BMKG: Gempa Sukabumi Berkekuatan 5,8 Tak Berpotensi Tsunami

Penulis : Maharani | Nasional | 08-12-2022

Ilustrasi. BMKG melaporkan gempa M 5,8 di Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (08/12/2022), tidak berpotensi tsunami. (Foto: Istock/Petrovich9)

PARBOABOA, Jakarta – Gempa bumi bermagnitudo (M) 5,8 terjadi di Sukabumi, Jawa Barat (Jabar) pada Kamis (08/12/2022), sekitar pukul 07.50 WIB. Gempa ini tepatnya berlokasi di 7.11 Lintang Selatan, 106.99 Bujur Timur.

Berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), pusat gempa berada di darat yang berjarak 22 km tenggara Kota Sukabumi dengan kedalaman 104 km itu tidak berpotensi tsunami.

“Informasi tsunami: Gempa ini tidak berpotensi TSUNAMI,” tulis BMKG dalam keterangannya, Kamis (08/12/2022).

Walaupun tidak berpotensi menimbulkan tsunami, namun BMKG meminta masyarakat untuk tetap tenang dan terus waspada untuk kemungkinan adanya gempa susulan yang terjadi.

“Hati-hati terhadap gempa bumi susulan,” lanjut BMKG.

Dalam laporan terkini yang dinyatakan oleh BMKG, gempa dirasakan sampai Bandung dan Cianjur. Getaran gempa tersebut juga dirasakan oleh sejumlah masyarakat yang berada di wilayah Jakarta hingga Bekasi.

“IV Rancaekek, III Lembang, III Bogor, III Bandung, III Pangandaran, III Padalarang, III Pamoyanan, III Sumedang, III Cianjur, II Cisolok, II Sumur, II Sukabumi, II DKI Jakarta, II Garut, II Bekasi, II Tangerang Selatan, II Bandar Lampung,” tambah BMKG.

Sejauh ini, belum ada informasi terkait kerusakan dan korban jiwa akibat gempa bumi tersebut.

Editor : -

Tag : #bmkg    #peringatan bmkg    #nasional    #gempa sukabumi    #gempa bumi    #tidak berpotensi tsunami    #bandung    #jawa barat   

Baca Juga