Salah satu keluarga korban yang keracunan ikan buntal. Foto : Istimewa

Satu Keluarga yang ada di Lembata Keracunan akibat makan Ikan Buntal

Martha | Nasional | 17-12-2021

PARBOABOA, Lembata – Akibat mengonsumsi ikan buntal satu keluarga yang ada di Lembatan Desa Tagawiti, Kecamatan Ile Ape, NTT keracunan. Akibatnya sepasang suami istri meninggal dunia, Bedil Pureklolon (60) dan Maria Barek (60) pada, Kamis (16/12/21) Siang.

Sementara itu tiga anggota keluarga nya harus dilarikan ke RSUD Lewoleba untuk mendapatkan perawatan yang intensif walaupun sudah mendapatkan perawatan tapi ketiga nya masih dalam keadaan lemas.

“Satu keluarga memakan ikan buntal, namun setelah makan mereka merasa ada gejala lain. sepasang suami istri itu meninggal sebelum ke rumah sakit, sedang ketiganya sekarang berada di UGD,” ujar keluarga korban, Hermanto pada awak media.

Herman pun menjelaskan, awalnya satu keluarga itu sedang bekerja kebun. Namun sewaktu makan siang mereka sama-sama memakan ikan buntal tesebut sebagai lauknya.

“Satu keluarga itu sempat datang ke Pukesmas Waikupang, Kecamatan Ile Ape, namun akhirnya dirujuk ke RSUD Lewoleba,” kata Kepala Pukesmas, Magaretha Ose Making.

Sementara Direktur RSUD Lewoleba, Bernardus Yoseph pernyataan yang ia berikan berbeda ketika dihubungi oleh media.

Ia menuturkan, sebenarnya ada delapan orang yang mengonsumsi ikan buntal, akan tetapi hanya dua orang yang meninggal yakni Bedil dan Maria. Tiga orang sudah bisa dipulangkan, sementara tiga lagi masih dalam penanganan.

Tag : #keracunan    #ikan buntal    #lembata   

Baca Juga