Ilustrasi cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dengan benar dan aman

7 Cara Membersihkan Keyboard Laptop yang Kotor Dengan Benar dan Aman

Wanovy | Teknologi | 28-12-2021

Cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dengan benar ternyata cukup penting untuk Anda perhatikan.

Sebab, jika tidak melakukan cara membersihkan keyboard laptop dengan benar tersebut, dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan.

Dan, apabila kerusakan pada keyboard laptop sudah terjadi, maka akan membuat Anda harus merogoh kocek cukup dalam untuk memperbaikinya.

Meskipun selalu terlihat bersih, tapi pada dasarnya keyboard laptop banyak menyimpan debu-debu. Bentuknya yang kecil dan juga banyak selipan bisa menjadi sarangnya para debu.

Persoalan debu mungkin persoalan sepele. Tapi, kalau debu tersebut dibiarkan bisa jadi bertumpuk, sumber kotoran dan bukan hal yang tidak mungkin malah bisa bikin laptop Anda jadi hang atau korslet.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa keyboard laptop atau komputer 20 ribu kali lebih kotor dari tempat dudukan WC.

Tentu ini sangat berbahaya dan berpotensi menjadi sumber penyakit saat jari kita bersentuhan dengan tombol pada keyboard, kemudian jari kita menyentuh bagian tubuh ataupun makanan yang kita makan.

Lantas, bagaimana cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dengan benar dan aman? Yuk, simak panduan berikut.

Cara membersihkan keyboard laptop yang kotor

1. Matikan laptop terlebih dahulu

Sebelum mulai membersihkan keyboard laptop yang kotor, Anda wajib mematikan laptopnya terlebih dahulu agar tidak korslet saat memencet-mencet keyboard.

Laptop yang masih menyala akan mempersulit proses pembersihan. Peralatan pembersih dapat menyentuh keyboard dan secara tidak sengaja menekan banyak tombol.

Jika begitu, bisa-bisa laptop Anda akan mengalami eror ketika dibersihkan.

2. Balik dan goyangkan keyboard

Cara termudah untuk membersihkan sisa remahan yang terselip antara tombol keyboard adalah dengan membalikkan keyboard dan/atau laptop anda dalam posisi terbuka.

Anda dapat menggoyangkan keyboard sambil menepuk keyboard secara perlahan agar remahan jatuh keluar dari celah tombol keyboard.

Cara membersihkan keyboard laptop yang kotor ini juga berguna untuk menjaga mesin di balik keyboard agar tidak tersentuh alat pembersih yang menembus ke dalam.

3. Gunakan kuas lembut dan air duster

Cara membersihkan keyboard laptop yang kotor selanjutnya adalah dengan menggunakan kuas dan air duster.

Gunakan kuas dalam kondisi laptop masih dipegang secara terbalik. Ini untuk mencegah debu dan kotoran terselip atau terdorong masuk kembali akibat kuas jika tidak dibalik.

Apabila sisa kotoran atau debu yang terselip susah dibersihkan dengan kuas atau belum terdorong keluar, Anda dapat menggunakan air duster untuk mendorong kotoran keluar.

Anda juga bisa menggunakan air duster rubber manual ataupun yang berbentuk kaleng. Kemudian miringkan laptop dan semprot air duster ke permukaan keyboard untuk mendorong debu dan kotoran yang ada di celah keluar. P

astikan Anda menggerakkan air duster saat menyemportnya sehingga air duster tidak disemprot pada 1 titik saja untuk waktu lama.

4. Bersihkan keyboard dengan penyedot mini

Penyedot mini bisa menjadi alternatif untuk membersihkan keyboard laptop yang kotor. Alat ini bisa menarik seluruh kotoran dan debu yang berada di sela-sela keyboard laptop.

Penyedot debu mini untuk keyboard laptop bisa ditemukan dengan mudah di e-commerce. Harganya bervariasi, namun rata-rata berkisar di bawah Rp 50 ribu.

Menggunakan penyedot debu membuat seluruh kotoran hilang secara keseluruhan dan keyboard Anda menjadi bersih kembali.

5. Menggunakan cotton buds

Jika tidak memiliki penyedot debu mini, Anda dapat menggunakan cotton buds. Cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dengan cotton buds adalah dengan mencelupkan sedikit cotton buds pada alkohol.

Lalu bersihkan keyboard dengan perlahan terutama pada bagian sela-sela keyboard laptop Anda.

6. Gunakan brush make up untuk membersihkan keyboard laptop

Apabila area sekitar keyboard sudah bersih, saatnya mengeluarkan debu dari sela-sela.

Tidak perlu membeli alat pembersih keyboard kalau sedang seret anggaran, karena Anda bisa membersihkan keyboard laptop menggunakan brush make up.

Sapu sela-sela keyboard secara lembut dengan keadaan laptop masih terbalik. Lakukan berulang kali sampai tidak ada debu yang tersisa di sela-sela tombol keyboard.

7. Gunakan Desinfektan Untuk Membersihkan Laptop

Cara memberishkan keyboard laptop yang kotor terakhir adalah dengan menggunakan desinfektan. Setelah memastikan keyboard bersih dari kotoran dan debu menggunakan desinfektan untuk menjaga keyboard bersih dari bakteri atau kuman akibat pemakaian.

Jangan semprot desinfektan secara langsung ke keyboard atau permukaan keyboard. Anda dapat menyemprotkan desinfektan terlebih dahulu ke kain lap atau microfiber.

Setelah itu baru lap keyboard Anda dengan kain atau microfiber yang sudah disemprot desinfektan tersebut.

Anda juga dapat menggunakan alcohol disinfecting wipes atau alcohol wipes untuk membersihkan dan melap keyboard agar bebas kuman dan bakteri.

Nah, itulah 7 cara membersihkan keyboard laptop yang kotor dengan benar dan aman. Semoga bermanfaat!

Tag : #tips    #membersihkan keyboard    #keyboard laptop   

Baca Juga