Cara Membersihkan Cache di Laptop Windows 10 Biar Tidak Lemot

Penulis : Wanovy | Teknologi | 28-01-2022

Ilustrasi cara membersihkan cache di laptop Windows 10

PARBOABOA - Mengetahui cara membersihkan cache di Windows 10 sangat penting karena membiarkan cache dalam jumlah yang banyak di komputer hanya akan memakan banyak kapasitas harddisk.

Akibatnya, bisa mengakibatkan komputer sering hang yang kemudian berdampak pada pekerjaan kamu yang juga akan terganggu.

Tentu semua orang tidak ingin hal ini terjadi sehingga memang sangat dianjurkan mengetahui cara membersihkan cache. Namun sebelum itu, kamu harus mengenal lebih dekat tentang apa itu cache komputer.

File cache sendiri merupakan data sementara dari aplikasi yang disimpan di memori komputer. Setiap aplikasi memiliki file cache masing-masing dan membutuhkan ruang penyimpanan.

Pernahkah kamu merasakan laptop bekerja lebih berat dibanding sebelumnya. Hal ini dikarenakan cache yang ada di laptopmu sudah sangat banyak dan segera dibersihkan.

Selain itu, membersihkan cache di laptop juga dapat menyelesaikan berbagai masalah sistem serta mengosongkan ruang disk. Maka dari itu, penghapusan cache secara berkala sangat penting dilakukan.

Semakin sering digunakan, cache akan semakin menumpuk. Jika penumpukan terjadi secara terus-menerus, maka akan menguras kapasitas memori komputer. Karena itu, kamu bisa membersihkan cache agar performa komputer bisa lebih cepat.

Cara membersihkan cache di laptop Windows 10 pun sangat mudah dilakukan. Jika kamu menggunakan laptop Windows 10, maka bisa simak artikelnya di bawah ini.

Cara menghapus cache di laptop Windows 10

Cache paling banyak digunakan di situs web yang memiliki panel login pengguna, sebagian besar file cache akan kadaluwarsa setelah beberapa jam, tetapi beberapa tetap aktif untuk jangka waktu yang lebih lama.

Cache yang disimpan di laptopmu dapat dihapus dalam beberapa cara, ada cara manual dan otomatis (menggunakan perangkat lunak pihak ketiga) untuk melakukan pekerjaan ini.

Nah, berikut ini kamu rangkum cara membersihkan cache di laptop Windows 10 agar tidak lemot.

1. Menggunakan Disk Cleanup

Cara membersihkan cache di laptop Windows 10 dengan cara manual bisa kamu lakukan dengan menggunakan Disk Cleanup. Caranya, pergi ke menu Search dan masukan kata kunci "Disk Cleanup". Kemudian klik opsi "Disk Cleanup" yang muncul dari hasil pencarian. Pada halaman selanjutnya, pastikan pilih menu "Windows C" dan klik "Ok".

Sistem akan secara otomatis menghitung data-data yang tersimpan di laptopmu. Gulir ke bawah hingga muncul opsi "Temporary files". Kemudian, pilih kolom centang pada opsi "Temporary files". Kamu juga dapat memilih jenis file lain yang ingin dibersihkan.

Jika sudah, pilih "Ok" dan lanjutkan dengan klik "Delete files" untuk mulai membersihkan file cache dari komputer

2. Menghapus Riwayat File Explorer

Menghapus Riwayat File Explorer juga merupakan cara membersihkan cache di Windows 10 yang paling ampuh. Kamu perlu mengakses menu "File Explorer" di menu bar yang terletak di posisi bawah layar.

Kemudian klik tab "View" di bagian atas layar dan pilih tab "Options". Pada opsi "General", gulir ke bawah ke tab "Privacy" dan klik "Clear".

3. Membersihkan Cache Melalui Folder Temp

Salah satu cara membersihkan cache di laptop Windows 10 agar tidak lemot selanjutnya yaitu dengan menghapus file yang ada di folder Temp.

Semua file yang ada di folder Temp merupakan file temporary atau sementara yang ada di folder laptop. Tidak hanya file Temporary Windows saja, tapi file cookies dan history pada browser juga tersimpan di folder Temp.

Cara untuk menghapus file cache di komputer bisa kamu lakukan dengan menggunakan fitur dari windows yaitu RUN.

Langkah pertama kita buka fitur RUN di Windows dengan cara tekan dan tahan tombol Windows di keyboard, selanjutnya tekan huruf R di keyboard kemudian ketik %temp% lalu tekan “Enter”.

Maka akan terbuka Windows Explorer tepatnya di folder Temp yang berisi file-file history yang bisa kamu hapus. Selanjutnya blog semua file dengan cara CTRL + A pada keyboard dan tekan “Delete”.

4. Menghapus Cache Melalui Menu Settings

Cara membersihkan cache di laptop Windows 10 juga bisa kamu lakukan di menu Setting. Pada Menu Settings terdapat sebuah tool bawaan Windows yang hampir sama fungsinya dengan Disk Cleanup yakni menghapus file-file cache atau temporary yang tidak penting dan memang seharusnya harus kita hapus supaya ruang storage kita tidak penuh dan kinerja laptop atau komputer kita tetap terjaga.

Caranya masuk ke menu Windows Settings melalui tombol Windows + I. Setelah itu pilih “System”. Kemudian pilih menu “Storage”. Setelah itu kamu pilih “Configure Storage Sense or run it now”. Kemudian scroll sedikit kebawah lalu pilih “Clear now”.

Tunggu proses cleaning hingga selesai. Lama tidaknya proses ini bergantung pada besarnya ukuran file yang akan dihapus.

5. Menghapus Riwayat browser

Sama seperti cara sebelumnya, cara membersihkan cache di laptop Windows 10 ini juga bertujuan untuk menghapus history pada browser laptopmu.

Salah satu aplikasi yang menampung banyak cache adalah browser seperti Google Chrome, Mozilla, hingga Edge. Untuk membersihkan cache di browser Google Chrome, klik menu ikon tiga titik yang terletak di sisi kanan atas layar.

Untuk membersihkan cache di browser Google Chrome, klik menu ikon tiga titik yang terletak di sisi kanan atas layar. Pada halaman selanjutnya, gulir ke bawah hingga muncul opsi "History". Terakhir, klik "Clear browsing data" dan pilih "Clear data".

Sementara untuk pengguna browser Mozilla Firefox, pilih ikon tiga garis vertikal dan pilih "Options". Setelah itu gulir ke bawah dan cari opsi "Privacy and Security". Untuk menghapus file chace, klik "Clear history" dan klik "Clear now".

Sedangkan pengguna browser Microsoft Edge, bisa memilih ikon tiga titik dan pilih opsi "Settings". Pada tab "Clear browsing data", pilih "Choose what to clear" dan klik "Clear".

Itulah beberapa cara membersihkan cache di laptop Windows 10 yang bisa kamu coba dan pastikan kamu melakukannya secara berkala agar laptopmu berjalan dengan lancar. Semoga bermanfaat!

Editor : -

Tag : #tips    #laptop    #komputer    #windows    #membersihkan cache   

Baca Juga