Profil dan Biodata Lengkap Asnawi Mangkualam (Foto: Goal.com)

Profil dan Biodata Lengkap Asnawi Mangkualam, Pemain Asal Makassar Yang Bermain Di Korea

Michael | Sepakbola | 29-12-2021

Parboaboa.com – Simak profil dan biodata lengkap Asnawi Mangkualam, Pemain Asal Makassar yang bermain di Korea.

Asnawi Mangkualam, menjadi kapten Timnas Indonesia sejak pertandingan melawan Vietnam di pekan ke-3 babak fase grup Piala AFF 2020. Ia dipercaya pelatih Shin Tae-Yong memimpin rekan-rekannya dalam beberapa pertandingan terakhir, termasuk dua pertandingan terakhir melawan Singapura di babak semi-final.

Asnawi sendiri bermain diposisi bek kanan dan selama pergelaran Piala AFF 2020, dirinya tidak pernah tergantikan dalam skuad asuhan Shin Tae-Yong tersebut. Ia juga berhasil mencetak satu gol dan satu assist dari 6 pertandingan yang dimainkannya. 

Nama Asnawi Mangkualam menjadi trending di Twitter berkat aksi provokatifnya terhadap pemain Singapura, Faris Ramli, yang gagal mengesekusi tendangan penalti dimenit-menit akhir pertandingan.

Asnawi sendiri merupakan salah satu pemain muda Indonesia yang saat ini berkarier di luar negeri, yakni bermain bersama Ansan Greeners yang tampil di divisi kedua Liga Korea Selatan (K-League 2).

Pesepakbola kelahiran Makassar 4 Oktober 1999, berhasil menjadi pemain terbaik K-League 2 2021 periode April 2021. Pencapaian yang diraih Asnawi membuat beberapa media menjulukinya sebagai Park Ji Sungnya Indonesia.

Hal ini didasari atas kemampuan Asnawi yang mengingatkan akan legenda Manchester United dari Korea Selatan, Park Ji Sung.

Kekuatan fisiknya dalam berlari, menghalau bola, mengendalikan permainan serta membantu penyerangan membuat dirinya semakin layak mendapatkan julukan tersebut.

Saat ini, Asnawi sedang berjuang memperebutkan Piala AFF 2020 melawan Thailand di pertandingan final yang akan berlangsung, Rabu (29/12/2021) serta Sabtu (01/01/2022).

Mari kita doakan agar Asnawi dan kawan-kawan mampu memberikan kado tahun baru yang terbaik buat masyarakat Indonesia dengan memenangkan pertandingan final Piala AFF 2020 ini.

Berikut ini Parboaboa akan memberikan profil dan biodata lengkap Asnawi Mangkualam, pemain asal Makassar yang bermain di Korea.

Profil lengkap Asnawi Mangkualam

Asnawi Mangkualam Bahar lahir di Makassar, 4 Oktober 1999 dan saat ini bermain untuk tim Ansan Greeners di divisi 2 Liga Korea (K-League 2).

Meski bermain di posisi bek kanan, awalnya Asnawi merupakan pemain gelandang bertahan. Posisi ini sudah ia mainkan sejak menjadi pemain profesional.

Perubahan posisi ini terjadi di kejuaraan Piala AFF U-22 pada tahun 2019. Saat itu, pelatih Indra Sjafri menaruh Asnawi bermain di posisi bek kanan. Ternyata, Asnawi mampu bermain gemilang, hal ini pun membuat dirinya hingga saat ini bermain di posisi tersebut.

Asnawi merupakan anak dari pasangan Bahar Muharram (Ayah) dan Fatmawati Rasak (Ibu). Diketahui, ayah dari Asnawi Mangkualam merupakan seorang legenda PSM Makassar. Ia juga memiliki dua saudara yakni Fiqih Syali dan Nur Ikrar Bahar.

Asnawi memulai karier juniornya bersama tim muda PSM Makassar pada tahun 2014 hingga 2015, kemudian ia juga bergabung dengan tim PON Sulsel yang akan bertanding di PON Ke-19 pada tahun 2016.

