Tempat wisata Kudus, foto: TripCanvas

10 Tempat Wisata di Kudus Terbaru dan Sayang Untuk Dilewatkan

Wanovy | Travel | 16-09-2022

PARBOABOA, Kudus - Tempat wisata di Kudus akan memanjakan hari libur anda bersama keluarga tercinta saat berkunjung ke Kota Wali satu ini.

Banyak destinasi wisata terbaik yang menyuguhkan pesona alam, sejarah dan budaya di Kudus yang menarik untuk anda explore.

Bicara soal Kabupaten Kudus Jawa Tengah, kota satu ini tidak hanya menyuguhkan wisata religi dengan adanya makam wali saja.

Karena banyak destinasi wisata rekomended yang siap mewujudkan perjalanan liburan impian anda bersama keluarga tercinta,

Ketika anda berada dan ingin liburan di Kudus namun bingung mau berwisata kemana?

Jangan terburu-buru, anda bisa simak informasi dan referensi destinasi wisata Kudus dari Sikidang berikut ini.

Dapatkan liburan yang seru dan menyenangkan dengan menikmati keindahan wisata Kudus bersama orang tercinta.

Berikut daftar tempat wisata di Kudus terbaru, murah, menarik dan rekomeded untuk liburan bersama keluarga:

1. Masjid Menara Kudus

Tidak seru jika Anda belum berkunjung kesini. Memang terlihat hanya sebuah menara, namun ini adalah destinasi wisata favorit di Kudus yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Tidak hanya Kudus saja sebenarnya, beberapa Wisata di Pacitan juga dikenal dengan tugunya.

2. Air Terjun Montel

Hanya berjarak ratusan meter dari puncak colo, terdapat destinasi wisata air terjun di Kudus yang memiliki suasana cukup segar. Masyarakat setempat menyebutnya dengan Air Terjun Montel.

Fasilitas yang diberikan sudah cukup lengkap, yaitu tempat parkir yang luas, biaya masuk yang murah, musholla, dan warung makan. Tidak ketinggalan juga spot foto yang Instagramable untuk Anda yang hoby berfoto.

3. Museum Kretek

Museum Kretek merupakan wisata edukasi mengenai sejarah rokok yang ada di Kabupaten Kudus. Tempat ini dimanfaatkan menjadi sarana rekreasi, pendidikan, dan penelitian.

Memasuki dalam museum, Anda akan disuguhkan sejarah mengenai rokok kretek, tokoh yang berjasa dalam industri rokok kretek di seluruh Indonesia, berbagai peralatan membuat rokok kretek dan klobot, serta media promosi saat itu. Juga, terdapat diorama pembuatan rokok kretek dari cara tradisional hingga modern.

4. Menara Pisang

Menara Pisang merupakan salah satu tempat wisata di Kudus berbau alam yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Menara ini sangat terkenal baik di kalangan wisatawan lokal maupun wisatawan mancanegara.

Fasilitas yang disediakan di tempat ini yaitu deretan saung, outbond, bumi perkemahan, kafe, dan spot foto keren yang bisa membuat Anda merasa puas ketika mengunjungi tempat ini. Hal ikonik yang menjadikan menara ini terkenal yaitu menara pisangnya.

5. Air Terjun Gonggomino

Perjalanan Anda menjelajah kota Kudus bisa dimulai dengan mengunjungi wisata air terjunnya. Ada beberapa air terjun yang sudah kondang dengan pemandangan alamnya.

Salah satunya adalah Air terjun Gonggomino yang menawarkan pesona luar biasa. Namanya sudah banyak dikenal di kalangan wisatawan dan akan ramai ketika akhir pekan.

Untuk menjangkau tempat wisata di Kudus satu ini dibutuhkan perjuangan yang tidak mudah. Anda harus menyusuri sungai Rejenu untuk sampai di air terjun ini.

Tentunya destinasi wisata satu ini akan memberikan pengalaman berpetualang yang tidak terlupakan.

Apalagi sesampainya di air terjun, Anda akan disuguhkan air segar nan jernih dengan alam sekitar yang asri.

6. Waterboom Mulia Kudus

Mereka yang datang ke Kudus seringkali menghabiskan waktu dengan keluarga dan banyak anggota lainnya.

Jika memang ingin memanjakan si kecil, Waterboom Mulia Kudus adalah jawabannya. Waterboom ini bisa dijadikan sebagai destinasi liburan yang seru bersama keluarga dan anak-anak. Menjadi salah satu wahana liburan yang memang wajib untuk dikunjungi.

Pengelola menyediakan berbagai wahana permainan yang seru seperti memancing, ATV hingga kolam berarus.

7. Wisata Colo Kudus

Tempat wisata di Colo Kudus tidak hanya menjadikan keindahan alamnya saja, namun kawasan wisata di Colo Kudus ini juga menyajikan pesona keindahan heritage dan sejarah Islam Masjid Sunan Muria yang berada dipegunungan Muria. Jejak sejarah Islam Masjid Sunan Muria tersebut berada 1.600 meter di atas permukaan laut.

Salah satu keunikan Mansjid Sunan Muria tersebut adalah bentuk mihrab atau tempat imam masjid dan sejumlah benda bersejarah dengan ornamen Tiongkok bisa Anda dapatkan di tempat wisata Colo Kudus ini.

8. Gray Canyon

Belum lengkap rasanya bila ke Kudus tidak mampir kesini, sebuah objek wisata kebanggaan masyarakat.

Namanya Gray Canyon yang berasal dari bekas galian tambang pasir dan batu. Karena sudah tidak beroperasi lagi, sisa-sisa batuan membentuk tebing-tebing cantik.

Saat berkunjung Anda seperti berada di wisata alam luar negeri, sebab lanskapnya mirip Grand Canyon di Amerika.

9. Desa Wisata Rahtawu

Berada di ketinggian 1627 mdpl menjadikan desa Rahtawu sebagai tempat wisata yang digemari wisatawan.

Pasalnya hawa sejuk dan segar langsung menerpa permukaan kulit sejak awal tiba. Anda akan disuguhkan pesona alam yang indah ketika berkunjung ke desa ini.

Bentang alam yang hijau mampu melepaskan penat setelah rutinitas yang membosankan.

Ada banyak pilihan tempat wisata yang dapat Anda jelajahi di desa ini. Salah satunya pemandian Kedung Gong yang menawarkan lanskap batu-batu besar, serta aliran sungai yang jernih.

10. Wisata Alam Selam Semliro

Tempat wisata di Kudus yang terakhir adalah Wisata Alam Selam Semliro. Kawasan wisata ini memiliki pemandangan alam yang memukau.

Pemandangan yang indah ini akan terlihat instagramable saat diabadikan dengan jepretan foto.

Ditambah lagi, ada banyak spot yang sengaja diinstalasi khusus dari atas gardu pandang untuk pengunjung berfoto.

Mulai dari spot sayap burung, bunga mawar, kursi warna, kelopak bunga raksasa, dan masih banyak lagi. Tak heran kalau banyak wisatawan yang sengaja datang ke sini untuk berburu foto.

Nah, itulah tadi beberapa tempat wisata di Kudus yang terbaru dan sayang untuk dilewatkan. Happy holiday!

Tag : #wisata kudus    #kudus    #travel    #tempat wisata    #jawa tengah   

Baca Juga