Tempat wisata di Jember/ Pantai Pasir Putih Malikan, foto: 1001 Indonesia

10 Tempat Wisata di Jember yang Lagi Hits dan Instagramable

Wanovy | Travel | 03-10-2022

PARBOABOA, Jember - Terletak di Jawa Timur bagian timur, Kabupaten Jember memiliki banyak objek wisata yang patut dikunjungi. Mulai dari wisata alam, wisata kuliner, hingga wisata budaya, Jember banyak menyimpan potongan surga kecil yang masih belum banyak diketahui khalayak luas.

Secara geografis, bagian selatan Jember memang berbatasan dengan Samudera Hindia. Maka dari itu, tidak heran jika kota suwar-suwir ini memiliki banyak gugusan pantai, terutama di sisi barat dan selatan.

Namun, pantai bukan satu-satunya tempat wisata di Jember yang bisa dikunjungi. Ada banyak lainnya yang juga sayang untuk dilewatkan.

Nah, berikut ini adalah referensi tempat wisata di Jember yang kami rekomendasikan untuk memaksimalkan perjalananmu di kota ini.

1. Pantai Pasir Putih Malikan

Tempat wisata di Jember yang pertama adalah Pantai Pasir Putih Malikan alias Papuma. Rasanya, kedatanganmu belum sah jika belum menginjakkan kaki di kawasan ini.

Daya tarik pantainya adalah batu-batu karangnya yang berada di perairan, berpadu dengan birunya laut dan deburan ombak yang menghantamnya.

Dari pusat kota, ambil arah menuju Kecamatan Wuluhan. Setibanya di perempatan Ambulu, ambil arah lurus dan ikuti jalan.

Di sisi kanan nanti, ada sebuah gapura dengan tulisan Tanjung Papuma. Berbeloklah dan ikuti saja jalan berbatu yang diapit sawah dan hutan jati.

2. Pantai Watu Ulo

Dalam bahasa Jawa, watu ulo berarti batu ular. Ini dikarenakan adanya susunan batu panjang yang memanjang dan menjorok ke pantai dengan bentuk menyerupai tubuh ular.

Menurut mitos, batu-batu tersebut merupakan bagian dari penghuni pantai selatan pada masa lalu yang berwujud ular raksasa. Namun, terlepas benar atau tidaknya mitos tersebut, pantai ini memang menarik untung dikunjungi.

3. Pantai Payangan

Tidak jauh dari Pantai Watu Ulo, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pantai lain yang tidak kalah menawan.

Bahkan harus diakui, Pantai Payangan memang cukup instagrammable. Pasalnya, pantai ini dikelilingi oleh bukit-bukit hijau yang sangat memanjakan mata.

Tidak jarang, pengunjung sengaja datang pada jam-jam khusus untuk menikmati momen matahari terbit dan tenggelam yang memesona di pantai ini.

Dari arah Ambulu, terus saja menuju ke bagian selatan. Ikuti saja rute menuju Pantai Watu Ulo. Tidak terlalu jauh dari sana, kamu akan sampai di lokasi.

4. Pantai Papuma

Pantai Papuma ini merupakan tempat wisata di Jember yang paling indah dan mempesona. Hamparan pasir putih yang lembut dan juga bersih serta ombak laut yang tidak terlalu besar menjadi daya tarik tersendiri dari pantai Papuam ini.

Pantai Papuma terletak di desa Lojejer, Wuluhan, Jember. Untuk menikmati pesona dari pantai pantai papuma ini kamu hanya akan di mintai tiket masuk sebesar 12.500/orang.

Tidak jauh dari pantai ini juga terdapat sebuah goa yang dinamakan sebagai Goa Lawa yang konon katanya goa ini adalah tempat bersemayam putri laut selatan.

5. Pantai Teluk Love

Pantai yang memiliki keunikan karena berbentuk seperti hati ini menjadi wisata pantai yang romantis yang dapat kamu kunjungi.

