Ilustrasi

Apple Siapkan MacBook dengan Layar Lipat

Wanovy | Teknologi | 25-02-2022

PARBOABOA - Perangkat lipat memang sudah jadi trend sejak 2021 lalu, nampaknya ini akan semakin berkembang di 2022 ini. Bukan hanya smartphone saja, berbagai bidang teknologi lain, termasuk laptop, juga akan mengadopsi trend yang sama.

Sebelumnya, beberapa perangkat laptop lipat saat ini sudah dapat pelanggan beli, seperti Lenovo yang meluncurkan ThinkPad X1 Fold. Dan beberapa perusahaan lain, seperti ASUS, juga sudah memperkenalkan laptop layar lipat mereka di awal tahun ini.

Tak ingin ketinggalan trend, Apple pun dikabarkan akan memproduksi produk gadget yang menggunakan layar lipat. Berdasarkan rumor terbaru, Apple tengah mengembangkan MacBook layar lipat.

Menurut laporan Ubergizmo (23/2), seorang analis bernama Ross Young dari DSCC mengatakan bahwa laptop ini kemungkinan akan diperkenalkan paling cepat 2025 mendatang. Jadi, bisa saja laptop ini mulai dijual pada 2026 atau bahkan lebih lambat.

Laporan tersebut mengklaim bahwa perangkat laptop lipat perusahaan asal Cupertino, Amerika tersebut akan menampilkan keyboard di dalam layar. Tapi kemungkinan mereka juga akan dapat memperkenalkan keyboard fisik untuk mereka yang memilih menggunakan keyboard secara fisik.

Dengan menggunakan keyboard fisik, pengguna akan dapat menggunakan layar yang tadinya sebagai keyboard virtual menjadi layar kedua. Jadi, pengguna akan mendapatkan tampilan lebih besar agar dapat lebih produktif.

Bagaimana nasib iPhone lipat?

Mengingat perangkat lipat Apple ini masih dalam tahap pengembangan, jadwal peluncurannya masih cukup lama. Analis itu berkata, laptop lipat Apple kemungkinan dirilis pada 2026 atau 2027.

Reputasi Young sendiri cukup baik terkait berbagai bocoran produk baru Apple. Sebab, beberapa prediksinya terbukti benar. Seperti soal layar ProMotion di iPhone 13 Pro hingga layar mini LED MacBook Pro 14 dan 16 inci yang disertai ProMotion.

Young juga membagikan bocoran baru terkait iPhone lipat. Smartphone lipat Apple itu kabarnya akan ditunda hingga tahun 2025. Artinya, ponsel ini mundur lebih lama lagi karena Young sebelumnya berkata iPhone lipat akan diluncurkan pada tahun 2023 atau 2024.

Menurut Young, keputusan ini dilakukan Apple setelah berdiskusi dengan sumber dari rantai pasokan perusahaan. Hal ini juga menunjukkan bahwa raksasa teknologi itu tidak terburu-buru untuk terjun ke pasar perangkat lipat.

Padahal pada September 2020, Samsung disebut telah menyetorkan sample layar lipat ke Apple sebagai bahan pengujian. Rumor lainnya menyebutkan Apple bekerja sama dengan LG Display untuk perangkat lipat perusahaan.

Kendati demikian, ini hanyalah rumor. Apple sendiri belum memberikan kabar pasti peluncurkan MacBook ataupun iPhone yang konon memiliki layar lipat.

Tag : #apple    #macbook    #laptop   

Baca Juga