10 Tempat Wisata di Lembata NTT yang Lagi Hits dan Wajib Dikunjungi

Wanovy | Kriminal | 24-01-2023

Rekomendasi tempat wisata di Lembata/Kampung Nelayan Lamalera, foto: dimensiindonesia.com

PARBOABOA, Lembata - Lembata merupakan salah satu Kabupaten yang berada di Provinsi NTT, Flores Timur. Meski gak banyak orang yang tahu, tetapi wilayah ini menjadi salah satu tempat terbaik yang menyimpan destinasi wisata cantik bak surga duniawi lho!

Bayangkan saja, di sebelah utara wilayah ini dibatasi oleh Laut Flores, sebelah selatan Laut Sawu, dan sebelah barat Selat Boleng dan Lamakera. Sementara, di bagian timur Kabupaten Lembata berbatasan langsung dengan Selat Alor.

Nah, kondisi geografis yang dimilikinya ini memiliki menjadikan Lembata sebagai lokasi wisata terbaik yang menyimpan beragam spot hits dan menakjubkan. Mulai dari wisata alam hingga yang berkaitan dengan adat dan kebudayaan khas setempat.

Buat kamu yang penasaran, simak langsung rekomendasi tempat wisata yang hits di Lembata berikut ini.

1. Kampung Nelayan Lamalera

Lamalera merupakan satu-satunya desa di NTT yang memiliki keahlian berburu Paus.

Bagi mereka, berburu Paus adalah kearifan lokal serta upaya menjaga stabilitas kehidupan ekonomi masyarakat disana. Hal ini bertahan hingga kini.

Desa di Selatan Lembata ini berada di kecamatan Wulandoni. Untuk kesana kamu harus menempuh perjalanan tiga jam dari kota Lewoleba.

2. Bukit Doa Watomiten

Bukit Doa Watomiten berada di Watokobu dan merupakan destinasi wisata religi di Lembata. Bukit doa ini memiliki desain layaknya perhentian yang dilalui Yesus Kristus dan di sana terdapat 14 perhentian dengan 14 patung yang menggambarkan tahap perjalanan kisah sengsara Yesus Kristus, dari mulai ketika Yesus ditangkap, disiksa, disalib, hingga dimakamkan.

Pengunjung harus siap melewati ribuan anak tangga, menyusuri lereng, dan perbukitan. Pada setiap perhentian, umat Kristiani dapat berhenti untuk berdoa. Kegiatan di bukit doa ini antara lain ziarah, melihat patung Bunda Maria, dan mengikuti Jalan Salib.

3. Air Terjun Lodovavo Atawuwur

Setelah mengunjungi pantai-pantai di Lembata, kamu juga bisa mendatangi Air Terjun Lodovavo Atawuwur di Desa Atawai, Kecamatan Nagawutun.

Keberadaan air terjun memang terbilang istimewa mengingat wilayah di NTT dipenuhi oleh padang savana dan kawasan pesisir.

Air terjun ini memiliki ketinggian mencapai 50 meter dan udara di sana pun sangat sejuk sehingga pengunjung bisa betah berlama-lama menikmati liburan dengan bersantai atau bermain air di kolam alami. Di pinggiran air terjun terdapat bebatuan yang tersebar dan menjadikan tempat ini jadi lebih unik.

4. Taman Daun Lewoleba

Kamu suka membaca di alam bebas, ditemani pepohonan, semilir dedaunan dan suasana alam yang santai?

Cobalah kawanku bermain ke Taman Daun, Tempat Wisata di Lewoleba Lembata yang cukup uni ini kini mulai ngehits loh. Di Lokasi Taman Daun Loweleba, kamu bisa membaca aneka buku bacaan secara gratis.

Taman Daun Lewoleba sendiri muncul dari keprihatinan sejumlah aktivis akan kurangnya buku bacaan di Lewoleba, dan kemudian melahirkan suatu wisata literasi di alam bebas.

5. Tanjung Nuhanera

Kawanku suka nonton acara National Geographic? Suka menjelajahi bawah lautan? Suka berfantasi menyelam bersama ikan-ikan?

Kini saatnya kawan muda bermain ke Tanjung Nuhanera. Ya, tempat wisata di Lembata yang satu ini sangat terkenal akan keindahan bawah lautnya. Dan menjadi salah satu destinasi wisata favorit untuk kegiatan diving dan snorkeling.

