Ilustrasi

Cara Gunakan Twitter Space, Fitur Mirip Clubhouse yang Bisa Digunakan di Android

Wanovy | Teknologi | 01-11-2021

Twitter telah mengembangkan fitur terbaru mereka yang disebut Spaces, yang terintegrasi langsung ke dalam aplikasi Twitter. Space dapat digunakan untuk semua pengguna Android.

Spaces sendiri merupakan fitur obrolan suara mirip dengan Clubhouse milik Apple yang dapat disiarkan langsung secara streaming dengan sesama pengguna Twitter lainnya. Audiens dapat ikut menjadi pendengar atau masuk dalam percakapan tersebut dengan berbagi emoji.

Bedanya, pengguna Twitter bisa bergabung dengan Twitter Spaces tanpa harus memiliki tautan undangan seperti Clubhouse. Tidak seperti Clubhouse yang samapi saat ini masih eksklusif di iOS, Twitter Spaces juga bisa digunakan di platform Android dan iOS.

Seperti Clubhouse, semua pengguna bisa mengikuti sesi obrolan di Space sebagai pendengar. Di Twitter Spaces ada beberapa istilah, seperti Host yang adalah si pembuat ruang obrolan.

Sementara, Speaker adalah orang yang diizinkan Host untuk berbicara. Sedangkan, Listener adalah orang yang diizinkan bergabung dan hanya menjadi pendengar saja. Seorang Listener bisa menjadi Speaker, jika diizinkan oleh Host.

Cara menggunakan Twitter Space untuk Android

Spaces menawarkan cara cepat dan langsung untuk berkomunikasi dengan orang lain. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk menggunakan Twitter Spaces untuk Android:

1. Buka aplikasi Twitter.

2. Anda akan melihat Spaces aktif yang disorot dengan warna ungu di strip di atas timeline Anda. Ketuk “Space” untuk melihat pratinjau peserta.

3. Ketuk “Gabung Space” untuk memasuki ruang dan mulai mendengarkan percakapan yang sedang berlangsung.

4. Pembicara akan ditampilkan di bagian atas daftar. Anda dapat meminta untuk menjadi pembicara dengan mengetuk tombol “Request” di sudut kiri bawah layar.

5. Setelah diterima sebagai pembicara, tombol Request akan beralih ke tombol bisu untuk mikrofon. Sebagai pembicara, Anda dapat mengetuk tombol mute/unmute kapan saja untuk mulai berbicara.

6. Baik sebagai pembicara atau pendengar, Anda dapat bereaksi terhadap pembicara lain dengan mengetuk tombol reaksi (hati dengan simbol plus) di dekat sudut kanan bawah.

7. Anda dapat menge-tweet atau DM ruang Twitter ke pengikut Anda dengan mengetuk tombol bagikan di sudut kanan bawah.

Di forum Twitter Spaces, speaker bisa menyampaikan materi, mengaktifkan caption, menyematkan tweet, dan mengunggah tweet tentang forum Space yang sedang dihadirinya.

Selama obrolan berlangsung, pendengar bisa menyimak materi dari speaker, membaca caption, melihat twit yang disematkan, dan memberikan reaksi berupa emoji. Mereka juga bisa meminta kesempatan menyampaikan pendapat atau menjadi speaker. Satu forum Space bisa memiliki hingga 11 pembicara, termasuk host.

Namun untuk pendengar, jumlahnya tidak dibatasi. Semua peserta Twitter Spaces, termasuk pendengar bisa melaporkan pengguna maupun forum Space itu sendiri apabila dinilai melanggar pedoman kebijakan Twitter. Apabila dalam suatu forum Space ada seseorang yang telah diblokir sebelumnya berbicara, Twitter akan memberikan peringatan.

Jika Anda membuat Space atau menjadi pembicara di Space, pengikut Anda akan melihatnya di bagian atas timeline mereka. Perlu juga ditunjukkan bahwa, saat ini, semua Ruang adalah publik. Artinya, siapa pun dapat bergabung dengan Space manapun sebagai pendengar kecuali Anda telah memblokir akun tersebut.

Selain itu, Anda tidak perlu mengaktifkan layar secara aktif atau tetap berada di dalam aplikasi Twitter untuk mendengarkan.

 

Tag : teknologi, tips, space, twitter, android

Berita Terkait