Banjir dibogor (Liputan6.com/Achmad Sudarno)

3200 Rumah di Bogor Terkena luapan Banjir Sungai Cileungsi

Wulan | Nasional | 17-02-2022

PARBOABOA, Bogor- Banjir merendam Desa Bojong Kulur, Kecamatan Gunung Putri, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Peristiwa itu terjadi setelah hujan lebat mengguyur pada Rabu (16/2), sekitar pukul 22.30 WIB.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor melaporkan sebanyak 3.052 KK atau 11.208 jiwa terdampak banjir. Kemudian 3.200 rumah, 3 fasilitas pendidikan, dan 6 tempat ibadah 6 juga terdampak.

Namun tidak terdapat korban dari peristiwa ini. BPBD Kabupaten Bogor telah melakukan koordinasi dengan pihak desa maupun kecamatan untuk pendataan.

BPBD memberitahu pemerintah daerah dan masyarakat untuk selalu berhati-hati dan tetap waspada dalam mengantisipasi maupun menghindari risiko bahaya banjir.

"Total 3.200 rumah terdampak, terdiri atas12.208 jiwa," ungkap Penata Penanggulangan Bencana Muda BPBD Kabupaten Bogor M Adam Hamdani, Kamis (17/2/2022).

Pihaknya mencatat sebanyak 53 jiwa korban banjir terpaksa mengungsi ke rumah sanak saudaranya, enam diantaranya sedang melakukan isolasi mandiri (isoman) di SDN 1 Bojongkulur, karena terkonfirmasi positif Covid-19.

"Langkah yang diambil tim gabungan pada saat itu memfungsikan pompa air dan melakukan evakuasi warga ke lokasi yang lebih aman, termasuk enam pasien Covid-19 itu," jelas Adam.

Selama penanganan darurat berlangsung, dia menambahkan personel TNI, Polri, dinas terkait serta relawan turut membantu dalam memastikan keselamatan warga.

"BNPB mengimbau pemerintah daerah dan masyarakat untuk tetap waspada dan siap siaga dalam mengantisipasi maupun menghindari risiko bahaya banjir," tandasnya.  ***

Tag : #terkena dampak banjir    #sungai cileungsi meluap    #kabupaten bogor    #   

Baca Juga