Urawa Red Diamonds Berhasil Menjuarai Piala Kaisar 2021 (Foto: J-League)

Perjalanan Urawa Red Diamond Menjuarai Piala Kaisar 2021

Michael | Sepakbola | 27-12-2021

Parboaboa.com – Urawa Red Diamonds, berhasil menjadi juara Piala Kaisar Emperor’s Cup 2021. Kepastian tersebut didapatkan setelah pada pertandingan final mengalahkan Oita Trinita, Minggu (19/12/2021).

Ataru Esaka, membuka keunggulan Urawa Red, ketika pertandingan baru berjalan dua menit. Akan tetapi, Oita Trinita, mampu menyamakan kedudukan melalui Matheus Pereira, pada menit ke-90.

Gol kemenangan Urawa Red baru tercipta pada menit ketiga perpanjangan waktu babak kedua lewat pemain pengganti, Tomoaki Makino. Bagi pemain berusia 34 tahun tersebut, ini menjadi gol perpisahan yang sudah delapan musim di Urawa Red dan akan pindah ke Vissel Kobe musim depan.

Musim ini, Urawa Red masuk ke Piala Kaisar di babak kedua dan berhasil menang 1-0 melawan Kataller Toyama, klub J3 League wakil dari Prefektur Toyama.

Selanjutnya di babak ketiga, Urawa Red kembali menang 1-0, kali ini melawan SC Sagamihara, wakil dari J2 League. Babak keempat, Urawa Red masih berhasil meraih kemenangan 1-0 kembali melawan tim divisi dua, kali ini bertanding dengan Kyoto Sanga.

Diperempat final, Urawa Red berhasil menang 2-0 di rumah sesama tim J1 League, Gamba Osaka, sebelum kemudian kembali menang 2-0 melawan Cerezo Osaka di babak semifinal dan masuk ke partai final.

Kemenangan di Piala Kaisar membuat Urawa Red meraih satu tiket ke babak grup Liga Champion Asia musim depan. Sebelumnya mereka gagal mendapatkan tiket melalui jalur liga karena musim ini hanya finis di posisi keenam klasemen akhir Meiji Yasuda J1 League.

Bagi Urawa Red, ini bukan kali pertama mereka menjadi juara di ajang yang sudah digelar sejak 1921 tersebut. Total, mereka kini sudah delapan kali jadi juara dan empat kali jadi runner-up.

Empat gelar berhasil mereka raih saat masih jadi tim amatir bernama Mitsubishi, karena memang mereka klub bentukan perusahaan Mitsubishi. Saat itu mereka juara pada 1971, 1973, 1978, dan 1980.

Setelah berubah jadi klub profesional dan berubah nama jadi Urawa Red, mereka juga empat kali juara. Sebelum tahun ini, Red Devils juara pada tahun 2005, 2006, dan 2018 lalu.

Sepanjang sejarah, koleksi delapan gelar Urawa Red Diamonds adalah yang terbanyak kedua. Mereka hanya kalah dari Universitas Keio yang mengoleksi sembilan gelar. Meski begitu, mereka kali terakhir juara pada tahun 1956.

Di bawah Urawa Red, ada Yokohama F. Marinos dan Universitas Kwansei yang sama-sama mengoleksi tujuh gelar Piala Kaisar. Universitas Waseda adalah juara terakhir Piala Kaisar yang merupakan bukan tim dari Liga Jepang, saat juara pada 1966.

Sedangkan juara yang bukan berasal dari kasta teratas Liga Jepang terakhir kali terjadi pada 2011. Saat itu dua tim kasta kedua, F.C.Tokyo dan Kyoto Sanga, bertemu di final dengan F.C.Tokyo jadi juara.

Berikut daftar pemenang terbanyak Piala Kaisar Jepang sepanjang sejarah:

  • 9 gelar - Universitas Keio
  • 8 gelar - Urawa Red Diamonds
  • 7 gelar - Yokohama F. Marinos, Universitas Kwansei
  • 5 gelar - Gamba Osaka, Kashima Antlers, Tokyo Verdy
  • 4 gelar - Cerezo Osaka, JEF United Chiba, Universitas Waseda
  • 3 gelar - Sanfrecce Hiroshima, Shonan Bellmare, Kashiwa Reysol, Universitas Tokyo
  • 2 gelar - Universitas Chuo, Jubilo Iwata, Nagoya Grampus, Yokohama Flugels, Rijo Shukyu
     
Tag : #urawa red diamond    #j league    #piala kaisar    #berita bola    #sepak bola   

Baca Juga