Profil dan biodata Ayana Jihye Moon (Foto: Instagram/@xolovelyayana)

Profil dan Biodata Ayana Jihye Moon, Selebgram Asal Korea yang Disorot Karena Tampil Tanpa Hijab di Korea

Andre | Biografi | 21-07-2022

PARBOABOA – Berikut ini adalah profil dan biodata Ayana Jihye Moon, selebgram mualaf asal Korea Selatan yang baru-baru ini menjadi sorotan perihal bergaya tanpa hijab saat foto dengan sang adik.

Ayana Jihye Moon atau yang lebih dikenal Ayana Moon merupakan seorang selebriti internet dan model berkebangsaan Korea Selatan yang memutuskan untuk mualaf pada tahun 2012.

Wanita yang besar di Asia Timur ini memutuskan untuk masuk Islam karena ketertarikannya pada Timur Tengah.

Untuk mengenalnya lebih jauh, yuk simak profil dan biodata Ayana Moon lengkap dengan keluarga, kekasih, hingga perjalanan karirnya berikut ini.

Profil Ayana Jihye Moon

Ayana Moon (Instagram/@xolovelyayana)

Ayana Moon lahir dengan nama asli Moon Ji Hye pada 28 Desember 1995 di Korea Selatan. Ia memiliki seorang ibu bernama Cara Kim dan adik bernama Aydin Seongwook Moon.

Dalam keluarga besarnya, Ayana merupakan cucu pertama. Ia memiliki seorang paman dan kakek yang sering bepergian ke negara bermayoritas penduduk muslim.

Diketahui Ayana menempuh pendidikan Ilmu Komunikasi di Universitas di Malaysia.

Saat berusia tujuh atau delapan tahun, ibunya sempat mengandung calon adiknya, namun karena sibuk dalam bekerja, adiknya gugur dalam kandungan ibunya.

Ayana tumbuh besar di keluarga kelas menengah atas dengan pandangan politik bersifat konsevatif, sedangkan ibunya lebih liberal.

Biodata Ayana Moon

(Instagram/@xolovelyayana)
  • Nama Lengkap: Ayana Jihye Moon
  • Nama Panggung: Ayana Jihye Moon / Ayana Moon
  • Nama Panggilan: Ayana
  • Tempat Tanggal Lahir: Korea Selatan, 28 Desember 1995
  • Umur: 26 tahun
  • Kewarganegaraan: Korea Selatan
  • Pendidikan: Ilmu Komunikasi, di Islamic University Malaysia
  • Agama: Islam
  • Tinggi: 175 cm
  • Ibu: Kara Kim
  • Saudara: Aydin Moon (Adik)
  • Pacar: –
  • Profesi: Selebgram, Model, YouTuber, Penulis
  • Hobi: Membaca, Traveling, Menulis
  • Instagram: @xolovelyayana
  • TikTok: –
  • YouTube: Ayana Moon

Perjalanan Karier

(Instagram/@xolovelyayana)

Sebenarnya, Ayana memiliki orangtua yang berkecukupan, semua hal yang diinginkan wanita ini bisa dengan mudah didapatnya dengan bantuan orangtua dari sisi finansial.

Namun, setelah memutuskan menjadi seorang mualaf, orangtuanya memutuskan untuk menghentikan dukungan finansial kepadanya.

Bahkan ketika masih SMA, ia harus melakukan banyak pekerjaan samping di Korea Selatan, seperti menjadi guru les matematika, menjual ikan kering di pasar, part-time di restoran, dan lain sebagainya.

Karena dirinya adalah sosok siswa teladan, ia berhasil mendapat beasiswa penuh dan Mesir adalah negara pertama yang menurutnya tepat untuk belajar Islam. Karena kodisi politik saat itu, ia mutuskan untuk pindah ke Malaysia pada tahun 2017.

Sejak tinggal di Malaysia, Ayana Moon dikenal sebagai influencer karena kisahnya sebagai mualaf asal Korea Selatan.

Kala itu, ia sempat bekerja di sebuah brand fashion Malaysia. Saking kekurangan uang, ia bahkan menyempatkan diri untuk melakukan pekerjaan paruh waktu lainnya.

Sekitar satu tahun berada di Malaysia, ia beralih ke Indonesia pada 2018 untuk berlibur sekaligus bekerja sebagai model.

