Ilustrasi, foto: IDX Channel

Mudah Banget, Begini Cara Cek Tarif Tol di Google Maps

Wanovy | Teknologi | 29-06-2022

PARBOABOA - Sekarang kamu nggak perlu lagi kebingungan untuk mengecek tarif tol. Di aplikasi Google Maps sudah tersedia perkiraan tarif tol untuk perjalanan kamu. Jadi, nggak perlu khawatir saldo e-toll kurang. Simak cara mengaktifkan fitur tarif tol di Google Maps.

Fitur informasi tarif tol itu sudah tersedia di Google Maps di Indonesia. Fitur ini tersedia di Google Maps untuk Android dan iOS.

Menurut Google, fitur informasi tarif tol di Google Maps ini tersedia di hampir 2.000 jalan tol yang ada di Amerika Serikat (AS), Jepang, dan Indonesia.

"Untuk membantu mempermudah pilihan antara jalan tol dan jalan biasa, kami meluncurkan harga tol di Google Maps untuk pertama kalinya," tulis Google.

Dengan fitur terbaru ini, tarif tol dapat dilihat bahkan sebelum memasuki gerbang jalan bebas hambatan tersebut. Sehingga memungkinkan untuk mempersiapkan saldo kartu e-toll terlebih dahulu.

Namun perlu diperhatikan bahwa informasi tarif tol yang ada ini merupakan estimasi yang diperoleh dari pengelola jalan setempat dengan melibatkan perhitungan pada faktor yang mungkin mempengaruhi besarannya.

Sedangkan untuk mengaksesnya, pengguna perlu mengaktifkan fitur "Tarif Tol" di akun tersebut.

Berikut ini cara melihat tarif tol di Google Maps (informasi tarif tol di Google Maps):

1. Buka aplikasi Google Maps di smartphone, jangan lupa untuk menyalakan GPS

2. Ketuk layar "Telusuri di Sini" di bagian atas tampilan Google Maps

3. Ketik lokasi yang akan dituju

4. Ketuk tombol "Rute" yang berwarna biru jika mengguna rute awal "Lokasi Anda" saat ini

5. Pastikan pilih menggunakan moda kendaraan mobil pribadi 6. Ketuk pada bagian waktu tempuh dan jarak untuk melihat informasi lebih detail.

Pada detail informasi tersebut, tersedia informasi tarif tol yang tersedia di Google Maps (tarif tol Google Maps).

Untuk mengetahui tarif tol ke lokasi tujuan dengan Google Maps sama seperti ketika Anda mencari rute ke tujuan yang biasa dilakukan.

Anda hanya perlu memasukkan lokasi yang ingin dituju di kolom penelusuran dan memilih rute yang akan digunakan.

Lalu, pilih rute yang menggunakan jalan tol dan tarif tol akan otomatis tampil bersama durasi dan jarak tempuh yang akan dilewati.

Ditandai dengan ikon 1, Anda tinggal mengklik untuk memunculkan informasi yang dibutuhkan. Setelah diklik, Google Maps akan menampilkan perkiraan tarif tol dari rute yang kamu pilih.

Google meluncurkan fitur barunya tersebut sejak April lalu. Pengguna Android maupun iOS di Indonesia juga sudah meras1akan pengalamannya menggunakan fitur baru tersebut pada mudik Lebaran 2022 lalu.

Tag : #google maps    #e tol    #tips    #teknologi    #tarif tol   

Baca Juga