Personil Basarnas menyelamatkan bayi paus yang terdampar di Pantai Sine, Tulungagung, Jawa Timur, Sabtu (4/9/2021).

Seekor Paus yang Terdampar di Pantai Sine Tulungagung Berhasil Diselamatkan Tim SAR

maraden | | 06-09-2021

PARBOABOA, Tulungagung Seekor hiu paus yang diperkirakan baru berusia beberapa tahun ditemukan terdampar di Pantai Sine, Tulungagung. Beruntung bayi paus itu masih bisa diselamatkan tim SAR gabungan dengan didorong ke tengah laut.

Koordinator Pos Basarnas Trenggalek Yoni Fariza, mengatakan paus yang berukuran sepanjang lebih dari 2 meter tersebut terdampar di Pantai Sine, Desa Kalibatur, Kecamatan Kalidawir, Tulungagung pada Sabtu (4/9/2021) sore.

"Paus itu terdampar di tepi pantai sekitar pukul 15.00 WIB," kata Yoni Fariza, Minggu (5/9/2021).

Mengetahui adanya paus terdampar, tim SAR gabungan segera melakukan kordinasi dengan nelayan dan berusaha memberikan pertolongan kepada hiu yang terdampar.

"Sore itu kami beberapa kali berusaha mendorong paus itu ke tengah, tapi hiu paus itu malah kembali lagi ke pantai," ujarnya.

Tim gabungan terus melakukan upaya penyelamatan paus tersebut, hingga akhirnya pada sekitar pukul 20.00 WIB, mamalia laut itu berhasil dievakuasi ke tengah laut dan tidak kembali ke pantai lagi.

"Jadi, Kami berusaha secepat mungkin untuk mengembalikan ke tengah, karena kalau terlalu lama di pantai akan mati. Adapun roses penyelamatan itu membutuhkan waktu sekitar 5 jam." jelasnya.

Tag : #wisata   

Baca Juga