Sayuran yang mampu menurunkan kolesterol (Parboaboa)

Kolesterol Naik Usai Menyantap Daging Kurban? Sayuran ini Mampu Menetralkannya

Sari | Kesehatan | 12-07-2022

PARBOABOA, Pematangsiantar – Moment Idul Adha ditandai dengan penyembelihan hewan kurban. Banyak mengonsumsi olahan daging bisa membuat kadar kolesterol dalam darah meningkat. Hati-hati, kolesterol LDL bisa menyebabkan serangan jantung dan stroke.

Langkah preventif yang bisa Anda lakukan untuk menurunkan kolesterol adalah dengan mengonsumsi minuman penurun kolesterol atau dengan mengonsumsi beberapa jenis sayuran.

Berikut ini Parboaboa sudah menyiapkan informasi sayuran yang harus Anda coba untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

Sayuran Penurun Kolesterol

1. Bayam

Bayam adalah jenis sayuran yang memiliki serat untuk mengeluarkan kolesterol dalam tubuh. Sayuran ini mengandung vitamin, mineral, dan nutrisi yang diperlukan. Apalagi dengan jenis sayuran bayam merah, sayuran in mengandung bitamin E, A, C, B, asam folat, kalsium, sodium, magnesium, dan iodin.

Namun, sebuah penelitian menunjukkan, seseorang yang memiliki riwayat penyakit asam urat, sebaiknya menghindari mengonsumsi bayam merah, karena sayuran ini mengandung kadar purin yang tinggi.

2. Kacang Panjang

Sayuran yang mampu menurunkan kolesterol berikutnya adalah kacang panjang. Jenis sayuran ini memiliki serat tinggi, maka tak jarang seseorang yang sedang menjalani program diet, akan mengganti daging dengan kacang panjang.

3. Asparagus

Asparagus adalah sayuran yang mengandung vitamin, mineral, serat, dan nutrisi yang dapat menjaga kesehatan jantung. Sayuran ini juga kaya akan folat yang mampu menurunkan kadar homosistein dalam tubuh. Tak hanya itu, sayuran ini mengurangi risiko penyakit jantung.

4. Daun Kemangi

Anda pasti sering kali menemukan daun kemangi dalam hidangan ayam bakar. Jenis sayuran ini bisa membantu Anda menurunkan kolesterol dan trigliserida pasca menyantap ayam bakar atau olahan daging lainnya. Setelah Anda mengonsumsi sayuran ini, maka aliran darah dan pembuluh otot menjadi lebih rileks.

5. Brokoli

Brokoli merupakan sayuran yang dipercaya mampu menurunkan kolesterol. Tak hanya memiliki rasa yang lezat, sayuran ini juga kaya akan nutrisi yang dapat menyehatkan jantung dan mengelolah kadar kolesterol tetap stabil.

6. Okra

Okra adalah sayuran yang mirip dengan terong. Sayuran ini rendah kalori dan kaya akan serat. Setelah Anda mengonsumsi okra, jantung Anda akan semakin sehat. Tak hanya itu, sumber polifenol, mampu melawan peradangan secara alami untuk Anda yang sedang menjalani diet.

Mungkin meningkatnya kadar kolesterol dalam darah tidak langsung berdampak terhadap kesehatan. Namun, jika dibiarkan di kemudian hari bisa saja kesehatan Anda semakin memburuk. Oleh karena itu, menjaga kesehatan sangatlah penting, salah satu caranya dengan rajin makan sayur.

Tag : #sayuran penurun kolesterol    #idul adha    #kesehatan    #cara mengatasi kolesterol tinggi    #manfaat bayam   

Baca Juga