Ilustrasi

Apple Siapkan Fitur Pembayaran Nirsentuh: Tap to Pay

Wanovy | Teknologi | 11-02-2022

PARBOABOA - Apple akan meluncurkan fitur pembayaran nirsentuh iPhone terbaru dengan Tap to Pay di Apple Pay, yang akan datang nanti pada musim semi tahun 2022 melalui aplikasi iOS yang diaktifkan pedagang di Amerika Serikat.

Dikutip dari Reuters, Rabu (9/2/2022), mengatakan, fitur ini menggunakan teknologi Near Field Communications (NFC) untuk menerima pembayaran digital dan kartu perbankan.

Untuk diketahui, NFC adalah sebuah teknologi yang memungkinkan perangkat yang berdekatan untuk saling berkomunikasi tanpa kontak. Teknologi NFC disematkan pada smartphone, kartu pembayaran, maupun smartband.

Untuk menjaga kerahasiaan data, Apple tidak bisa mengetahui siapa yang bertransaksi dan apa yang dibeli. Perusahaan teknologi finansial di Amerika Serikat, Stripe dan Shopify Point, akan menjadi pengguna pertama fitur “tap to pay”, ketuk untuk bayar”, yang ada di iPhone.

"Apakah Anda bagian penjualan di ritel internet atau wiraswastawan, Anda sebentar lagi bisa menerima pembayaran nirsentuh di perangkat yang sudah ada di kantung Anda: iPhone Anda," kata pimpinan bisnis, Billy Alvarado.

Fitur terbaru ini akan menjadikan iPhone layaknya mesin pembayaran yang bisa membaca kartu debit atau kredit, tidak harus tersambung ke perangkat keras lainnya. Pengguna akan bisa menempelkan kartu kredit di bagian belakang iPhone, teknologi NFC akan membaca kartu itu dan memproses pembayaran.

iPhone sebenarnya mendukung fitur contactless payment dengan cara menghubungkan iPhone ke terminal pembayaran yang didukung untuk melakukan pembayaran menggunakan Apple Pay.

Namun, menerima pembayaran di iPhone adalah cerita yang berbeda dan biasanya penjual akan membutuhkan perangkat tambahan seperti yang dibuat oleh Square. Hal itu akan segera berubah karena Apple telah mengumumkan fitur baru untuk iPhone yang disebut Tap to Pay di iPhone.

Dalam pernyataan resmi pada Selasa, 8 Februari 2022, Apple menyatakan, pihaknya memperluas kemampuan iPhone untuk menerima pembayaran tanpa kontak.

Fitur ini tentu akan memudahkan pedagang untuk melakukan transaksi tap-to-pay, tanpa harus membeli perangkat keras tambahan.

Fitur ini juga akan memberi Apple keunggulan kompetitif di dunia pembayaran tanpa kontak yang berkembang lewat pengguna Apple Pay sehingga memainkan peran dominan yang secara efektif mengubah iPhone menjadi terminal tempat penjualan.

“Karena semakin banyak konsumen yang mengetuk untuk membayar dengan dompet digital dan kartu kredit, Tap to Pay di iPhone akan memberi bisnis cara yang aman, pribadi, dan mudah untuk menerima pembayaran tanpa kontak dan membuka pengalaman checkout baru menggunakan daya, keamanan, dan kenyamanan iPhone.” ujar Jennifer Bailey Vice President of Apple Pay dan Wallet.

Fitur pembayaran ini juga akan tersedia untuk platform pembayaran pihak ketiga dan pengembang aplikasi. Dengan demikian, mereka dapat mengintegrasikan fitur ke aplikasi dan menawarkan opsi pembayaran kepada pelanggan.

“Berkolaborasi dengan platform pembayaran, pengembang aplikasi, dan jaringan pembayaran, kami membuatnya lebih mudah dari sebelumnya untuk bisnis dari semua ukuran – dari solopreneur hingga pengecer besar – untuk menerima pembayaran tanpa kontak dengan mulus dan terus mengembangkan bisnis mereka,” kata Jennifer.

Tap to Pay akan tersedia untuk perangkat iPhone XS ke atas dan dapat digunakan melalui aplikasi iOS yang didukung.

Untuk saat ini perusahaan mitra Stripe telah meluncurkan halaman panduan untuk fitur baru ini dan memungkinkan pelaku bisnis dan individu untuk berpartisipasi dalam pengujian beta.

 

Tag : #iphone    #apple    #nfc   

Baca Juga