Setelah bermain cukup baik di tim muda PSM Makassar dan tim PON Sulsel. Asnawi memutuskan untuk memulai karier profesionalnya dengan bergabung dengan salah satu klub Liga 1, Persiba Balikpapan.

Asnawi bermain selama satu tahun di Persiba, sebelum akhirnya dipulangkan kembali ke PSM Makassar pada tahun 2017. Tercatat, Asnawi membela PSM Makassar selama 4 tahun (2017-2021) dan berhasil menciptakan 44 penampilan dan raihan 2 gol.

Setelah cukup lama bermain untuk PSM Makassar, Asnawi memutuskan untuk tidak memperpanjang kontraknya disana dan memilih untuk bergabung dengan salah satu klub divisi dua Liga Korea (K-League 2), Ansan Greeners. Saat ini, Asnawi tercatat melakukan 14 penampilan.

Sementara itu, Asnawi memulai karier Internasional dengan Indonesia, setelah bergabung dengan Timnas Indonesia U-19 di tahun 2018. 

Kiprahnya bersama Timnas U-19 cukup bagus. Sayang, Asnawi Gagal membawa Indonesia U-19 menjadi juara.

Setelah bermain bersama U-19 selama dua tahun, Asnawi pun masuk kedalam skuad Timnas U-22 di Piala AFF U-22 yang digelar di Kamboja. Hasilnya sangat memuaskan, Asnawi berhasil menjadi pilihan di posisi bek kanan dan membawa Timnas U-22 Indonesia menjadi Juara.

Selanjutnya di SEA Games, Asnawi harus puas mendapatkan medali perak setelah dikalahkan Vietnam 3-0 di pertandingan final.

Sementara Itu, Asnawi mendapatkan panggilan untuk bermain di Timnas Indonesia Senior saat dilatih oleh Luis Milla. Ia pun melakukan debut senior pada 21 Maret 2017 saat Indonesia melawan Myanmar.

Dalam pertandingan itu, Asnawi menjadi pemain termuda yang bisa debut untuk Timnas Indonesia, tepatnya ketika masih berusia 17 tahun 167 hari.

Demikan profil lengkap Asnawi Mangkualam Bahar, selanjutnya ada biodata lengkap yang akan memberikan informasi pribadi tentang Asnawi Mangkualam.

Biodata Lengkap Asnawi Mangkualam

  • Nama lengkap: Asnawi Mangkualam Bahar
  • Nama panggilan: Asnawi
  • T.T.L: Makassar, 4 Oktober 1999
  • Usia: 22 tahun
  • Tinggi badan: 170 cm
  • Posisi: Bek Kanan, Gelandang Bertahan
  • Zodiak: Libra
  • Agama: Islam
  • Nama Ayah: Bahar Muharram
  • Nama Ibu: Fatmawati Rasak
  • Saudara: Fiqih Syali, Nur Ikrar Bahar
  • Klub Saat Ini: Ansan Greeners
  • Nomor Punggung Klub: 41
  • Nomor Punggung Timnas: 14
  • Klub Sebelumnya: Persiba Balikpapan, PSM Makassar
  • Pasangan: Jomblo, pernah menjalin hubungan dengan Zhadela Putri
  • Instagram: @asnawi_bhr
  • Karier Junior:
  1. PSM Makassar (2014-2015)
  2. PON Sulses (2015-2016)
  • Karier Senior:
  1. Persiba Balikpapan (2016-2017) – 8 penampilan, 2 gol
  2. PSM Makassar (2017-2021) – 44 penampilan, 2 gol
  3. Ansan Greeners (2021-sekarang) – 14 penampilan, 0 gol
  • Karier Timnas:
  1. Indonesia U-17 (2013) – 7 penampilan, 0 gol
  2. Indonesia U-19 (2016-2018) – 16 penampilan, 0 gol
  3. Indonesia U-23 (2017-sekarang) – 28 penampilan, 2 gol
  4. Indonesia Senior (2017-sekarang) – 13 penampilan, 1 gol

Demikan biodata lengkap Asnawi Mangkualam Bahar yang telah Parboaboa rangkum dari berbagai sumber terpercaya.
 

Tag : #asnawi mangkualam    #profil pemain sepak bola    #biodata pemain sepak bola    #timnas indonesia    #piala aff 2020   

Baca Juga