Tidak kalah indah dari pantai Papuma, pantai Teluk Love ini juga menjadi tempat wisata di Jember yang banyak diminati wisatawan.

6. Rembangan Jember

Rembangan Jember ini merupakan sebuah destinasi wisata yang hampir sama dengan tempat wisata di Puncak Bogor.

Tempat dimana kamu dapat menikmati pesona alam hutan hijau kota Jember ini menjadi destinasi liburan keluarga yang cocok untuk kamu.

Memiliki tinggi sekitar 650 mdpl menjadikan puncak rembangan jember ini sangat di minati oleh wisatawan.

Selain hawannya yang sejuk di tempat ini juga banyak terdapat wahana wisata yangs seru dan menyenangkan.

7. Taman Nasional Meru Betiri

Tempat wisata di Jember sekaligus ikon, dan kebanggan masyarakat Jember adalah Taman Nasional Meru Betiri (TNMB).

Taman Nasional tersebut bukan hanya sekedar menawarkan keseruan wisata saja, tetapi menjadi wisata edukasi Jember yang hits.

Taman Nasional Meru Betiri menawarkan berbagai macam destinasi, dan aktivitas wisata dalam satu kawasan yang sama.

Dan perlu diketahui bahwa Taman Nasional Meru Betiri merupakan Taman Nasional yang sangat bersejarah. Bahkan Pemerintah Belanda pada tahun 1929 sudah mengintruksikan bahwa Taman Nasional tersebut wajib dilestarikan.

8. Kebun Teh Gunung Gambir

Tempat wisata di Jember selanjutnya adalah Kebun Teh Gunung Gambir, yang terletak di Wisata Gambir yang notabene memiliki view alam yang indah, dan udara yang sangat sejuk.

Kebun Teh Gunung Gambir update terbaru sudah jauh berbeda dengan sebelumnya. Bahkan akses jalan menuju Kebun Teh Gunung Gambir sudah bagus.

Kebun Teh Gunung Gambir adalah sebuah kawasan kebun teh yang sangat bersejarah, karena sudah ada sejak jaman penjajahan Belanda, serta dilengkapi dengan berbagai macam spot selfie yang instagramable.

9. Air Terjun Tancak

Air Terjun Tancak adalah salah-satu air terjun, atau curug tertinggi yang ada di Jember. Pesona keindahannya sudah tersaji saat trekking menuju lokasi utamanya.

Perkebunan kopi menjadi view “pemanasan” bagi para pengunjung. Dan setelah sampai, pengunjung akan melihat sebuah air terjun yang tinggi, mengalir jatuh dari tebing batu yang kokoh.

Selain itu, para pengunjung juga bisa berinteraksi dan mengambil nilai edukasi dari masyarakat sekitar, yang memiliki program Desa Tangguh. Sebuah program yang mendorong manusia untuk mampu berharmoni secara baik dengan alam.

10. Taman Edukasi Botani

Diresmikan pada tahun 2007 yang lalu, Taman Edukasi Botani ini merupakan salah satu alternatif tempat wisata keluarga yang menyenangkan.

Seperti namanya, taman rekreasi ini dipenuhi dengan beragam tumbuhan yang ada di nusantara. Selain itu, taman juga dilengkapi berbagai fasilitas lain.

Ada beberapa gazebo dari kayu yang dapat kamu singgahi untuk bersantai, kolam renang untuk dewasa dan anak-anak, tempat makan dengan ruang terbuka, hingga lapangan futsal mini. Selain itu, ada pula koleksi hewan yang bisa Kamu kunjungi di tempat wisata di Jember satu ini.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Jember yang lagi hits dan instgramable. Cocok buat kamu yang ingin menghilangkan penat dari hiruk-pikuk perkotaan. Happy holiday!

Tag : #wisata jember    #jember    #travel    #tempat wisata    #jawa timur   

Baca Juga