Ilustrasi batu ginjal (dok KlikDokter)

Penyebab Batu Ginjal Yang Harus Dihindari

Rini | Kesehatan | 04-03-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar - Ginjal merupakan organ tubuh yang berfungsi untuk penyaringan darah, membuang racun, mengendalikan jumlah air di dalam tubuh dan mengeluarkannya melalui urine. Ginjal termasuk dalam organ vital dalam kehidupan. Oeh karena itu ginjal ini harus selalu dijaga kesehatannya, agar terhindar dari sejumlah penyakit.

Salah satu penyakit yang kerap terjadi di ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal adalah pembentukan material keras hingga menyerupai batu di dalam ginjal. Jika batu dalam ginjal membesar, maka akan menimbulkan rasa sakit sangat parah yang muncul secara tiba-tiba.

Dalam pembahasan kali ini, akan dibahas secara lengkap mengenai pengertian, penyebab, ciri-ciri, gejala, hingga cara untuk mencegah batu ginjal ini. Jadi jangan sampai ketinggalan informasinya.

Pengertian Batu Ginjal

Batu ginjal ini merupakan pengendapan zat kimia dan garam yang akhirnya membentuk kristal (batu). Adapun zat kimia yang dapat menyebabkan batu ginjal ini diantaranya asam oksalat dan kalsium.

Masalah kesehatan ini bisa muncul di sepanjang saluran urine. Mulai dari ginjal, ureter yang merupakan saluran kemih yang bertugas membawa urine dari ginjal menuju ke bagian kandung kemih, kandung kemih, hingga uretra atau saluran kemih yang bertugas membawa urine menuju ke luar tubuh.

Penyebab Batu Ginjal

Ada banyak faktor penyebab batu ginjal. Namun faktor yang paling mempengaruhi yaitu konsumsi makanan yang mengandung protein, gula dan garam yang tinggi. Selain itu, batu ginjal juga bisa disebabkan faktor keturunan, obesitas, dan kurang minum.

Ukuran batu ginjal bervariasi dari yang kecil hingga yang besar. Ada Batu ginjal yang berukuran kecil, seperti sebesar butiran pasir dan ada juga batu ginjal dengan ukuran besar. Ukuran batu ginjal kecil bisa keluar dari urine, sedangkan batu ginjal besar dapat menyebabkan iritasi saluran kemih dan memicu komplikasi.

Gejala Batu Ginjal

Batu ginjal biasanya tidak akan menimbulkan gejala sampai batu itu bergerak di dalam ginjal atau masuk ke ureter, yakni saluran yang menghubungkan ginjal dan kandung kemih.

Jika tersangkut di ureter, itu dapat menghalangi aliran urin dan menyebabkan ginjal membengkak dan ureter kejang, dan bisa sangat menyakitkan.

Ada beberapa gejala yang akan dirasakan penderitanya yaitu:

- Nyeri pada bagian samping, belakang, dan bawah tulang rusuk.

- Nyeri perut bagian bawah dan selangkangan.

- Sensasi terbakar dan rasa sakit saat buang air kecil

- Perubahan warna urine

- Kencing berdarah

- Mual dan muntah-muntah.

- Intensitas buang air kecil meningkat

- Jumlah urine yang keluar sedikit atau urine tidak keluar sama sekali.

Cara Mencegah Batu Ginjal

Faktor hidup sehat sangat diperlukan untuk mencegah batu ginjal ini. Ada beberapa langkah pencegahan yang dapat dilakukan diantaranya:

- Konsumsi air  putih yang cukup setiap hari

- Kurangi konsumsi garam

- Kurangi konsumsi makanan yang mengandung oksalat tinggi seperti cokelat, almond, dan produk kedelai.

- Kurangi konsumsi kalsium

- Menjaga berat badan

Pengobatan Batu Ginjal

Jika batu ginjal di dalam tubuh seorang penderita terlanjur membesar dan telah menyebabkan rasa sakit yang parah, maka pengobatan akan dilakukan sesuai dengan kondisi pasien.

Dalam kasus ketika batu ginjal cukup kecil, penanganan batu ginjal ini dilakukan dengan minum banyak air dan obat-obatan untuk memecah batu ginjal. Namun, jika batu terlalu besar, perawatan bedah diperlukan untuk meghilangkan batu ginjal.

Komplikasi Akibat Batu Ginjal

Komplikasi dari penyakit batu ginjal bisa terjadi ketika ukuran dari batu ginjal semakin bertambah besar. Hal tersebut bisa mengakibatkan terhambatnya aliran urin dan menyebabkan sejumlah komplikasi diantaranya:

- Obstruksi ureter.

- Perdarahan saat berkemih (akibat keluarnya batu pada ureter).

- Infeksi yang menyebar ke seluruh tubuh melalui aliran darah (bakteremia).

- Infeksi ginjal.

- Kerusakan ginjal permanen, bila ukuran batu ginjal amat besar hingga menghambat aliran urine.

Itu dia pembahasan lengkap mengenai batu ginjal. jika mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas, segera periksakan diri ke rumah sakit, agar penanganan dapat dilakukan segera.

Tag : #gaya hidup sehat    #batu ginjal    #penyakit    #pencegahan penyakit    #kesehatan   

Baca Juga