Ilustrasi komponen AC mobil (Dok: tempo.co)

AC Mobil Sering Mengeluarkan Suara Berisik? Ini Penyebabnya

Dimas | Otomotif | 13-07-2022

PARBOABOA – Hampir seluruh pengguna mobil kini tidak bisa terlepas dari penggunaan AC saat berkendara. Pasalnya, cuaca yang panas dan banayaknya debu dijalanan merupakan alasan besar mengapa AC harus tetap menyala demi kenyamanan para pengguna mobil.

Namun seiring pemakaian yang intens, AC mobil pun kerap mengalami berbagai masalah. Salah satu masalah yang biasa terjadi adalah munculnya suara berisik dari AC mobil.

Masalah yang satu ini kerap kali dihadapi oleh pemilik mobil di atas lima tahun. Umumnya, bunyi berisik pada AC Akan hilang jika AC dimatikan dan kompresor berhenti bekerja.

Penyebab AC Mobil Mengeluarkan Suara Berisik

Agar para pemilik mobil tidak bingung, berikut ini Parboaboa telah merangkum berbagai penyebab AC mobil mengeluarkan suara berisik, di antaranya:

1. Komponen AC Tidak Presisi

Pemasangan yang kurang tepat atau tidak presisi akan menyebabkan kompresor AC mobil menjadi berisik. Ini dikarenakan adanya bagian yang masih longgar. Bagian longgar tersebut kemudian membuat AC mobil bergetar dan berujung pada timbulnya suara berisik.

2. Adanya Gesekan di Dalam Mesin AC Mobil

Bunyi berisik yang dikeluarkan oleh kompresor biasanya disebabkan oleh adanya gesekan antara dua komponen. Kemungkinan penyebabnya ada dua, yaitu piston kehabisan oli atau mesin AC yang aus karena usia penggunaannya sudah cukup lama.

3. Saluran AC Mobil Mengalami Kebocoran

Masalah kompresor AC mobil yang berisik, terkadang tak hanya di sebabkan oleh komponen tersebut, melainkan bisa saja dari bagian lain. Sebagai contoh, kebocoran pada saluran AC yang menyebabkan freon lebih cepat terkuras habis dan olinya pun akan cepat berkurang.

Jika oli cepat habis, maka akan terjadi gesekan pada bagian piston. Gesekan inilah yang kemudian menjadi penyebab bunyi berisik dari sistem pendingin kabin mobil.

4. Adanya Benda Asing

Para pemilik mobil tidak boleh mengangap remeh benda apapun yang masuk ke bagian kabin mobil, terutama benda kecil seperti pecahan benda asing, daun kering, sisa-sisa makanan, atau bahkan kerikil kecil. Pasalnya benda-benda tersebut bisa saja masuk ke komponen AC dan menghambat kinernya.

Akibatnya, benda tersebut bisa bergesekan dengan bagian dari AC dan menimbulkan suara berisik.

5. Magnetic Clutch Bermasalah

Magnetic clutch adalah bagian penting dari komponen AC yang berfungsi sebagai penghubung antara mesin dengan kompresor. Jika bagian ini bermasalah, maka dapat dipastikan bahwa kinerja seluruh sistem AC tak akan maksimal.

Sebagai contoh adalah kompresor AC mobil berisik, tidak terasa ada udara dingin, atau keluar hawa panas. Kerusakan pada magnetic clutch sudah jelas akan menghambat fungsi kompresor mengingat bagian ini adalah penghubung langsung dengan mesin mobil.

Nah, demikianlah seputar informasi mengenai penyebab AC mobil mengeluarkan suara berisik. Jika hal ini terjadi pada mobil Anda, segera lakukan perbaikan ke bengkel. Semoga membantu

Tag : #mobil    #ac mobil    #otomotif    #sparepart    #kompresor ac mobil   

Baca Juga