Ginjal adalah organ yang sangat penting dalam hidup manusia. pastikan selalu menjaga kesehatan ginjal, agar terhindar dari penyakit gagal ginjal.

Tanda-Tanda Awal Penyakit Ginjal, Jangan Disepelekan

rini | Kesehatan | 20-09-2021

PARBOABOA, Pematangsiantar - Penyakit ginjal sering kali terdeteksi setelah penyakit masuk ke stadium akhir dan kemungkinan mengalami gagal ginjal jadi lebih besar.

Ginjal merupakan organ tubuh yang menyaring air ekstra dan limbah dari darah. Ketika terjadi gangguan, kotoran di tubuh akan menumpuk dan memicu berbagai kerusakan.

Pengobatan dini akan mengatasi gejala ginjal bermasalah menjadi penyakit yang lebih parah dan mempercepat pemulihan.

Berikut ini Parboaboa ulas beberapa gejala awal penyakit ginjal, yang tidak seharusnya kamu abaikan:

1. Urin Berbusa dan Keruh

Salah satu gejala dari penyakit pada ginjal adalah adanya busa dalam urine. Jika dalam urine ditemukan adanya busa itu berarti dalam urine mengandung protein albumin. Busa pada urine menandakan fungsi ginjal sedang terganggu. Selian itu warna urine akan menjadi lebih keruh dari biasanya.

2. Sakit punggung, pinggang, dan nyeri otot

Selain perubahan warna urine dan masalah buang air kecil, gejala sakit ginjal juga dapat ditandai dengan nyeri pada pinggang belakang. Lantaran ginjal letaknya dekat dengan pinggang dan punggung, saat organ vital ini bermasalah, bagian tubuh tersebut tak kadang turut merasa nyeri.

3. Wajah atau kaki bengkak

Penderita penyakit ginjal stadium awal biasanya juga merasakan wajah atau kakinya sering bengkak. Ketika ginjal tidak dapat mengeluarkan sisa cairan dan limbah dari tubuh, zat tersebut bakal menumpuk di sejumlah bagian tubuh. Akibatnya, wajah, kaki, atau bagian tubuh lain rawan membengkak.

4. Frekuensi Buang Air Kecil Meningkat

Jika Anda merasa ingin buang air kecil lebih sering, terutama di malam hari, ini bisa menjadi gejala awal ginjal bermasalah. Filter ginjal rusak dapat menyebabkan peningkatan keinginan untuk buang air kecil. Terkadang hal ini juga bisa menjadi tanda infeksi saluran kemih atau pembesaran prostat pada pria.

5. Darah pada urine

Salah satu prosedur dari fungsi penyaringan dalam ginjal adalah memisahkan limbah dari darah, yang kemudian diproses menjadi urine. Ketika ginjal mengalami penurunan fungsi, maka prosedur ini terganggu, sehingga seringkali membuat darah bercampur ke dalam urine. Selain menandakan adanya kegagalan fungsi ginjal, kondisi ini bisa menjadi indikasi penyakit lain, seperti batu ginjal atau infeksi.

6.  Mudah Lelah

Ginjal yang sehat akan memproduksi EPO (erythropoietin), yang dapat meningkatkan sel darah merah dalam darah. Sel darah merah ini akan membawa oksigen ke bagian-bagian tubuh.

Jika ginjal kekurangan EPO, kadar oksigen pun ikut menurun dan menyebabkan tubuh lemas. Itu sebabnya mudah lelah bisa menjadi gejala sakit ginjal yang sering ditemui, tetapi kerap disepelekan. Komplikasi lain dari ginjal bermasalah adalah anemia, yang dapat membuat tubuh lelah dan lemas.

7. Kulit kering dan gatal

Ginjal berfungsi menghilangkan limbah dan cairan ekstra dari tubuh, membantu membuat sel darah merah, membantu menjaga tulang tetap kuat dan bekerja untuk mempertahankan jumlah mineral yang tepat dalam darah.

Kulit kering dan gatal bisa menjadi tanda adanya gangguan pada mineral dan tulang yang sering menyertai penyakit ginjal stadium lanjut. Hal ini bisa terjadi ketika ginjal tidak lagi mampu menjaga keseimbangan mineral dan nutrisi yang tepat dalam darah.

Segera periksakan diri jika mengalami gejala-gejala yang disebutkan diatas. Pengobatan sedini mungkin, menghindarkan resiko penyakit semakin parah dan menggangu kesehatan.

Tag : #kesehatan    #gejala awal penyakit ginjal    #gagal ginjal   

Baca Juga