Resep Ayam Geprek, Pedasnya Dijamin Bikin Nagih

Resep Ayam Geprek, Pedasnya Dijamin Bikin Nagih

Sondang | Selera Nusantara | 30-11-2021

PARBOABOA, Siantar – Daging ayam merupakan salah satu bahan pangan yang memiiliki beragam jenis olahan. Salah satu olahan daging ayam yang populer adalah ayam geprek. Ayam geprek ini disajikan dengan sambal pedas dan sangat mantap bila dimakan dengan nasi panas.

Bahan yang dibutuhkan:

- 1 kg ayam

- 500 gr tepung terigu

- 5 sdm maizena

- 1 butir telur

- 4 siung bawang putih, cincang halus

- ½ buah jeruk nipis

- 1 sdt baking powder

- Kaldu bubuk secukupnya

- Garam secukupnya

- Gula secukupnya

Bumbu halus:

- 20 biji cabai rawit

- 10 biji cabai merah

- 2 siung bawang putih

Cara pembuatan:

1. Cuci bersih ayam dan potong-potong menjadi beberapa bagian dengan besarnya sesuai selera. Kemudian beri taburan bawang putih sedikit dan perasan jeruk nipis lalu aduk hingga merata. Diamkan selama 30.

2. Siapkan dua mangkok besar. Pada mangkok pertama, masukkan telur dan tepung terigu. Kemudian tambahkan air dan aduk hingga rata, sisihkan.

3. Pada mangkok kedua, tuang 250 tepung terigu, bawang putih, baking powder, garam dan penyedap jamur secukupnya. Aduk hingga rata, sisihkan.

4. Panaskan minyak di atas wajan dengan api sedang. Ambil ayam kemudian celupkan ke mangkok pertama dilanjut ke mangkok kedua lalu goreng hingga berubah kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Lakukan berulang-ulang hingga semua ayam digoreng.

5. Untuk membuat sambal, blender kasar semua bahan dan masukkan ke dalam mangkok. Kemudian panaskan minyak secukupnya dan siram ke dalam sambal. Tambahkan garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya. Aduk rata dan koreksi rasa.

6. Tata ayam di atas piring, kemudian geprek menggunakan batu ulekan. Lalu siram sambal di atas ayam. Makanan siap disajikan.

Tag : #ayam geprek    #resep ayam geprek    #cara membuat ayam geprek    #sambal ayam geprek   

Baca Juga