French Open 2021: 4 Wakil Indonesia Berhenti di Perempat Final

French Open 2021: 4 Wakil Indonesia Berhenti di Perempat Final

Sondang | Olahraga | 30-10-2021

PARBOABOA, Paris – French Open 2021 mulai memasuki babak perempat final pada Kamis (29/10). 6 Wakil Indonesia siap bertanding di State Pierre de Courbertin untuk melaju ke babak semifinal.

Sementara ini, sebanyak 5 wakil Indonesia telah bertanding. Namun, hanya ada satu wakil yang berhasil melaju ke semifinal French Open 2021. Siapakah itu?

1. Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Wakil Indonesia yang pertama tampil adalah pasangan ganda campuran Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Mereka tampil mengecewakan saat bertanding melawan wakil Hongkong Tang Chun Man/Tse Ying Suet dengan skor 19-21, 11-21.

Awalnya, Tang/Tse terlihat seperti bukan tandingan yang sepadan dengan Praveen/Melati. Mereka dengan mudah mendulang poin demi poin dari pasangan hongkong tersebut.

Namun, Praveen terlihat beberapa kali membuat kesalahan sehingga Hongkong berhasil menyamakan poin. Masih berlanjut, pasangan Indonesia ini kerap hilang fokus dan Hongkong dapat membalikkan keadaan.

Meski Praveen/Melati sempat menyamakan kedudukan, tapi Tang/Tse sudah nyaman mengatur permainan. Mereka pun mengunci gim pertama dengan skor 21-19.

Kehilangan gim pertama ternyata mempengaruhi performa Praveen/Melati di gim kedua. Mereka dengan cepat tertinggal 5-9.

Meski sempat menipiskan skor, tapi Praveen/Melati masih kalah 8-11 di interval gim kedua.

Indonesia makin terpuruk setelah Tang/Tse menorehkan tiga poin beruntun usai jeda dan memimpin 14-8. Praveen/Melati seakan tak bisa berbuat banyak dalam membongkar pertahanan Tang/Tse.

Pasangan Indonesia terbawa permainan lawan hingga akhirnya tumbang 21-11. Hasil ini memaksa Praveen/Melati mengubur mimpi untuk tampil di semifinal French Open 2021.

2. Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan

Pertandingan kedua wakil Indonesia dilanjut oleh pasangan Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan. Mereka juga kalah usai melawan pasangan Korea Selatan Ko sung Hyun/Shin Baekchol dengan skor 21-16, 19-21, 12-21.

Menghadapi Ko/Shin, pertandingan gim pertama berjalan lebih ketat setelah interval. Pada awalnya, Hendra/Ahsan selalu tertinggal sebelum bisa menyamakan kedudukan di angka 9-9.

Hendra/Ahsan kemudian merebut tiga poin beruntun tapi Ko/Shin bisa menyeimbangkan skor. Saling kejar angka tidak terhindarkan.

Namun, Hendra/Ahsan mampu melanjutkan momentum positifnya setelah menyamakan skor 15-15, dengan mendulang lima poin beruntun untuk menciptakan game point pertama.

Ko/Shin kemudian menambah satu angka lain, tapi Hendra/Ahsan lantas membalas dengan poin terakhir untuk merebut gim pertama dengan keunggulan 21-16.

Hendra/Ahsan tertinggal 2-5 di awal gim kedua. Setelah tertinggal 5-8, Hendra/Ahsan meraih enam angka berturut-turut untuk memasuki interval kedua dengan berbalik unggul 11-8.

Ko/Shin menunjukkan perlawanan untuk mengejar Hendra/Ahsan dalam kedudukan 14-14. Setelahnya permainan menjadi lebih ketat. Ko/Shin sempat di atas angin, tapi Hendra/Ahsan menyusul dalam kedudukan 18-18.

Game point untuk Ko/Shin 20-18. Hendra/Ahsan menipiskan ketinggalan, tapi Ko/Shin berhasil memenangi gim kedua 21-19 untuk memaksakan permainan berlanjut ke gim ketiga.

Kedua pasangan kembali kejar-kejaran angka di 10 poin pertama. Ko/Shin lalu membuka jarak untuk mengungguli Hendra/Ahsan 11-7 di interval ketiga.

Ko/Shin tidak terbendung untuk meninggalkan Hendra/Ahsan 18-9. Ko/Shin tidak mengendurkan tekanannya sebelum menutup permainan lawan dengan kemenangan 21-13.

3. Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Pasangan Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo berhasil maju ke babak semi final French Open 2021. Mereka berhasil mengalahkan pasangan Malaysia Ong Yew Sin/Teo Ee Yi dengan skor 21-13, 22-20.

