Bendungan Bratsk (pond5.com)

7 Daftar Bendungan Terbesar di Dunia

Martha | Internasional | 27-01-2022

PARBOABOA - Waduk atau bendungan adalah bangunan yang dibuat manusia untuk menampung air saat terjadi kelebihan air saat musim hujan. Bendungan ini digunakan untuk menangani terjadinya bencana alam seperti banjir bandang.

Selain itu, bangunan ini juga dimanfaatkan manusia untuk pembangkit listrik, kebutuhan air minum masyarakat, dan irigasi pertanian.

Waktu pembangunan bendungan juga membutuhkan masa yang panjang dan tenaga kerja yang banyak sesuai dengan kebutuhan bangunan tersebut.

Berikut Parboaboa berikan 7 daftar bendungan terbesar di dunia yang telah berhasil dibuat oleh manusia. Di negara nama sajakah bendungan tersebut? Yuk kita lihat dibawah ini.

1. Bendungan Kariba

Bendungan terbesar pertama berada di Zimbabwe, Afrika. Bendungan ini memiliki panjang 628 meter dan tinggi 128 meter serta dapat menampung air dalam luas 5.580 kilometer persegi dan volume tampung sebesar 185 miliar meter kubik.

Bendungan ini berfungsi sebagai pengendali banjir dan pembangkit listrik di daerah Zimbabwe dan Zambia.

2. Bendungan Bratsk

Bendungan yang kedua terletak di Siberia, Rusia yang membendung Sungai Angara. Bendungan ini memiliki panjang 1.452 meter dan tinggi 125 meter serta mampu menampung air dengan luas  5.540 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 169,27 miliar meter kubik.

Bendungan ini hanya difungsikan sebagai pembangkit listri tenaga air.

3. Bendungan Akosombo

Yang ketiga berada di Sungai Volta daerah Ghana, Afrika. Bendungan yang memiliki panjang 700 meter dan tinggi 134 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 8.500 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 144 miliar meter kubik.

Bendungan Akosombo difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air dan wahana rekreasi.

4. Bendungan Daniel Johnson

Bangunan yang membendung Sungai Manicouagan berada di Kanada, Amerika Utara. Bendungan yang memiliki panjang 1.310 meter dan tinggi 213 meter ini mampu menciptakan tampungan air dengan volume tampungan sebesar 139,8 miliar meter kubik.

Bendungan Daniel Johnson difungsikan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

5. Bendungan W.A.C Benett

Bendungan ini berada di Kanada, Amerika Utara yang membendung Sungai Peace dan membentuk Danau Williston, salah satu danau yang terkenal di dunia.

Bendungan yang memiliki panjang 2.068 meter dan tinggi 183 meter ini mampu menciptakan tampungan air seluas 1.773 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 74 miliar meter kubik. Bendungan ini digunakan sebagai pembangkit listrik tenaga air.

6. Bendungan Guri

Bendungan yang selanjutnya ada di Venezuela, Amerika Serikat. Bangunan ini memiliki panjang 1.300 meter dan tinggi 216 meter.

Bendungan ini mampu menampung air seluas 4.000 kilometer persegi dan volume tampungan sebesar 135 miliar meter kubik.

Bendungan Guri dibuat untuk memasok 70 persen kebutuhan energi listrik di Venezuela.

7. Bendungan Aswan

Bendungan ini berada di sungai terpanjang di dunia, yaitu Sungai Nil di Mesir, Afrika. Bangunan ini memiliki panjang 3.830 meter dan tinggi 980 meter.

Bendungan ini dapat menciptakan tampungan air sebesar 132 miliar meter kubik. Bendungan Aswan difungsikan untuk pengendalian banjir, pembangkit listrik tenaga air, dan irigasi pertanian.

Itulah beberapa penjelasan tentang bendungan terbesar di dunia. Semoga bisa menjadi tambahan ilmu buat kallian.

Tag : #bendungan    #terbesar    #terluas    #dunia   

Baca Juga