Ilustrasi

Begini Cara Install Windows 11 Secara Gratis di Laptop atau PC Lama

Wanovy | Teknologi | 21-09-2021

Sejumlah laptop atau PC lama kini bisa menggunakan sistem operasi Windows 11. Ini setelah Microsoft secara resmi mengumumkan perubahan baru bagi penggunanya.

Dalam pembaruannya Microsoft tidak akan menghentikan pengguna melakukan instalasi Windows 11 secara manual meski komputer lama tidak memenuhi persyaratan perusahaan.

Itu artinya pengguna laptop atau PC lama tidak ditawarkan Windows 11 melalui pembaruan Windows, tetapi mereka masih bisa memasang sistem operasi ini dengan mengunduh file ISO dan melakukan pemutakhiran (update) atau instalasi secara manual.

File ISO adalah file arsip salinan identik data atau salinan apapun yang tersimpan di disk optik seperti CD, DVD atau Blue-ray. Nama ISO sendiri berasal dari nama file sistem yang digunakan oleh media optik, yaitu ISO 9660.

Selain itu, Anda juga dapat bergabung dengan program Windows Insider dengan mengunjungi laman resminya. Caranya, cukup klik tombol Daftar dan masuk dengan akun Microsoft Anda.

Pengguna juga dapat memeriksa apakah PC Windows 10 yang digunakan saat ini memenuhi syarat untuk peningkatan gratis ke Windows 11 dengan membuka Windows.com untuk mengunduh aplikasi PC Health Check. Namun, jika ingin menjajal Windows 11 versi awal disarankan melakukannya di mesin yang tidak digunakan untuk komputasi sehari-hari.

Untuk instalasi manual Windows 11 ini, pengguna harus memastikan memiliki prosesor 1GHz 64-bit dengan dua atau lebih core, RAM 4GB dan penyimpanan 64GB.

Meski mengizinkan, Microsoft masih secara aktif menyarankan pengguna tidak menjalankan Windows 11 pada komputer yang tidak sesuai kriteria resmi.

Sama halnya seperti sebelum mulai proses install Windows 11, hal pertama yang harus Anda lakukan adalah backup semua datang penting. Entah itu di layanan cloud atau media penyimpanan eksternal.

Memang proses update ke Windows 11 tidak akan menghilangkan data-data kamu. Akan tetapi, satu hal yang diingat Windows 11 baru masuk ke tahap beta di Insider Preview. Salah langkah sedikit atau ada bug yang bisa saja menghapus data penting Anda. Jadi, jangan lupa backup data terlebih dahulu.

Nah, setelah backup, silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

1. Untuk mendapatkan file instalasi Windows 11 Insider Preview, tentunya kamu harus bergabung ke Windows Insider Program. Cara untuk bergabungnya sangat mudah, bahkan bisa dilakukan melalui pengaturan berikut sperti dikutip dari Ars Technica :

  • Caranya, cari Settings (ada di tombol Start) > Update & Security > Windows Insider Program.
  • Kemudian, tekan Get Started, lanjutkan dengan mengeklik Register.
  • Pilih Sign Up, centang opsi “I’ve Read and Accept the Term of This Agreement”, kemudian klik Submit.
  • Jika belum, klik Link an Account. Masukkan akun Microsoft yang dimiliki. Anda diharuskan untuk memiliki akun Microsoft. Jika belum ada, sebaiknya bikin terlebih dahulu.
  • Setelah berhasil menghubungkan akun, Anda akan menemukan beberapa pilihan. Nah, di tahapan ini, pilih Dev Channel dan klik Confirm.
  • Tekan Restart Now.
  • Jika tidak mau mendaftar melalui bagian Setting,  bisa melakukannya melalui situs resmi Windows Insider Program di https://insider.windows.com/register.

2. Apabila sudah berhasil mendaftar, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka Settings > Update & Security > Update Windows.
  • Jika sudah berhasil terdaftar, kamu akan melihat pesan “Windows 11 Insider Preview 10.0.22000.51 (co_release) dengan status download. Ini artinya, Anda sudah berhasil mendaftar dan telah mendapatkan update. Jika belum ada, berarti Anda belum terdaftar. Anda harus menunggu beberapa waktu dan sering melakukan pengecekan di Update & Security > Update Windows tadi.
  • Jika sudah selesai mengunduh, Anda akan mendapatkan panduan untuk instalasi Windows 11 Insider Preview. Ikuti saja.
  • Jika PC atau laptop Anda restart berkali-kali, jangan panik. Sebab langkah itu memang merupakan proses update.
  • Selamat datang di Windows 11!
Tag : #teknologi    #tips    #windows11    #upgrade    #install    #gratis    #microsoft    #pc    #laptop   

Baca Juga