Tanda Asam Urat Tinggi (Foto: Parboaboa/Felix)

Tanda Asam Urat Tinggi Seperti Apa Sih? Jangan Abaikan Ciri Berikut Ini

Sari | Kesehatan | 30-09-2022

PARBOABOA, Pematang Siantar – Tanda asam urat tinggi seperti apa sih? Penyakit yang satu ini tidak bisa diabaikan begitu saja, lantaran bisa memicu komplikasi yang serius, bahkan dapat terjadi peradangan bila tidak segera ditangani.

Sebenarnya asam urat merupakan senyawa alami yang diproduksi oleh tubuh, asam urat terbentuk dari proses penguraian zat purin yang ditemukan dalam sejumlah makanan. Namun, pada beberapa kondisi produk limbah ini bisa menumpuk di tubuh dan menyebabkan gangguan kesehatan, misalnya radang sendi.

Penyakit asam urat adalah salah satu penyakit yang menyerang persendian. Gangguan kesehatan ini bisa terjadi akibat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi. Penumpukan asam urat akan membentuk kristal di persendian dan memicu rasa nyeri serta pembengkakan.

Kadar asam urat normal sangat bervariasi, hal ini tergantung pada jenis kelamin. Kadar asam urat normal pada perempuan berkisar 1,5-6 mg/dL. Sedangkan kadar normal untuk laki-laki sekitar 2,5-7 mg/dL.

Kadar asam urat tinggi saat berada di atas 6 mg/dL pada perempuan, sedangkan pada laki-laki berada sekitar 7 mg/dL. Bila kadar asam urat seseorang mencapai itu, maka akan merasakan nyeri sendi. Rasa sakit yang umumnya menyerang pergelangan kaki, lutut, siku, pergelangan tangan, dan jari bisa mencapai 4-12 jam.

Di luar dari rasa nyeri sendi, ada beberapa tanda asam urat tinggi yang tidak boleh diabaikan begitu saja.

1. Nyeri di Bagian Jempol Kaki

Melansir dari creaky joints, ketika seseorang mengalami asam urat tinggi, nyeri akan terasa di bagian jempol kaki. Hal ini harus diperhatikan. Ketika tubuh tidak bisa memecahkan asam urat, asam akan menumpuk dan menjadi kristal.

2. Nyeri di Lutut, Pergelangan Tangan, dan Siku

Tanda asam urat tinggi tidak hanya terjadi di jempol kaki. Asam urat juga menumpuk di setiap sendi pada bagian tubuh manapun. Beberapa orang akan merasakan nyeri pada satu sendi saja, misalnya di bagian lutut.

Saat merasakan nyeri pada bagian banyak sendi, maka sangat sulit untuk diketahui apa penyebabnya. Apalagi mengingat asam urat bisa menirukan kondisi rematik.

3. Rasa Sakit pada Malam Hari

Ciri asam urat tinggi lainnya adalah Anda akan merasakan nyeri yang bertambah parah malam hari. Biasanya terjadi antara tengah malam hingga pukul 8 pagi. Kondisi ini terjadi pada beberapa faktor, misalnya suhu tubuh yang menurun dan dehidrasi, yang membuat asam urat menumpuk lebih mudah.

4. Mudah Kelelahan

Serangan asam urat akan menimbulkan rasa lelah, layaknya seseorang yang terjangkit flu. Saat serangan ini terjadi, seseorang juga bisa mungkin mengalami demam. Namun, bisa jadi bukan karena flu, tapi karena kadar asam urat tinggi.

5. Warna Kulit Kemerahan

Ketika asam urat kambuh, pembengkakan juga cenderung terjadi disertai dengan warna kulit yang lebih memerah. Peradangan sendi ini membuat alirah darah meningkat pada bagian sendi tersebut. Kondisi inilah yang membuat warna kulit berubah menjadi kemerahan.

Tanda asam urat tinggi yang muncul dan tidak diobati akan membuat rasa sakit semakin buruk dan memicu terjadinya kerusakan sendi. So, jangan abaikan masalah kesehatan Anda ya.

Tag : #asam urat    #nyeri sendi    #kesehatan    #persendian    #bahaya asam urat    #arthritis   

Baca Juga