Pemakaman Azyumari hari dilaksanakan hari ini (FOTO :Tangkap layar kanal YouTube Kompas TV )

Acara Pemakaman Azyumaradi di Laksanakan Hari Ini

Apri Siagian | Nasional | 20-09-2022

Parboaboa, Jakarta – Pemakaman jenazah Ketua Dewan Pers Azyumardi Azra berlangsung secara militer di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan pada Selasa (20/09/2022) pagi.

Sebelum pemakaman berlangsung, jenazah yang tiba dari Malaysia pada Senin malam itu telah lebih dulu disalatkan oleh saudara, kerabat dan sejumlah kolega serta Gubernur DKI di rumah duka yang terletak di Ciputat, Tanggerang Selatan.

Kemudian, jenazah dilanjutkan dengan acara pemakaman secara militer. Dimana Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia (Menko PMK) Muhadjir bertindak sebagai inspektur upacara pemakaman.

“Saya, Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Indonesia, atas nama negara, bangsa dan Tentara Nasional Indonesia, dengan ini mempersembahkan gelar persada ibu pertiwi, jiwa raga dan jasa-jasa atas nama Profesor Doktor Azyumardu jabatan Guru Besar Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, Ketua Dewan Per RI, Instansi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta,’’ ucap Muhadjir.

“Semoga jalan dharma bakti yang ditempuhnya dapat menjadi suri tauladan bagi kita semua dan arwahnya mendapat tempat yang semestinya di alam baka,” tuturnya.

Setelah selesai pembacaan singkat riwayat hidup serta dibacakan juga bintang jasa dan kehormatan yang dimiliki Azyumardi Arza.

Acara pemakaman yang dilakukan di TMP Kalibata itu juga dihadiri oleh pejabat publik, seperti Kapolri Sigit Prabowo. Mantan wakil presiden Jusuf Kalla, Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid Sa’adi, Imam Besar Masjid Istiqlal Nasaruddin Umar, serta Ketua Umum Partai Demokrat Agus Yudhoyono (AHY).

Azyumaradi menghembuskan nafas terkahir di unit perawat intensif bagi penderita gangguann pada jantung (CCU) Rumah Sakit Serdang, Malaysia pada pukul 12.30 waktu setempat. Ia juga dinyatakan terinveksi corona (Covid-19).

Tag : #azyumardi    #Menko PMK    #nasional    #pemakaman azyumardi    #ketua dewan pers   

Baca Juga