Usain Bolt (AP Photo/David J Phillip)

Atlet Pemilik Rekor Lari Tercepat di Dunia

Wulan | Olahraga | 08-04-2022

PARBOABOA, Siantar - Tak dapat dipungkiri bahwa kecepatan lari merupakan unsur penting dalam olahraga. Beberapa cabang olahraga bahkan menggunakan aspek ini sebagai penentu kemenangan.

Pemegang rekor lari 100 meter biasanya mendapat label manusia tercepat di dunia karena mempunyai kecepatan sprint yang luar biasa.

Maka, tak heran jika banyak sekali bermunculan atlet dengan kecepatan lari di atas rata-rata sepanjang sejarah.

Dari banyaknya nama tersebut, lima orang dibawah ini layak diberi gelar sebagai pemain tercepat di cabang olahraganya masing-masing.

5. Justin Gatlin

Seorang Atlet yang berasal dari Amerika Serikat ini memiliki spesialisasi di nomor 100 meter dan 200 meter, Justin Gatlin, masuk dalam daftar lima sprinter tercepat di dunia.

Catatan waktu Gatlin untuk lari 100 meter adalah 9,74 detik yang ia cetak pada IAAF Doha Diamond League 2015 di Qatar.

4. Asafa Powell

Jamaika bisa dibilang gudangnya sprinter hebat. Salah satunya adalah pelari cepat Asafa Powell.

Rekor Powell sebagai manusia tercepat adalah dengan berhasil mencatat rekor waktu 9,72 detik saat kejuaraan lari 100 meter di Lausanne pada Grand Prix 2008.

3. Yohan Blake

Yohan Blake adalah pelari jarak dekat yang berasal dari Jamaika. Yohan Blake berhasil menjadi juara termuda dalam kejuaran dunia lari 100 meter 2011.

Catatan lari tercepat Yohan Blake sama seperti Tyson Gay 9,69 detik. Blake berhasil mendapat medali emas di ajang Olimpiade 2012 dan 2016. Kedua medali emas itu dari nomor lari estafet 400 meter.

2. Tyson Gay

Tyson Gay menorehkan rekor yang sama dengan Yohan Blake dalam kecepatan berlari. Ia berhasil membukukan catatan waktu 9,69 detik untuk lari 100 meter pada Shanghai Golden Grand Prix 2009. Tyson juga pernah menjuarai kejuaraan lari tingkat dunia tahun 2007 di Osaka, Jepang.

1. Usain Bolt

Tidak diragukan lagi, Usain Bolt masih menjadi pelari atau bahkan manusia tercepat yang tercatat dalam sejarah. Usain Bolt masih memegang rekor lari nomor 100 meter dan 200 meter.

Catatan waktu Usain Bolt adalah 9,58 detik untuk nomor 100 meter. Sementara itu di nomor 200 meter Usain Bolt tercatat membukukan waktu 19,19 detik. Total pelari asal Jamaika itu meraih 9 medali di Olimpiade.

Tag : #atlet    #lari    #olahraga    #manusia tercepat di dunia    #Justin Gatlin    #Asafa Powell    #Yohan Blake    #Tyson Gay    #Usain Bolt   

Baca Juga