Apa Itu Chest Pass, Tujuan, dan Cara Melakukannya (Foto: parboaboa.com/Faulan)

Apa Itu Chest Pass, Tujuan, dan Cara Melakukannya

Faulan | Olahraga | 12-09-2022

PARBOABOA - Dalam permainan basket, ada beberapa teknik dasar yang harus diketahui. Seperti teknik passing, dribbling dan throw yang perlu dikuasai. Chest pass dan bounce pass merupakan beberapa teknik dasar dalam mengoper bola dalam permainan bola basket. Chest pass adalah teknik yang paling umum digunakan untuk mengoper bola.

Chest Pass atau passing dada adalah teknik yang harus diketahui oleh setiap pemain bola basket. Passing dada adalah teknik yang digunakan untuk mengoper bola dengan cepat dari satu pemain ke pemain lain. Mengetahui cara melakukan operan ini merupakan dasar penting bagi pemula bola basket. Lantas apa yang dimaksud dengan chest pass?

Pengertian Chest Pass

Chest pass adalash teknik mengoper bola dari depan dada ke arah rekan tim anda setinggi dada. Ini adalah operan tipe bola basket di mana pemain yang memiliki bola melempar operan dua tangan dari dada langsung ke dada pemain yang menerima bola.

Dalam operan dada, seorang pemain mengoper bola setinggi dadanya, kemudian menggunakan kedua tangan untuk mendorong bola ke rekan setimnya dengan cepat. Operan depan dada chest pass sangat berguna untuk operan jarak tertentu.

Passing dada adalah teknik yang biasanya meningkatkan kekuatan karena pemain harus menggunakan kedua tangan dan melangkahkan kakinya ke depan arah operan. Passing dada bisa menjadi operan yang kuat karena memungkinkan pemain untuk memusatkan beban penuh ke dalam lemparan.

Tujuan Chest Pass

Chest pass adalah teknik dasar dalam permainan bola basket yang bertujuan untuk memberikan operan kepada rekan setimnya dari dekat dada.

Kelebihan dengan menggunakan chest pass adalah memungkinkan untuk melewati pertahanan lawan yang memiliki postur tubuh yang tinggi. Kemudian kemudian kekuatan lemparannya lebih tajam karena menggunakan dua tangan secara bersamaan.

Cara Melakukan Teknik Chest Pass

Passing dada dilakukan posisi bola berada di bantalan kedua tangan dan ibu jari bertemu di belakang bola. Pegang bola di depan dada dengan siku diluruskan ke luar. Bola kemudian didoring dalam garis lurus ke arah penerima. Ini bisa menjadi umpan yang kuat karena memungkinkan pemain untuk mengerahkan semua beban mereka ke dalam lemparan. Berikut cara melakukan chest pass.

1. Pegang bola dengan kedua tangan setinggi dada.

2. Melangkahkan kaki ke depan, lengan ke luar, pergelangan tangan keluar, lempar bola dalam garis lurus ke dada rekan setim Anda.

3. Dorong bola ke arah rekan setim anda

4. Gunakan jika memungkinkan karena ini adalah umpan yang paling akurat.

Saat menggunakan operan dada, hati-hati terhadap pemain bertahan pihak lawan di lapangan dan jangan lakukan operan dada saat lawan berada di antara anda dan rekan satu tim.

Tag : #basket    #pass    #olahraga    #teknik passing   

Baca Juga