih.

Entho Cothot biasanya diisi gula aren, sehingga terdapat rasa manis ketika menggigitnya. Makanan bernama unik satu ini berasal dari Kandangan, sisi utara Kabupaten Temanggung.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi oleh-oleh khas Temanggung yang wajib kamu bawa jika pulang dari Kota ini.

Tag : #wisata temanggung    #temanggung    #travel    #kuliner temanggung    #jawa tengah   

Baca Juga