TKA Asal Cina yang Masuk ke Indonesia

Tenaga Kerja Asal Cina Masuk Indonesia Saat PPKM Darurat

rini | Politik | 05-07-2021

Masuknya Tenaga Kerja asing (TKA) asal Cina memicu perdebatan publik. kedatangan sekitar 20 TKA di Sulawesi Selatan pada waktu Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat atau PPKM Darurat dinilai tidak tepat. Sejumlah pihak menyoroti hal ini. Anggota DPR RI dari Fraksi Partai Demokrat Irwan penerapan PPKM Darurat dalam upaya menekan laju penularan Covid-19 tidak akan berjalan efektif bila pemerintah tidak konsisten. Dia menyebut masuknya TKA China di tengah penerapan PPKM Darurat menunjukkan pemerintah gagal memberikan rasa keadilan dan kepercayaan publik. Irwan menyatakan pemerintah harus segera menutup pintu masuk kedatangan dari luar negeri.

Sementara itu, Sekretaris Fraksi PPP DPR Achmad Baidowi menilai masuknya 20 TKA China melalui Makassar di tengah penerapan PPKM Darurat sangat tidak tepat dari aspek waktu. Sebab, pemerintah baru saja menerapkan kebijakan PPKM Darurat untuk menekan lonjakan kasus Covid-19.

"Meskipun TKA tersebut sudah melalui prosedur kedatangan orang asing, yakni melalui karantina, namun karena waktunya bersamaan dengan PPKM Darurat membuat publik merasa ada perlakuan khusus," kata pemilik sapaan akrab Awiek itu.

Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan mengkritik keras dan meminta PPKM darurat dipertegas. "Jika bisa, selama penanganan pandemi ini masuknya TKA dihentikan dulu, apalagi dari negara-negara yang tinggi kasus COVID-19-nya. Ini merupakan isu yang sensitif dan dapat memicu rasa tidak adil di tengah masyarakat. Lebih lanjut, peraturan pemerintah yang tegas mengenai hal ini perlu diinformasikan secara gamblang kepada publik," kata Zulhas.

Namun kepala divisi imigrasi wilayah Sulawesi selatan Dodi karnida menyebutkan masuknya 20 TKA cina itu tak masalah karena merupkan penerbangan domestik. Dodi mengungkapkan bahwa 20 TKA asal China tersebut awalnya masuk ke Indonesia melalui Bandara Soekarno-Hatta sebelum PPKM diterapkan. Para TKA China itu juga langsung menjalani karantina 14 hari.

Setelah proses karantina tuntas, lanjut Dodi, barulah para TKA China tersebut melakukan penerbangan domestik ke Makassar pada Sabtu (3/7). Dodi memastikan penerbangan domestik itu tak bermasalah meski pada hari yang sama di Jakarta sendiri sedang berlaku PPKM darurat.

Tag : #nasional   

Baca Juga