Ilustrasi Bantuan Langsung Tunai (BLT) (Foto: Parboaboa/Silvia)

BLT Subsidi Gaji Rp600.000 Cair Hari Ini, Cek Status Pencairan di Sini!

Satria | Nasional | 13-09-2022

PARBOABOA, Jakarta - Pencairan Bantuan Lansung Tunai (BLT) subsidi gaji atau Bantuan Subsidi Upah (BSU) 2022 tahap pertama untuk para pekerja berpenghasilan maksimum Rp3,5 juta per bulan rencananya akan di jadwalkan cair pada Senin (12/09/2022), dan disalurkan secara bertahap ke masing-masing rekening pekerja.

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) telah menerima sebanyak 5,09 juta data calon penerima BSU tahun 2022 Dari BPJS Ketenagakerjaan. Data tersebut kemudian dilakukan verifikasi, validasi, dan pemadanan data sebelum diserahkan kepada penerima BSU.

Proses verifikasi dan validasi diperlukan sebagai upaya menjaga ketepatan sasaran dan akuntabilitas. Setelah dilakukan proses tersebut, terdapat 4,36 juta orang pekerja/buruh yang dapat menerima BSU di tahap pertama.

“Pencairan BSU tahap pertama tahun 2022 diberikan kepada 4,36 juta pekerja atau buruh dengan total anggaran mencapai Rp2,61 triliun,” kata Sekjen Kemnaker Anwar Sanusi, Senin (12/09/2022).

Anwar menambahkan, dana BSU diteruskan kepada Bank Himbara selaku bank penyalur melalui Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) untuk selanjutnya disalurkan kepada para penerima BSU tahap pertama

“Insya Allah dana BSU Rp600 ribu sudah bisa diambil secara bertahap mulai Senin, sesuai operasional Bank Himbara. Saya mengingatkan tahap pertama ini penerima BSU yang sudah memiliki rekening Bank Himbara ya,” kata Anwar.

Cara Cek Status Penerima BSU kemnaker.go.id 2022

Untuk informasi pemberitahuan proses penyaluran BSU atau BLT subsidi gaji tahun 2022, para pekerja dapat memastikan diri sebagai penerima BSU melalui website resmi Kementerian ketenagakerjaan. Berikut adalah langkah-langkah cek status penerima BSU:

  1. Kunjungi situs kemnaker.go.id
  2. Jika belum memiliki akun, maka terlebih dahulu melakukan pendaftaran dengan memilih “Daftar Akun” di pojok kanan atas halaman web. setelah itu anda harus melakukan pendaftaran menggunakan NIK, nama lengkap, nama ibu kandung, dan informasi lainnya yang diperlukan, lengkapi data untuk pendaftaran akun
  3. Kemudian lakukan aktivasi akun dan anda akan mendapatkan kode OTP ke nomor handphone untuk verifikasi
  4. Setelah pendaftaran berhasil, berikutnya, log in ke dalam akun yang didaftarkan
  5. Lengkapi profil, pekerja diminta untuk melengkapi biodata diri
  6. Lalu cek pemberitahuan
  7. Jika terdaftar anda akan mendapatkan notifikasi mengenai status penerima BSU.

Situs Kemnaker sedang tidak dapat di akses

Dari Pantauan Parboaboa hingga siang ini, Selasa (13/09/2022), website bsu.kemnaker.go.id masih mengalami kendala dan belum bisa diakses dengan keterangan “This site can’t be reached”.

Terkait hal ini Sekjen Kementerian Ketenagakerjaan Anwar Sanusi mengatakan, hal ini terjadi karena tingginya akses pada laman website tersebut.

“Sepertinya mungkin karena arus yang sangat tinggi, sehingga menyebabkan ada masalah. Tim saat ini sedang berusaha memperbaiki,” kata Anwar

untuk itu para pekerja yang ingin mengakses website BSU.kemnaker.go.id diharapkan melakukan cek secara berkala.

Tag : #BLT    #Kemnaker    #Nasional    #BSU    #BPJS Ketenagakerjaan   

Baca Juga