Kevin/Marcus tampil meyakinkan sejak di gim pertama. Mereka langsung tancap gas dengan mampu memimpin 11-7 di interval gim pertama.

Selepas interval, The Minions tetap mampu menjaga konsistensi permainan mereka. Marcus/Kevin bisa menjauh 18-12. Ganda nomor satu dunia ini kemudian bisa menutup gim pertama dengan 21-13.

Pada gim kedua, pasangan Malaysia mulai memberikan perlawanan. Marcus/Kevin tetap mampu unggul di interval gim kedua.

Namun jarak angka mereka dari Ong/Teo hanya terpaut dua poin. Marcus/Kevin menutup interval gim kedua dengan keunggulan 11-9.

Marcus/Kevin sempat memperlebar jarak angka saat 15-12. Ong/Teo tak mau mudah menyerah. Laga kemudian berlangsung ketat. Sempat tertinggal 17-19, Ong/Teo bisa memaksakan duece 20-20.

Marcus/Kevin kemudian bisa mengendalikan situasi di poin-poin krusial ini. Mereka bisa menutup laga dengan kemenangan usai menuntaskan gim kedua dengan 22-20.

Hasil ini mengantarkan Marcus/Kevin ke babak semifinal. Di babak tersebut, mereka bakal bersua pemenangan laga Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto vs Takuro Hoki vs Yugo Kobayashi.

4. Shesar Hiren Rhustavito

Tunggal putra Shesar Hiren Rhustavito tumbang usai dikalahkan wakil Jepang Kento Momota dengan skor 19-21, 11-21. Shesar Hiren Rhustavito memberikan perlawanan sengit kepada unggulan utama, Kento Momota di awal gim pertama.

Vito sempat unggul 6-4 di awal gim pertama. Momota kemudian menunjukkan kelasnya dengan bisa membalikkan keadaan. Tunggal putra asal Jepang ini kemudian menutup interval gim pertama dengan keunggulan 11-7.

Selepas interval, Vito bisa merapatkan jarak poin. Kedudukan bahkan sempat imbang 15-15. Namun, Momota bisa menjauh dengan 18-15. Pemain nomor satu dunia ini mampu menjaga konsistensi permainannya untuk menutup gim pertama dengan 21-19.

Duel tetap ketat di awal gim kedua. Kejar mengejar angka sempat terjadi hingga 8-8. Meski demikian, Momota tetap mampu menutup interval gim kedua dalam posisi unggul. Ia memimpin dari Vito 11-9.

Setelahnya, Vito tampak mulai kesulitan membendung Momota. Momota terus menambah poin hingga kedudukan 18-11.

Momota semakin tak terbendung untuk kemudian menutup pertandingan usai menang di gim kedua 21-11. Momota melaju ke semifinal untuk menghadapi rekan senegaranya Kanta Tsuneyama.

5. Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Ribka Sugiarto harus berhenti di perempat final French Open 2021. Mereka ditumbangkan pasangan Korea Selatan Kim Soyeong/Kong Heeyong dengan skor 19-21, 14-21.

Pertandingan berjalan sengit di gim pertama. Siti/Ribka sempat unggul 7-6. Kim/Kong kemudian mampu bangkit untuk menutup interval pertama dengan kondisi memimpin 11-10.

Selepas interval, Pasangan Korea Selatan ini bisa menjauh 15-12. Siti/Ribka tak menyerah begitu saja. Mereka secara luar biasa mampu menyetarakan angka 18-18. Namun, Kim/Kong tampil prima di poin krusial.

Peringkat kelima dunia bisa mengakhiri gim pertama dengan kemenangan 21-19.

Pada awal gim kedua, kejar-mengejar angka sempat terjadi hingga 3-3. Setelahnya, Kim/Kong bisa menjauh 8-5.

Siti/Ribka terus merapatkan jarak poin hingga kemudian menyetarakan angka 9-9. Namun, Kim/Kong kemudian bisa menambah dua poin untuk unggul 11-9 di interval gim kedua.

Kim/Kong terus menambah poin untuk menjauh 16-12. Mereka bisa menjaga keunggulan jarak poin.

Kim/Kong kemudian mulus menutup laga ini dengan kemenangan usai menuntaskan gim kedua dengan skor 21-14. Kim/Kong memastikan untuk melaju ke semifinal.

Sementara itu, masih ada 1 wakil Indonesia yang belum bertanding yaitu Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Dengan hasil seperti ini, hanya 1 wakil Indonesia yang berhasil melanjut ke babak semi final French Open 2021.

Tag : olahraga, bulu tangkis, french open 2021, wakil indonesia

Berita Terkait