Berlokasi di Kawasan Teluk Waienga, Kabupaten Lembata, NTT. Tiap mengunjungi arena wisata yang satu ini, kamu bisa menyaksikan keindahan alamiah bawah laut Indonesia yang memukau mata.

Tentu mengasyikan setelah menyelam dan menyaksikan keindahan alam Nusa Tenggara Timur, kamu bisa makan nasi hangat sepuasnya dengan teman-teman.

6. Jeti Balauring

Jeti Balauring menjadi tempat wisata di Lembata di alam yang indah juga tempat layak untuk liburan.

Alam bebas, laut biru, siulan manja burung-burung udara dan pemandangan tanjung baja serta puncak gunung Ile Ape menantimu di sana.

Ajaklah keluarga untuk berlibur ke tempat ini agar hari-hari liburanmu tidak monoton.

Destinasi ini terdapat di Balauring, Ibu Kota Kecamatan Omesuri, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Yakinlah, setelah mengunjungi tempat ini, semangat kamu dalam menjalankan aktivitas hidup akan semakin membuncah.

7. Pantai Wowong

Pantai wowong (wowon) terdapat di Desa Wowong, Kecamatan Omesuri, Lembata. Di sana, kamu akan menikmati deruh gelombang laut sawu, juga ada pemandangan kepulauan alor, ada pulau rusa dan kambing, juga ada pasir putih bersih dan banyak pohon pandan.

Tempat wisata di Lembata ini sangat potensial di bidang pariwisata. Namun, saat ini belum mendapatkan campur tangan serius dari pemerintah.

Karena itu, Pantai wowong masih alami dan gratis bagi para pengunjung. Bukan hanya pemandangan pantai yang indah, melainkan juga di pantai tersebut ada pasar Nusantara Wowong.

Artinya, selain ke pasar untuk melakukan aktivitas jual beli, kamu juga akan menikmati pemandangan laut Sawu.

8. Panas Bumi Watuwawer

Masyarakat setempat menyebut Panas Bumi Watuwawer dengan nama dapur alam. Disebut dapur karena area ini memiliki semburan uap panas yang keluar dari lubang-lubang di tanah.

Oleh masyarakat setempat, lubang-lubang beruap itu sering digunakan untuk mematangkan makanan seperti ubi, kacang, pisang, dan lainnya.

Tak perlu menggunakan oven atau alat pembakaran lain, makanan yang ingin dimasak tinggal ditaruh di wadah dan disimpan di lubang-lubang sampai matang.

Dari keunikan inilah yang membuat Panas Bumi Watuwawer banyak dikunjungi wisatawan yang penasaran.

9. Pantai Waijarang

Dengan akses jalan yang cukup mudah karena gak jauh dari ibukota kabupaten, lo juga akan disuguhi pemandangan alam yang mengagumkan.

Salah satunya adalah Pantai Waijarang yang berlokasi di Waijarang, Nubatukan, Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur.

Selain panorama pantai yang khas, pemandangan Gunung Boleng di pulau seberang menjadi bonus istimewa yang memanjakan mata.

Terlebih lagi ada Kumah resort yang ada di area sekitar. Jika kamu berniat datang ke sini, sebaiknya cari tau lebih lanjut mengenai paket wisata di Pantai Waijarang, khususnya soal harga sewa penginapan serta fasilitas yang ditawarkan, ya!

10. Pantai Bean

Pantai dengan panorama eksotis ini sering disebut-sebut sebagai mirip dengan pantai yang berada di Phuket, Thailand.

Akan tetapi, untuk datang ke tempat wisata di Lembata ini memang agak butuh perjuangan sedikit akibat akses jalan yang cukup sulit nih.

Meski demikian, perjuangan lo akan segera terbayarkan, kok. Kamu bisa melihat keindahan pantai berpasir putih yang menghampar di depan mata.

Selain itu, Pantai Bean cenderung lebih sepi sebab gak banyak pengunjung yang datang ke sini.  Sangat cocok untuk kamu yang lebih menyukai suasana pantai yang tenang tanpa banyak lalu-lalang orang!

Tag : #wisata lembata    #lembata    #travel    #tempat wisata    #ntt    #flores   

Baca Juga