Seorang Imigran Afganisthan Kedapatan Konsumsi Ganja di Bogor

rini | Hukum | 26-08-2021

PARBOABOA, Bogor - Seorang warga Afganisthan kedapatan mengkonsumsi ganja di kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Satuan Reserse Narkoba Polres Bogor mengamankan pelaku berinisial AA (38) pada 21 Juli 2021 lalu.

Barang bukti ditemukan ganja seberat 13,81 gram. Dari pengakuannya, pelaku sudah mengkonsumsi ganja selama dua tahun.

"Dia sudah lima tahun di Indonesia. Tepatnya tinggal di Kampung Ciburial, Desa Tugu Utara, Kecamatan Cisarua. Dia kita tangkap di parkiran Masjid Amaliyah Ciawi," Kata Kapolres Bogor, AKBP Harun, Rabu (25/8)..

Ganja tersebut didapat AA dari seorang pengedar berinisial WH yang saat ini masih buron. Modus transaksi narkotika ganja yang dilakukan mereka yakni dengan menggunakan sistem tempel di suatu tempat tertentu yang sudah disepakati.

Selain AA, Polres Bogor juga menangkap empat pegawai yayasan rehabilitasi narkoba dan orang dengan gangguan jiwa di Kecamatan Cisarua, dengan barang bukti 1,97 gram sabu. Keempatnya berinisial RL, BR, BA dan RF. Mereka ditangkap di Rest Area KM 39 Jalan Tol Jagorawi.

"Mereka bekerja di yayasan rehabilitasi narkoba di Cisarua. Dari pengakuannya, mereka mendapatkan sabu itu dari rekannya sesama pegawai yayasan yang sudah lari ke Medan dan sedang dalam pengejaran," terang Harun.

Seluruh tersangka dijerat dengan Pasal 114 ayat 2 Undang-undang narkotika nomor 35 Tahun 20019 Tentang Peredaran Narkotika. Ancaman hukuman bagi tersangka minimal 5 tahun penjara  dan denda maksimal Rp10 miliar.

Pelaku AA juga akan dijerat dengan hukum yang sama meskipun warga negara asing.


Tag : #narkoba   

Baca Juga