Saldo kartu sembako akan di top-up oleh Kemensos

Bansos Rp 300 Ribu Akan Cair Lagi Akhir Tahun Ini

rini | Nasional | 27-10-2021

PARBOABOA, Jakarta - Bantuan sosial Rp 300 ribu bagi akan kembali dicairkan oleh Kementrian Sosial (Kemensos). Menko Airlangga Hartarto mengungkapkan bansos tersebut akan cair untuk bulan November dan Desember terkhusus kepada masyarakat yang terdaftar sebagai pemilik kartu sembako.

Bantuan akan diberikan kepada masyarakat yang sudah terdata di 35 kabupaten/kota dari tujuh provinsi prioritas pemerintah. Khususnya yang berada dalam kategori kemiskinan ekstrem sesuai data Badan Pusat Statistik (BPS).

Ketujuh provinsi tersebut adalah Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), Maluku, Papua, dan Papua Barat.

"Akan ada top up kartu sembako, ini menggunakan dana optimalisasi di Kemensos di mana November-Desember masing-masing Rp 300 ribu," kata Airlangga Hartarto dalam konferensi pers virtual, Selasa (26/10/2021).

Dalam kesempatan yang sama, Wakil Menteri Keuangan Suahasil Nazara mengatakan bansos kartu sembako bukanlah program bantuan yang baru, karena bantuan tersebut telah dilakukan pencairan beberapa kali sejak tahun 2020.

 "Akan diberikan tambahan bantuan untuk penerima bansos yang paling miskin sekitar tiga bulan diberikan sebesar Rp 300.000. Ini sumber datanya adalah penerima kartu sembako dan yang juga menerima PKH dan kemudian diberikan akhir tahun," tandasnya.

Data penerima bantuan ini akan mengacu pada 28,8 juta keluarga yang terdaftar penerima kartu sembako dan program keluarga harapan (PKH) yang datanya saat ini sedang dirinci oleh Kementrian.

Tag : nasional, ekonomi, bantuan sosial, bansos, kartu sembako, daerah miskin priorita

Berita Terkait