Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan di acara pemberian mobil damkar, Rabu (05/10/2022). (Foto: dok. Antara news)

Anies Berikan 14 Mobil Damkar ke Sejumlah Daerah

Desy | Nasional | 05-10-2022

PARBOABOA, Jakarta – Gubernur DkI Jakarta Anies Baswedan memberikan bantuan berupa mobil pemadam kebakaran (damkar) ke sejumlah pemerintah daerah di Indonesia. Acara pemberian dilaksanakan di Balai Kota DKI Jakarta, Jl Medan Merdeka Selatan, Jakarta Pusat, hari ini Rabu (05/10/2022).

Mobil damkar yang diberikan merupakan mobil bekas yang layak pakai yang mayoritasnya berusia 10-15 tahun.

Anies Baswedan mengatakan bahwa pemberian mobil damkar ke sejumlah daerah ini diharapkan dapat meningkatkan kesejahteraan bagi warga daerahnya.

"Kerja sama ini harapannya bisa meningkatkan kesejahteraan bagi kami di Jakarta dan juga bagi warga di kabupaten/kota, provinsi, di mana kerja sama itu kita lakukan," kata Anies Baswedan di lokasi.

Adapun daerah yang mendapatkan mobil damkar tersebut antara lain, Probolinggo, Banjarmasin, Pariaman, Palopo, Brebes, Bengkulu Tengah, Empat Lawang, Kuningan, Alor, Ogan Komering Ilir, Sigi, Rote Ndao, Lampung Utara dan Padang Pariaman.

Masing-masing mendapatkan 1 unit mobil, sementara untuk daerah kuningan mendapatkan 2 unit dengan kapasitas tangki yang bervariasi, mulai dari 2.500 liter, 4.000 liter sampai 10 ribu liter.

“Penghibahan kendaraan operasional mobil damkar ini tujuannya adalah untuk melayani masyarakat Kota Pariaman terkhusus dalam menanggulani bencana di Kota Pariaman. Mobil yang kita berikan memang tidak baru namun dipastikan masih dalam keadaan layak operasional karena dirawat ruitn setiap tahunnya,“ ungkapnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar selaku penerima salah satu hibah mobil damkar mengucapkan terima kasih Kepada Pemerintah Provinsi DKI Jakarta khususnya kepada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

“Alhamdulillah Pemko Pariaman menjadi salah satu daerah yang mendapat hibah mobil pemadam kebakaran yang masih bagus. Kita mendapatkan 1 unit mobil damkar dari DKI Jakarta sehingga Pemko pariaman saat ini memiliki 7 (tujuh) unit armada pemadam kebakaran,“ ujarnya.

Menanggapi ucapan terima kasih dari Genius, Anies berharap Pemerintah Kota Pariaman dapat memanfaatkan mobil tersebut dengan baik.

“Penghibahan kendaraan operasional mobil damkar ini tujuannya adalah untuk melayani masyarakat Kota Pariaman terkhusus dalam menanggulani bencana di Kota Pariaman. Mobil yang kita berikan memang tidak baru namun dipastikan masih dalam keadaan layak operasional karena dirawat ruitn setiap tahunnya,“ ungkapnya.

Genius sangat berterima kasih kepada Anies, lantaran sebelumnya Pemko Pariaman hanya memiliki 6 unit mobil operasional, diantaranya Hino Firedome, Hino Loohan, Fuso, PS, Carry dan Rescue, dimana jumlah tersebut masih kurang karena daerah tetangga Kota Pariaman turut menggunakan kendaraan tersebut.

“Selain digunakan oleh Kota Pariaman, mobil damkar ini juga digunakan sampai ke daerah tetangga, karena itu kita mengharapkan tambahan armada pemadam mobil tangki dan akhirnya diwujudkan oleh Provinsi DKI Jakarta dengan kapasitas 10.000 liter,” tambahnya.

Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan mengatakan bahwa pemberian mobil ini sudah disesuaikan dengan jumlah ketersediaan kendaraan, serta sudah mengkaji daerah-daerah yang membutuhkan.

Penyerahan kendaraan ini tidak dipungut biaya apapun, namun jika kendaraan mengalami kerusakan, biayanya ditanggung oleh penerima.

Tag : #anies baswedan    #pemprov dki    #nasional    #damkar    #mobil damkar   

Baca Juga