Simbiosis Komensalisme Pada Bunga Anggrek dan Pohon Mangga (dok. www.nditzndulz.wordpress.com)

Mengenal dan Mempelajari Simbiosis Komensalisme Dalam Kehidupan Sehari-Hari

Regina | Pendidikan | 18-05-2022

PARBOABOA - Kerap terdengar oleh kita tentang kata simbiosis. Yang dimana ada kata yang menguntungkan didalamnya. Banyak jenis simbiosis yang sering kita dengar dan kali ini kita akan membahas tentang  simbiosis komensalisme.

 Secara garis besar, simbiosis komensalisme adalah arti dari interaksi biologis jangka panjang di mana anggota satu spesies mendapat manfaat sementara anggota spesies lain tidak diuntungkan atau dirugikan melainkan netral.

Kenapa bisa terjadi hal-hal tersebut? Itu dikarenakan setiap makhluk melakukan interaksi dengan makhluk lainnya, baik itu sengaja maupun tidak sengaja.

Banyak kejadian disekitar kita yang menampakkan adanya simbiosis komensalisme terjadi. Adapun contoh simbiosis komensalisme adalah :

1. Bunga Anggrek dan Pohon Mangga

Bunga Anggrek yang biasa kita lihat adalah tumbuhan yang harus hidup ditempat yang terpapar sinar matahari. Disini, bunga Anggrek di untungkan karena ia tumbuh di pohon mangga, agar dia bisa terkena sinar matahari dan zat lainnya yang digunakan untuk melakukan fotosintesis.

2. Sirih dan Pohon Jeruk

Sama seperti bunga anggrek, sirih akan tumbuh dengan bantuan inangnya, dan itu seperti pohon jeruk. Dengan adanya pohon jeruk sebagai inangnya, maka akan sangat jelas kalau sirih mempunyai manfaat tumbuh dan menjalar di pohon jeruk. Tapi disatu sisi, pohon jeruk tidak memiliki kerugian dengan adanya sirih tumbuh di pohon jeruk.

3. Udang dan Mentimun Laut

Tidak hanya didarat, contoh simbiosis komensalisme terjadi di laut juga. Seperti udang dan mentimun laut. Dimana posisi udang yang sering menempel pada mentimun laut untuk mendapatkan sisa-sisa makanan. Dalam situasi ini, udang mendapatkan keuntungan dari mentimun laut, tapi disatu sisi, mentimun laut sama sekali tidak memperoleh kerugian sama sekali bahkan keuntungan. Disini, simbiosis komensalisme terjadi.

4. Ikan Nemo dan Anemon Laut

Simbiosis komensalisme juga terjadi antara ikan nemo dan anemon laut. Disatu sisi, ikan nemo diuntungkan karena dapat berlindung di anemon laut dari ancaman ikan lain, sedangkan anemon  laut itu sendiri tidak mendapatkan keuntungan sama sekali, ataupun juga kerugian.

5. Tanaman paku dan Pohon Jati

Sama halnya dengan anggrek, tanaman paku memerlukan inangnya untuk bisa tumbuh mendapatkan sinar matahari. Ia tumbuh di pohon jati untuk mendapatkan paparan sinar martahari serta zat-zat nya yang lain agar dapat berfotosintesis dengan baik.

6. Katak dan Pohon

Contoh simbiosis komensalisme adalah katak dan pohon. Katak menggunakan pohon untuk tempat berlindung di balik daun-daun, dimana kadang cuaca yang buruk dijadikan alasan untuk katak berlindung, sedangkan pohon tidak mendapatkan keuntungan sama sekali atau bahkan tidak mengalami kerugian atas katak yang berlindung di bawah daun pohon.

7. Ikan Goby dan Bulu Babi

Adapun contoh simbiosis komensalisme yang lain terdapat pada Ikan Goby dan bulu babi, dimana ikan Goby berlindung pada celah bulu babi. Seperti yang kita tau, bulu babi merupakan hewan laut yang terkenal beracun, dimana hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh ikan goby untuk berlindung dari hewan laut.

Ternyata, simbiosis komensalisme tidak hanya berlaku antar tumbuhan dan hewan saja, melainkan didalam tubuh manusia, simbiosis komensaslisme dapat terjadi.  Kita kadang melupakan ada beberapa makhluk hidup juga yang tinggal didalam tubuh kita. Adapun contoh simbiosis komensalisme yang terdapat pada tubuh manusia adalah bakteri yang terdapat didalam usus besar.

Bakteri tersebut bekerja sehingga dapat melancarkan metabolisme, meningkatkan imun tubuh, membantu dalam proses pembusukan sisa-sisa makanan, dan menjaga kesehatan pencernaan, sedangkan di situ bakteri tidak mengalami kerugian dan tidak juga diuntungkan.

Demikian lah penjelasan tentang simbiosis komensalisme yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.

Tag : #simbiosis komensalisme    #makhluk hidup    #pendidikan    #ikan    #tanaman    #manusia   

Baca Juga