Ilustrasi

Salah Kirim E-mail? Begini Cara Membatalkan Pengiriman Pesan di Gmail

Wanovy | Teknologi | 23-10-2021

Berkirim e-mail secara instan ternyata memiliki risiko apabila tak berhati-hati dalam mengoperasikannya. Sesaat setelah mengirim, e-mail tersebut mungkin tidak dapat ditarik kembali.

Nah, bisa saja ini menjadi masalah apabila tak sengaja atau keliru memencet tombol kirim, mengirimkan ke alamat penerima yang salah, kurang melampirkan file, dan sebagainya.

Tak perlu khwatir, kini G-mail telah menyediakan fitur Undo Send sebagai cara membatalkan e-mail terkirim sebelum e-mail itu benar-benar sampai ke penerima.

Dengan fitur Undo Send, Anda bisa mengembalikan e-mail dan membuatnya gagal terkirim atau tidak muncul di kotak masuk (inbox).

Pengguna bisa mengatur sendiri berapa lama jeda waktu yang diberikan Gmail agar email bisa dibatalkan saat sudah terkirim. Jeda waktu yang diberikan bervariasi antara 5 sampai 30 detik seperti dikutip dari laman Google. Berikut cara membatalkan email yang terkirim di Gmail:

1. Setelah e-mail terkirim atau setelah memencet tombol "Send" pada sebuah pesan, klik menu "Undo" yang muncul pada pojok kiri bawah layar

2. Seketika setelah tombol tersebut terpencet maka e-mail tadi akan ke bagian "Draft"

3. Pada bagian "Draft" e-mail, periksa kembali kesalahan yang telah Anda buat kemudian perbaiki

4. Jika sudah memperbaiki yang salah, kirim kembali email tersebut

Membatalkan e-mail terkirim dengan fitur G-mail Undo Send

Keberadaan fitur ini membuat pengguna tinggal mengembalikan e-mail yang tak sengaja terkirim ke draft. Apabila Anda ingin urung membatalkan pengiriman pesan, Anda bisa memilih Undo/Urung.

Namun, perlu diketahui bahwa, pilihan ini hanya berfungsi sesuai waktu yang Anda pilih sebelum pesan benar-benar terkirim ke orang yang dituju

1. Untuk mengaktifkannya, pertama sign in akun G-mail, lalu arahkan kursor ke tombol Setting pada ikon berbentuk roda gigi, tepatnya berada di bawah foto akun profil Gmail Anda.

2. Pilih "Setting", lalu "General".

3. Cari dan beri tanda centang pada opsi "Enable Undo Send".

4. Setelah itu simpan perubahan yang telah dilakukan pada pengaturan e-mail tadi dengan klik tombol "Save Changes" yang berada pada bagian paling bawah layar.

Dengan mengaktifkan fitur undo send ini, Anda akan memiliki jeda waktu pengiriman sebelum e-mail benar-benar sampai ke inbox penerima. Bahkan jeda waktu ini bisa Anda atur sendiri sesuai kebutuhan.

Tag : teknologi, tips, gmail, unsend

Berita Terkait