Dari situ, Ayana menyadari tentang potensi yang dimilikinya dan sangat memungkinkan untuk dikembangkannya. Sebagai selebgram hijab, ia pun aktif berkolaborasi dengan brand hijab di Indonesia yang membuat wajah semakin terpampang di mana-mana.

Ia juga pernah bermain film bertajuk 99 Nama Cinta pada tahun 2019. Tak hanya itu, Ayana juga merambah ke dunia YouTube yang saat ini sudah mencapai 650 ribu pelanggan.

Tak berhenti di situ, ia juga tampaknya tidak menyia-nyiakan perjalanan hidupnya menjadi seorang mualaf dan menuangkan kisahnya dalam sebuah buku bertajuk Ayana Journey to Islam pada 2020.

Berdasarkan biodata Ayana Jihye Moon, ia kini masih menjadi brand ambassador dari sebuah produk kecantikan dan bintang produk minuman sejak 2018.

Berkat kisah hijrahnya yang banyak menginspirasi, wanita berumur 26 tahun ini sukses menjadi selebgram hijab dengan jumlah pengikut mencapai 3,6 juta di akun Instagramnya.

Fakta Menarik Ayana Moon

Ayana Moon bersama dengan sang adik yang tengah mengikuti wamil di Korea Selatan (Instagram/@xolovelyayana)

1. Mualaf Sejak SMA

Biodata Ayana Moon mengungkapkan dirinya sudah mualaf sejak tahun 2012, dan kala itu ia masih duduk di bangku SMA.

2. Sosok Kakek dan Paman di Balik Perjalanan Mualaf

Ketertarikan Ayana Moon terhadap Islam dimulai saat paman dan kakeknya sering menceritakan pengalaman mereka ketika berkunjung ke negara-negara yang mayoritas penduduk muslim. Terlebih, saat mereka bercerita tentang perempuan-perempuan muslim dan hijab.

Itu adalah kali pertama dalam hidup Ayana mempunyai kesadaran tentang konsep agama. Semakin banyak kakek dan pamannya bercerita, semakin besar pula rasa penasaran wanita cantik ini untuk mengetahui budaya Islam.

Ia bahkan mencoba membaca buku, menonton berita atau dokumenter, hingga browsing di Internet seputar budaya Islam.

3. Sempat Ditentang Keluarga

Langkah Ayana Moon memutuskan untuk hijrah awalnya mendapat pertentangan dari pihak keluarga.

Keluarganya khawatir Ayana harus melepas banyak hal demi milih keyakinan sebagai seorang Muslimah.

"Aku bisa mendapatkan prestasi yang baik dan masa depanku terlihat cerah. Tapi di Korea, ketika aku memutuskan masuk Islam, aku bisa kehilangan segalanya," ucap Ayana sebagaimana dikutip dari wolipop.

Namun, sikap penolakan tersebut kini sudah mulai melembut. Bahkan sang adik, Aydin Seong Wook Moon juga telah mengikuti jejaknya sebagai seorang mualaf di tahun 2019.

Selain itu, postingan Ayana di Instagram juga sering menampilkan sang Ibu yang beberapa kali menemani aktivitasnya.

4. Bukan Mantan Idol

Sejak kemunculannya di layar kaca Indonesia, banyak yang menyebut jika Ayana adalah mantan anggota girlband K-pop, 5 Dolls (F-VE Dolls).

Namun, kabar tersebut ditepis oleh Ayana Moon ketika menjadi bintang tamu di acara Hitam Putih. Jadi, dia bukan seorang idol ya, guys!

5. Cantik Alami

Kecantikan Ayana Moon sempat diragukan, banyak penggemar yang bertanya perihal kecantikannya asli atau hasil operasi plastik.

Namun Ayana dengan tegas mengatakan bahwa dirinya sama sekali tidak pernah melakukan operasi kecantikan dan semua yang dimilikinya adalah alami.

Demikian informasi seputar profil dan biodata Ayana Jihye Moon, selebgram mualaf asal Korea Selatan yang kini menjadi sosok inspiratif bagi Muslimah di tanah air.

Tag : #ayana jihye moon    #selebgram    #biografi    #biodata ayana moon    #mualaf   

Baca Juga