10 Tempat Wisata di Sumbawa yang Wajib Dikunjungi

Wanovy | Travel | 21-01-2023

tempat wisata di Sumbawa/ Pulau Kenawa, foto: CNN

PARBOABOA, Sumbawa - Wisata Sumbawa Besar mulai ramai diperbincangkan oleh wisatawan dalam negeri. Wilayah barat Pulau Sumbawa ini memiliki destinasi wisata yang tidak kalah menarik dari Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur.

Pantai yang indah, pulau yang eksotis, dan situs bersejarah yang menyimpan banyak cerita; menggambarkan kekayaan wisata Sumbawa Besar.

Untuk menjelajah Sumbawa Besar dan sekitarnya, kamu bisa terbang menuju Bandar Udara Sultan Muhammad Kaharuddin.

Kalau kamu memilih lewat jalur laut, kamu bisa menyeberang dari Pelabuhan Kayangan Lombok ke Pelabuhan Poto Tano.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut 10 tempat wisata di Sumbawa yang bisa kamu jadikan pilihan untuk mengisi waktu liburan. Check it out!

1. Air Terjun Agal

Tak hanya satu, namun ada sepuluh curug yang ada di area ini. Air Terjun Agal berlokasi di kawasan hutan lindung Gunung Agal, yang juga berdekatan dengan Gunung Seketok dan Gunung Sebra. Untuk menjangkaunya turis harus melakukan pendakian sekitar dua jam.

Setinggi 100 meter, air terjun ini mengucur deras, jadi turis harus berhati-hati saat hendak berkegiatan di sekitarnya.

2. Gili Bola/Pulau Bedil

Kalau Pulau Kenawa bisa dibilang gersang, maka di Gili Bola/Pulau Bedil medannya masih terbilang teduh karena banyak pepohonan kelapa.

Menyelam dan memancing sangat bisa dilakukan di sini. Kalau masih banyak waktu, mungkin bisa juga singgah ke Gili Panjang, Gili Keramat atau Gili Temudong.

3. Taman Nasional Gunung Tambora

Bukan hanya berperan sebagai daerah konservasi, Taman Nasional Gunung Tambora juga menawarkan destinasi yang membuat jatuh hati.

Saat musim kemarau tiba, Padang Savana yang menguning, akan muncul di salah satu tempat wisata di Sumbawa NTB yang satu ini.

Selain pemandangan Gunung Tambora yang memukau, di sini pengunjung juga bisa melihat aneka ternak penduduk sekitar seperti sapi, kuda, kerbau yang dibiarkan bebas berkeliaran.

4. Queen Waterfall

Menurut penduduk setempat, mata Jitu mempunyai makna mata air yang jatuh mengenai kolam di bawahnya. Oleh masyarakat sekitar disebut juga dengan “Queen Waterfall”.

Air terjun bertingkat ini tampak memukau dengan warna biru dan hijau tosca yang terang. Keelokannya pun terdengar hingga ke luar negeri.

Bahkan dulu Putri Diana pernah berkunjung kemari. Jelas sekali tempat ini wajib dituju ketika liburan. Atau Kalian juga bisa singgah ke tempat wisata di Lombok Timur untuk menjumpai keelokan air terjun di bawah kaki gunung Rinjani.

5. Istana Dalam Loka

Tempat wisata di Sumbawa berikutnya adalah bangunan panggung Dalam Loka yang dulunya merupakan istana tempat tinggal sang raja.

Namun kini telah beralih fungsi jadi cagar budaya yang mengingatkan kita bahwa Kesultanan Sumbawa pernah berjaya di masanya. Tak ada salahnya, kamu bisa mampir ke tempat bersejarah ini.

6. Desa Mantar

Tempat wisata di Sumbawa selanjutnya yang wajib dikunjungi bernama Desa Mantar. Bukan hanya diksi hiperbola julukan Negeri Di Atas awan, karena memang desa tersebut berada di ketinggian sebuah gunung yang memiliki puncak yang datar.

Pesona alam yang tersaji di Desa Mantar luar biasa indah. Apalgi saat pengunjung mencoba wahana yang disajikan berupa paralayang, atau cross country.

View yang tersaji saat berada di ketinggian adalah birunya air dari Selat Alas, serta panorama pulau-pulau yang ada di selat tersebut.

Berada pada posisi di atas awan bukanlah sebuah hanyalan, bahkan seakan sejajar dengan posisi matahari terbit adalah keindahan lainnya saat berada di Desa Mantar.

7. Desa Tepal

Objek wisata di Sumbawa selanjutnya bernama Desa Tepal. Sebuah lokasi yang menawarkan eksotisnya panorama alam yang tersaji, berbalut dengan nilai budaya, atau adat istiada yang asih dipegang teguh oleh masyarakatnya.

Lokasi dan alamat Desa Tepal berada di Desa Tepal, Kecamatan Batu Lanteh, Kabupaten Sumbawa, Provinsi Nusa Tenggara Barat.

8. Pantai Lakey

Pantai Lakey menjadi salah satu dari 10 tempat wisata di Sumbawa yang recommended untuk dikunjungi. Pantai Lakey juga dikenal dengan sebutan pantai kidal. Hal tersebut merujuk kepada arah ombak yang ke kiri.

Ekosistem di pantai tersebut masih terjaga baik, bahkan di titik tertentu hanya dengan kasat mata saja bisa melihat kehidupan bawah lautnya.

Di tepian pantainya terdapat banyak ragam wahana, serta fasilitas penununjang lainnya, yang akan membuat nyaman pengunjung, salah satunya taman bunga di tepian pantai.

9. Pantai Maluk

Untuk bisa sampai ke sini, pengunjung harus menempuh perjalanan yang cukup panjang. Meski begitu, jangan khawatir, karena pemandangan yang disuguhkan pada saat perjalanan akan membayar rasa lelah hilang.

Sesuai dengan namanya, tempat wisata di Sumbawa NTB yang satu ini terletak di Kecamatan Maluk. Memiliki ombak yang tidak begitu besar, membuat pengunjung bisa berenang di pantai ini.

Bukan hanya berenang, suasana di sini juga memungkinkan pengunjung untuk duduk santai di pinggir pantai dan menikmati angin dan suara ombak.

10. Pulau Bungin

Pulau ini jadi salah satu tempat wisata di Sumbawa NTB yang wajib dikunjungi. Disebut-sebut sebagai pulau terpadat di dunia, ada hampir 3.400 jiwa penduduk dengan luas yang hanya 8,5 Ha. 

Selain itu, keunikan yang ada pada pulau ini terletak pada budayanya. Hanya menikah dengan sesama penduduk Pulau Bungin, membuat kepadatan di pulau ini semakin meningkat.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi tempat wisata di Sumbawa yang wajib kamu kunjungi. Happy holiday!

Tag : #wisata sumbawa    #sumbawa    #travel    #tempat wisata    #NTB    #lombok   

Baca Juga